x

PSG Bantai Maccabi Haifa, Messi Cetak 3 Rekor Sensasional di Liga Champions

Rabu, 26 Oktober 2022 10:03 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Lionel Messi di laga PSG vs Maccabi Haifa (26/10/22). (Foto: REUTERS/Sarah Meyssonnier)

INDOSPORT.COM – Nama Lionel Messi mencetak tiga rekor Liga Champions saat membawa Paris Saint-Germain (PSG) membantai Maccabi Haifa. Rekor apa saja itu?

Messi berhasil menunjukkan kelasnya sebagai salah satu pemain terbaik di muka bumi kala membantu PSG mengalahkan Maccabi Haifa, Rabu (26/10/22).

Baca Juga

Dalam duel yang berlangsung di Parc des Princess itu, pemain berjuluk La Pulga ini membawa timnya mengalahkan Maccabi Haifa dengan skor 7-2.

Dalam pesta gol itu, Messi mampu menyumbangkan dua gol dan dua assist dalam kemenangan besar PSG atas wakil Israel tersebut.

Messi mampu mencetak gol dan assist pertamanya di laga ini di babak pertama, yakni di menit ke-19 dan di menit ke-35 untuk gol Neymar.

Setelahnya, pemain berusia 35 tahun ini mampu mencetak gol keduanya atau Brace di menit ke-44, sebelum laga memasuki turun minum.

Baca Juga

Messi yang tampil selama 90 menit pun kemudian menutup laga dengan membuat assist keduanya di menit ke-84 untuk gol debut Carlos Soler bersama PSG.

Berkat kontribusi empat golnya di laga kontrak Maccabi Haifa itu, Messi pun berhasil membawa PSG lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/23.

Bahkan, kontribusi itu membuat nama Messi kemudian jadi perbincangan, mengingat ia menciptakannya di usia yang tak lagi muda.

Baca Juga

Di sisi lain, terdapat tiga rekor sensasional yang diukir oleh Messi yang makin membuatnya menahbiskan diri sebagai GOAT sesungguhnya. Apa saja rekor itu?


1. Sulit Dipecahkan Pemain Lain

Lionel Messi, pemain Paris Saint-Germain. Foto: REUTERS/Stephane Mahe

1. Pencetak Gol Terbanyak di Babak Grup Liga Champions

Messi boleh jadi baru menjuarai ajang Liga Champions sebanyak tiga kali, kalah dua gelar dari rival abadinya, Cristiano Ronaldo.

Namun, Messi boleh menyombongkan dirinya atas Cristiano Ronaldo dengan menjadi pencetak gol terbanyak di babak grup Liga Champions sepanjang sejarah.

Sejak format grup dipakai di Liga Champions pada 1992, Messi menjadi pemain yang berhasil mencetak rekor gol terbanyak di fase ini.

Baca Juga

Tercatat, dua golnya ke gawang Maccabi Haifa itu membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di fase grup Liga Champions dengan 80 gol.

Hebatnya, Messi mencetak torehan ini dalam 85 laga saja. Berbeda dengan Cristiano Ronaldo yang baru mencetak 73 gol di babak grup Liga Champions dari 98 laga.

2. Pemain Tertua Liga Champions dengan Rekor Apik

Di laga kontra Maccabi Haifa, Messi mampu mencetak dua gol dan dua assist yang membawa PSG menang 7-2 atas wakil Israel itu.

Hebatnya, Messi memberikan kontribusi empat gol dengan dua gol dan dua assistnya di laga tersebut di usia 35 tahun 123 hari.

Baca Juga

Karenanya, dua gol dan dua assist yang dicetaknya di usia tersebut membuat Messi menjadi peman tertua yang di Liga Champions yang mampu mencetak Brace gol dan assist dalam satu laga.

Hebatnya lagi, dua gol dan dua assist itu membuat Messi telah mencetak empat gol dan tiga assist di Liga Champions musim ini dalam empat pertandingan.

Alhasil, ia pun menjadi pemain kedua setelah Kylian Mbappe yang berhasil menjadi pemain dengan kontribusi gol terbanyak di Liga Champions musim ini.


2. Rekor Sensasional Lainnya

Aksi Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi coba melewati pemain Maccabi Haifa di Liga Champions.

3. Pencetak Gol Terbanyak dari Luar Kotak Penalti

Dalam kemenangan 7-2 atas Maccabi Haifa itu, Messi mencetak salah satu golnya dari luar kotak penalti, tepatnya di menit ke-44.

Ia mampu mencetak golnya dari luar kotak penalti memanfaatkan permainan satu dua dengan Kylian Mbappe sebelum mengeksekusi bola dengan kaki kirinya.

Baca Juga

Berkat golnya itu, Messi pun tercatat telah mencetak 23 gol dari luar kotak penalti sejak debutnya di Liga Champions pada musim 2004/05.

Siapa sangka, torehan tersebut membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak dari luar kotak penalti, unggul satu gol dari Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

Catatan ini pun otomatis membuktikan bahwa Messi tak hanya seorang Playmaker ulung, melainkan juga pemain dengan naluri mencetak gol tinggi.

Cristiano RonaldoLionel MessiLiga ChampionsParis Saint-GermainPSGMaccabi HaifaOne Football

Berita Terkini