x

Liga 1: Ini Alasan Utama Rachmad Hidayat Mundur dari PSIS Semarang

Rabu, 26 Oktober 2022 16:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pergerakan gelandang PSIS Semarang, Rachmad Hidayat dibayangi penyerang Persebaya Surabaya, Samsul Arif dalam lanjutan Liga 1 2021/2022, Rabu (2/2/22). Foto : Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang membeberkan alasan Rachmad Hidayat mengundurkan diri dari tim ketika kompetisi Liga 1 2022/2023 baru memasuki pekan ke-11.

Keluarga menjadi alasan Rachmad Hidayat memilih hengkang dari PSIS Semarang. Rachmad menjadi bagian dari PSIS sejak Liga 1 2021/2022 lalu.

Baca Juga

Pemain asal Sumatera Utara ini tampil dalam 14 pertandingan dengan menyumbang satu gol saat PSIS Semarang melawan Persela Lamongan.

Musim ini, Rachmad Hidayat masih jadi salah satu pilihan utama PSIS. Ia bermain dalam empat pertandingan, dengan rincian dua kali sebagai pemain inti dan dua kali sebagai pemain pengganti.

Baca Juga

Terhentinya kompetisi Liga 1 2021/2022 ternyata mengubah pandangannya. Ia ingin lebih dekat dengan keluarga dan memutuskan hengkang dari Kota Semarang.

"Rachmad terhitung sudah mundur dari PSIS sejak akhir Bulan September lalu," kata General Manager PSIS Semarang, Wahyoe Liluk Winarto dalam rilis resmi klub, Rabu (26/10/22).

"Dia mengundurkan diri karena alasan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan dan surat pengunduran diri secara resmi telah kami terima," lanjut Liluk.

Baca Juga

PSIS bisa menerima pengunduran diri mantan pemain PSMS Medan ini meski sejatinya masih memiliki kontrak bersama tim Mahesa Jenar.

Apalagi jika tetap dipertahankan, Rachmad Hidayat juga belum tentu bisa mengikuti program yang diberikan tim pelatih.

"Kami terima pengunduran diri tersebut karena Rachmad sudah tidak bisa fokus di tim," tutur Liluk.


1. 3 Klub Calon Pelabuhan Baru Rachmad Hidayat

Rachmad Hidayat saat masih berseragam PSMS Medan.

Rachmad sendiri merasa senang pernah menjadi bagian dari PSIS Semarang. Tim Mahesa Jenar bisa memberinya ruang untuk tetap ada di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Namun pada tahun ini, dengan berat hati Rachmad harus meninggalkan Semarang agar lebih dekat dengan keluarganya yang ada di Sumatera Utara.

Baca Juga

"Saya mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh teman, pelatih dan manajemen PSIS Semarang. Dengan ini saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang saya dapatkan ketika berada di PSIS Semarang," tulis Rachmad dalam suratnya kepada PSIS Semarang.

Baca Juga

Ada tiga klub yang kemungkinan bakal jadi tujuan baru Rachmad setelah meninggalkan PSIS Semarang. Tiga tim ini bisa membuatnya dekat dengan keluarga di Kota Medan.

Baca Juga

Selain PSMS Medan, ada pula Karo United dan PSDS Deli Serdang. Ketiga tim tersebut berkompetisi di Liga 2 2022/2023 dan sama-sama berada di grup barat.

Namun sejauh ini belum ada informasi resmi mengenai langkah Rachmad setelah meninggalkan PSIS Semarang. Rachmad sendiri saat ini baru berusia 31 tahun dan kemungkinan tidak pensiun dini sebagai pemain.


2. Septian David Kembali

Septian David saat bergabung dalam sesi latihan PSIS pada Senin pagi.

Untung saja, PSIS Semarang kini sudah kembali kehadiran Septian David Maulana setelah cedera panjang. Pilar Timnas Indonesia era Luis Milla tersebut kembali berlatih di lapangan setelah operasi cedera lutut.

"Alhamdulillah, selama kurang lebih lima sampai enam bulan, saya baru mengikuti latihan pertama di tim. Alhamdulillah saya senang banget," kata Septian David dalam instagram PSIS Semarang.

Hari-hari terberat sudah dilalui ketika harus berlatih sendirian bersama para fisioterapis PSIS. Kini, dengan latihan bersama rekan-rekannya di Stadion Citarum, Septian David punya tenaga tambahan untuk memulihkan kondisinya.

Septian David tak sabar untuk merumput lagi. Pada Liga 1 2021/2022 lalu, gelandang berusia 26 tahun ini tampil dalam 26 laga dan selalu masuk starting eleven. "Semoga ini menjadi awal untuk secepatnya bisa bergabung dengan tim dan bermain untuk tim PSIS," jelas Septian David.

Diharapkan, kembalinya Septian David Maulana bisa menambal lubang yang ditinggalkan Rachmad Hidayat di tim Liga 1, PSIS Semarang. 

PSIS SemarangRachmad HidayatLiga IndonesiaLiga 1Sergio Alexandre

Berita Terkini