x

5 Pesepakbola yang Kisahnya Dijadikan Film, Dari Lionel Messi hingga Boaz Solossa

Rabu, 26 Oktober 2022 15:52 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Argentina, Lionel Messi usai mencetak gol untuk timnya melalui penalti pada perempat final Copa America Brasil 2021 antara Argentina vs Ekuador.

INDOSPORT.COM – Berikut empat pemain sepak bola yang kisahnya dijadikan film dokumenter, dari Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Diego Maradona, Pele, hingga Boaz Solossa.

Nama mentereng dan prestasi para pemain sepak bola sejatinya akan selalu dikenang oleh publik, terlebih para penggemarnya.

Baca Juga

Terlebih lagi jika kisah sang pemain mampu memberikan guna dan manfaat bagi sekitarnya lewat perantara sepak bola.

Sebut saja nama Zlatan Ibrahimovic yang dibuatkan patung oleh para penggemarnya di kampung halamannya di Malmo pada 2019 lalu.

Lewat konsistensi dan prestasinya dirinya dianggap sebagai sosok yang memiliki pengaruh di kampung halamannya itu.

Baca Juga

Patung Ibra terbuat dari perunggu yang dibangun dengan tinggi 2,7 meter dan dengan berat yang mencapai 500 kilogram.

Selain Ibra, ada juga nama pelatih Manuel Pellegrini yang namanya dijadikan sebuah nama bundaran di Malaga.

Pellegrini sendiri memang menjadi salah satu sosok yang memberikan pengaruh cukup besar kepada prestasi yang diraih Real Malaga.

Baca Juga

Prestasi tersebut berupa Real Malaga yang mampu dihantarkannya hingga babak perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya.

Namun, bentuk peringatan akan kisah pesepakbola tampaknya juga tak hanya dalam bentuk patung hingga nama jalan. Melansir dari berbagai sumber, beberapa pesepakbola juga ada yang kisahnya dijadikan film. Lantas siapa saja kah mereka?


1. Lionel Messi

Selebrasi Lionel Messi usai membawa Barcelona mengalahkan Real Madrid di semifinal Liga Champions,. 27 April 2011.

Lionel Messi ternyata memilki film sendiri yang dilandasi dari kisah perjalanannya di dunia sepak bola.

Film tersebut berjudul ‘Messi (The Movie)’ yang menceritakan tentang kejaiban si kaki lincah asal Argentina tersebut dalam meniti karir di dunia sepak bola.

Baca Juga

Alex de la Iglesia adalah seorang sutradara dan produser yang tertarik untuk mengangkat kisah Lionel Messi itu ke layar lebar.

Film tersebut dirilis pada tahun 2015 yang lalu. Didalam film tersebut terdapat juga tokoh-tokoh pesepakbola lain yang menjadi sosok berpengaruh bagi pertumbuhan karir Messi.

Johan Cruyff, Andreas Iniesta, Javier Mascherano, Gerard Pique, hingga Diego Maradona turut menjadi sosok yang ditampilkan di dalam film Messi tersebut.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo

Nama pesaing Lionel Messi, Cristiano Ronaldo ternyata juga memiliki kisah yang kemudian diangkat menjadi film.

Film tersebut berjudul ‘Cristiano Ronaldo: The World at His Feet’ pada tahun 2014 yang lalu. Tara Pirnia menjadi orang yang dipercaya menjadi sutradara di film tersebut.

Film tersebut mengisahkan tentang kehidupan pribadi Cristiano Ronaldo yang mengawali karirnya di dunia sepak bola.

Baca Juga

Film ini diambil dari kehidupan pribadi Cristiano Ronaldo selama 14 bulan, dan menjadi rekam berharga bagi para penggemar sang mega bintang.

Dalam film ini, para penonton tidak hanya akan menyaksikan Ronaldo sebagai seorang atlet sepak bola akan tetapi juga seorang ayah dan kepala rumah tangga.


2. Diego Maradona

Boaz Solossa.

Legenda timnas Argentina, Diego Maradona juga memiliki kisah yang kemudian dijadikan film pada tahun 2019 lalu.

Film tersebut diberi judul ‘Diego Maradona’. Film tersebut berangkan dari cerita Fernando Signorini yang berbagi pengalamannya kala melatih Diego Armando Mardona di Timnas Argentina.

Baca Juga

Tak hanya itu, dalam film ini juga dikisahkan perjalananan karir Maradona dan juga sisi gelapnya sebagai seorang pecandu narkoba.

Sang sutrada, Asif Kapadia mengaku membutuhkan wakti selama 500 jam dalam menggarap film Maradona tersebut.

Pele

Legenda Brasil yang satu ini ternyata kisahnya juga turut dijadikan film yang berjudul ‘Pele: Birth of a Legend’ yang rilis pada tahun 2016 lalu.

Baca Juga

Film tersebut mengisahkan tentang perjuangan anak kecil bernama Pele yang berusaha meraih cita-citanya dan mimpi-mimpinya sebagai seorang pemain sepak bola.

Tak hanya menampilkan kesuksesannya kala masih aktif bermain bola, film ini juga mengangkat kisah Pele yang lahir dari keluarga miskin dan tinggal di lingkungan kumuh.

Boaz Solossa

Indonesia ternyata juga memiliki atlet sepak bola yang kisahnya kemudian dijadikan film oleh FIFA, yaitu Boaz Solossa.

Baca Juga

Film pendek yang dirilis tahun 2022 tersebut diberi judul ‘Boaz Solossa: Mutiara hitam dari Timur’. Film pendek tersebut mengisahkan perjalanan Boaz ketika dipanggil Timnas Indonesia jelang gelaran Piala AFF 2004.

Titik dipanggilnya Boaz tersebut dianggap sebagai salah satu titik dimana Indonesia memiliki pemain legenda yang penuh intrik.

Cristiano RonaldoPeleLionel MessiBoaz SolossaDiego MaradonaZlatan IbrahimovicFilmSepak Bola

Berita Terkini