x

Belajar dari Pengalaman, Xavi Berikan Secercah Harapan dalam Duel Barcelona vs Bayern Munchen

Selasa, 25 Oktober 2022 22:19 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor:
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez telah belajar dari pengalaman jelang duel melawan Bayern Munchen dalam ajang Liga Champions 2022/23.

INDOSPORT.COM – Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez telah belajar dari pengalaman jelang duel melawan Bayern Munchen dalam ajang Liga Champions 2022/23.

Seperti diketahui, Barcelona akan menjamu Bayern Munchen pada laga pekan ke-5 Liga Champions 2022/23, di Stadion Spotify Camp Nou, Kamis (27/10/22) pukul 02.00 WIB.

Baca Juga

Pertemuan antara kedua tim tersebut tentunya menjadi laga hidup dan mati bagi Barcelona. Pasalnya, El Barca masih membutuhkan 2 kemenangan lagi untuk lolos ke fase selanjutnya.

Namun dengan catatan, Viktoria Plzen harus menahan imbang, atau bahkan mengalahkan Inter Milan di pertandingan lain Grup C Liga Champions musim ini.

Menanggapi hal tersebut, Xavi Hernandez yang sadar bahwa penampilan timnya sedang tidak baik-baik saja melakukan perbaikan.

Baca Juga

Melansir dari Diario Sport, setelah tampil buruk dalam pertandingan melawan Inter Milan dan Real Madrid, Xavi melakukan beberapa perubahan.

Terbukti, entrenador asal Spanyol tersebut mencoba skema yang berbeda pada pertandingan melawan Villarreal, dan Athletic Bilbao.

Dalam dua pertandingan di Liga Spanyol tersebut, Xavi menjadikan Frenkie de Jong sebagai starter. Hal tersebut tidak terlihat dalam laga-laga seblumnya.

Baca Juga

Jika melihat hasil pertandingan yang ada, rotasi yang dilakukan oleh pelatih kelahiran Terrassa itu terbukti berhasil. Mengingat El Barca menang atas Villarreal 3-0, dan 4-0 dari Athletic Bilbao.

Selain itu, Xavi juga masih melakukan perubahan lain untuk menjajal skema yang tepat, jelang menghadapi Bayern Munchen di pekan ke-5 Liga Champions 2022/23.


1. Xavi Utak-atik Strategi yang Tepat

Xavi Hernandez, pelatih Barcelona. Foto: REUTERS/Albert Gea

Selain kembali dimainkannya Frenkie de Jong sejak awal laga, Xavi Hernandez juga masih melakukan rotasi lain di setiap lini.

Khususnya dalam pertandingan melawan Villarreal di putaran ke-8 Liga Spanyol 2022/23, Xavi mencoba memberikan menit bermain kepada Ansu Fati dan Ferran Torres.

Baca Juga

Bahkan, kedua pemain tersebut dimainkan oleh Xavi sejak awal pertandingan. Terbukti, Ansu Fati mampu menyumbangkan satu gol.

Selain itu, Frenkie de Jong juga dimainkan sejak awal laga untuk menggantikan peran utama yang dimiliki Sergio Busquets.

Hal tersebut juga dinilai berhasil, pasalnya melansir Whoscored, de Jong mendapatkan rata-rata umpan sukses 95 persen. Sehingga, dirinya diberi nilai sebesar 7.97 dalam laga tersebut.

Baca Juga

Di laga selanjutnya melawan Bilbao, Frenkie de Jong juga dimainkan sejak awal. Namun, Xavi menduetkannya dengan Sergio Busquets untuk menerapkan skema double pivot di lini tengah.

Keadaan itu juga membuat Xavi Henandez mencoba sedikit menaikkan Pedri, untuk menempatkannya sebagai winger.

Lagi-lagi, de Jong juga bisa membuktikan kualitas yang dimilikinya karena mampu membawa Barcelona menang 4-0 atas Athletic Bilbao.

Baca Juga

Kondisi tersebut sekaligus memperlihatkan bahwa Xavi Hernandez masih melakukan evaluasi dengan formasi yang ia terapkan.

Sedangkan untuk keberhasilan formasi yang dicoba oleh Xavi Hernandez tersebut, akan dibuktikan ketika menjamu Bayern Munchen dalam laga lanutan Liga Champions 2022/23.

Sumber Diario Sports

Real MadridBarcelonaLiga ChampionsBayern MunchenXavi HernandezAthletic BilbaoVillarrealBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini