x

Deretan Negara yang Tak Bisa Ikut Piala Dunia Karena Bukan Anggota FIFA

Rabu, 26 Oktober 2022 19:04 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM - Berikut deretan negara yang tidak bisa mengikuti Piala Dunia, karena bukan masuk ke dalam enggota Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Seperti diketahui, sebentar lagi seluruh pecinta sepak bola di jagat raya akan menyaksikan gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar. Ajang akbar ini dijadwalkan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Baca Juga

Sudah ada 32 tim yang resmi lolos ke Piala Dunia 2022 pasca menyelesaikan babak kualifikasi dari enam konfederasi termasuk Timnas Brasil dan Jerman.

Timnas Indonesia sendiri juga sempat mengikuti kualifikasi namun gagal setelah finis di posisi juru kunci Grup G. Meski begitu, fans patut bangga karena pasukan Skuat Garuda mampu lolos ke Piala Asia 2023 setelah menang di babak play-off.

Baca Juga

Sementara itu, ada hal menarik jelang Piala Dunia 2022 di Qatar. Ternyata ada beberapa negara yang memang tidak bisa ikut gelaran sepak bola paling akbar tersebut karena bukan anggota FIFA. Berikut rangkumannya:

Baca Juga

Monako

Monako merupakan negara ang memiliki bendera mirip seperti Indonesia yakni merah dan putih. Mereka sebenarnya memiliki tim sepak bola besar yakni AS Monaco yang bermain di Ligue 1 Prancis.

Hanya saja negara Monako tidak bisa bermain di Piala Dunia 2022 karena bukan anggota FIFA. Negara ini hanya memiliki luas 2,1 km persegi saja dengan penduduk 38 ribu orang.


1. Nauru

9 Timnas Negara yang Diakui PBB, tapi Bukan Anggota Resmi FIFA (Micronesia, Kiribati, Kep. Marshall, Monaco, Nauru, Palau, Tuvalu, Vatikan, Britania Raya)

Nauru secara resmi bernama Republik Nauru dan sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant. Negara ini hanya memiliki luas 21 km persegi dengan pendudul 10 ribu orang.

Negara ini juga bukan menjadi anggota FIFA, sehingga masyarakat tidak bisa menyaksikan para pemain berlaga di Piala Dunia.

Baca Juga

Palau

Sama seperti Nauru, Palau juga merupakan salah satu negara yang berada di Samudera Pasifik. Negara ini terletak di sebelah utara Provinsi Papua Barat, atau 255 km sebelah timur Provinsi Maluku Utara.

Vatikan

Vatikan merupakan kediaman resmi Paus, atau pemimpin umpan Katolik di selruh dunia sejak 1377 silam. Vatikan dideklarasikan sebagai negara merdeka sesuai Perjanjian Lateran tahun 1929 silam.

Baca Juga

Meski berada di benua Eropa, namun Vatikan hanya memiliki 493 orang warga yang mendedikasikan hidupnya untuk gereja, bukan sepak bola.

Kiribati

Kiribati merupakan sebuah negara yang berada di Samudera Pasifik. Negara ini hanya memiliki jumlah penduduk 120 ribu orang dan sepak bola bukanlah olahraga yang populer di sana.

Baca Juga

Tuvalu

Tuvalu merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Pada 2021 lalu jumlah penduduk negara ini sebanyak 11.925.

Tuvalu sebenarnya termasuk dalam Konfederasi Sepakbola Kelautan. Tapi tetap saja mereka tak bisa ikut Piala Dunia karena bukan anggota FIFA.


2. Federasi Mikronesia

FIFA.

Federasi Mikronesia merupakan negara yang terdiri dari 607 pulau di daerah Samudera Pasifik. Dengan luas total 702 km, negara ini memiliki jumlah penduduk 104,5 ribu orang.

Kepulauan Marshall

Yang terakhir ada Kepulauan Marshall. Negara ini terletak di Samudra Pasifik bagian barat atau berbatasan dengan Nauru dan Kiribati.

Dengan luas total 181,43 km, Kepuluan Marshall hanya berpenduduk 62 ribu jiwa saja. Negara ini juga tidak begitu suka dengan sepak bola.

FIFAQatarAS MonacoPiala Dunia 2022VatikanUpdate Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini