x

3 Efek Positif Kedatangan Ivar Jenner dan Justin Hubner di Timnas Indonesia U-20

Selasa, 25 Oktober 2022 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Ivar Jenner dan Justin Hubner bersama keluarganya menyambangi kantor PSSI.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah tiga efek positif kedatangan dua pemain naturalisasi, Ivar Jenner dan Justin Hubner di Timnas Indonesia U-20, jelang Piala Dunia U-20.

Dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner dan Ivar Jenner, tiba di Jakarta, Minggu (23/10/22), untuk bertemu dengan para pejabat PSSI.

Baca Juga

PSSI juga menyambut baik dua pemain berdarah Indonesia-Belanda itu, karena mereka ialah rekomendasi Shin Tae-yong.

"Kualitas dua pemain calon naturalisasi ini sudah sesuai keinginan pelatih Shin Tae-yong," tertulis di laman PSSI.

"Ia (Shin Tae-yong) membutuhkan mereka untuk menambah kekuatan Timnas U-20 di ajang Piala Dunia U-20 2023 mendatang."

Baca Juga

Justin Hubner saat ini tercatat sebagai pemain FC Utrecht U-21, sementara Ivar Jenner ialah pemain Wolverhampton U-21.

Justin Hubner yang berposisi sebagai bek tengah sudah lima kali tampil untuk skuat Wolverhampton U-21 di berbagai ajang.

Sedangkan Ivan Jenner yang piawai main di posisi gelandang tengah, belum mendapat kesempatan bermain di FC Utrecht U-21.

Baca Juga

Namun, kedatangan Jenner dan Hubner tidak disambut oleh penggawa Timnas U-20, karena Hokky Caraka dkk sedang mengikuti pemusatan latihan di Turki.

Meski demikian, kehadiran Ivar Jenner dan Justin Hubner setidaknya memberikan tiga dampak positif Timnas Indonesia U-20. Berikut rangkuman INDOSPORT untuk Anda.


1. 1. Persaingan Starting Line Up Makin Sehat

Dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Justin Hubner dan Ivar Jenner.

Dengan kedatangan Ivar Jenner dan Justin Hubner, pemain berdarah Indonesia yang berpengalaman di Eropa, maka persaingan starting lineup Timnas U-20 semakin panas.

Banyak pihak yang menanggapinya dengan negatif, seperti mengecilkan peluang bagi para pemain lokal untuk unjuk gigi. Namun, kehadiran mereka tetap berdampak positif.

Baca Juga

Persaingan pemain semakin ketat, otomatis mendorong kerja keras para pemain lokal agar bisa membuktikan jika mereka layak bermain di Piala Dunia U-20 2023 nanti.


2. Pertahanan Semakin Kokoh

Walaupun Ivar Jenner berposisi sebagai gelandang tengah, tetapi ia bisa bermain menyerang dan bertahan sama baiknya.

Baca Juga

Ivar Jenner juga bisa ditempatkan sebagai gelandang yang bertanggung jawab dalam membangun transisi positif, lalu menutup ruang karena dia punya daya jelajah luas.

Sementara Justin Hubner adalah pemain yang menguasai sektor tengah pertahanan. Ia akan sangat dibutuhkan untuk menghalau umpan-umpan yang mengarah ke gawang.

Baca Juga

Apalagi di kompetisi Piala Dunia U-20, di mana lawan Indonesia adalah para pemain terbaik dengan postur tubuh ideal, maka harus dihalau dengan bek berpengalaman.

Dengan postur tubuh setinggi 187 cm, Justin Hubner nampaknya akan menjadi the next Elkan Baggott, sosok 'raksasa menakutkan' di lini pertahanan Timnas Indonesia U-20.


2. 3. Pertukaran Informasi Tim Luar Negeri

Ivar Jenner dan Justin Hubner bersama keluarganya menyambangi kantor PSSI.

Ivan Jenner bermain di Belanda, dan Justin Hubner bermain di Inggris, dua negara yang menjadi kiblat sepak bola dunia. Tak banyak pemain yang bisa menembus level Eropa.

Dengan pengalaman mereka, Jenner dan Hubner bisa membagikan pengalamannya ketika mereka berlatih dan bertanding di Eropa, kepada para penggawa Garuda.

Kemudian, dua pemain naturalisasi ini bisa berbagi tips dan trik untuk menembus tim Eropa, bagaimana beradaptasi di negara orang, dan masih banyak pelajaran lainnya.

Dengan hadirnya Jenner dan Hubner, para pemain muda potensial Indonesia, Hokky Caraka, Marselino Ferdinan, dan lainnya, bisa menimba ilmu secara langsung sebelum berkiprah di luar negeri.

PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaIn Depth SportsBola InternasionalTRIVIAIvar JennerBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Justin Quincy Hubner

Berita Terkini