x

Kisah Fernando Muslera, Kiper Paling Sial Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Minggu, 30 Oktober 2022 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Fernando Muslera saat berusaha menghalau bola di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Berikut kisah tragis Fernando Muslera, penjaga gawang timnas Uruguay yang dijuluki kiper paling sial di sepanjang sejarah Piala Dunia.

Kick-off Piala Dunia 2022 sudah di depan mata. Hajatan sepak bola terakbar ini akan berlangsung di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember nanti.

Baca Juga

Sebagai kompetisi terbesar, Piala Dunia turut memberikan penghargaan khusus, yaitu Golden Glove Award, kepada kiper terbaik selama gelaran empat tahunan itu.

Penghargaan ini baru diadakan pada Piala Dunia 2010. Iker Casillas, Manuel Neuer, dan Thibaut Courtois adalah kiper yang sudah memenangi Golden Glove Award.

Bicara soal kiper tebaik Piala Dunia, ada pula sisi menarik yang bisa dikulik. Ada kiper yang dinobatkan sebagai penjaga gawang paling sial dalam turnamen ini.

Baca Juga

Apa jadinya jika dalam kompilasi video gol-gol terbaik di Piala Dunia, kipernya selalu itu-itu saja? Tragis! Hal itulah yang dirasakan oleh sosok Fernando Muslera.

Berikut beberapa momen di mana Musrela kebobolan gol spektakuler di berbagai edisi Piala Dunia, membuatnya jadi kiper paling sial.

1. Gol Sulley Muntari (Piala Dunia 2010)

Fernando Muslera menjalani debutnya sebagai kiper utama Uruguay di Piala Dunia 2010. Melenggang ke perempat final, mereka menghadapi Ghana.

Baca Juga

Pertandingan berjalan ketat, tetapi Ghana sukses memecah kebuntuan lewat gol Sulley Muntari di menit ke-45. Ia ambil tendangan mendatar dari jarak sekitar 35 meter dari kiper.

Akurasi tembakan yang mengarah ke pojok bawah kiri gawang tak mampu dijangkau Muslera. Gol tersebut menjadi salah satu yang terbaik di Piala Dunia 2010.


1. 2. Gol Giovanni van Bronckhorst (Piala Dunia 2010)

Kiper Uruguay, Fernando Muslera.

Setelah bermain imbang 1-1 di perempat final Piala Dunia 2010, Uruguay berhasil menaklukkan Ghana lewat babak adu penalti, dengan skor akhir 4-2.

Namun, setelah lolos dari hadangan Ghana, Fernando Muslera dkk langsung ditunggu oleh tim yang jauh lebih kuat di semifinal Piala Dunia 2010, yaitu Belanda.

Baca Juga

Sialnya, Fernando Muslera lagi-lagi dihujam gol spektakuler dalam pertandingan kontra Belanda, ketika laga baru berjalan 18 menit.

Kapten timnas Belanda saat itu, Giovanni van Bronckhorst, menendang bola dari sisi lapangan, jauh dari kotak pinalti, dan jauh dari kemungkinan terciptanya sebuah gol.

Namun, Dewi Fortuna berpihak pada lawan. Sepakan keras melambung yang diarahkan van Bronckhorst ke pojok atas sebelah kiri gawang, tak sanggup dihalau oleh Muslera.

Baca Juga

Gol tersebut dinobatkan sebagai yang terbaik kedua di Piala Dunia 2010. Bahkan, gol van Bronckhorst sering diulang-ulang dalam video rewind atau best moment World Cup.

3. Gol James Rodriguez (Piala Dunia 2014)

Kesialan Fernando Muslera tidak hanya terjadi di Piala Dunia 2010. Memasuki Piala Dunia 2014, penjaga gawang asal Uruguay itu lagi-lagi mendapatkan nasib tragis.

Gol James Rodriguez ke gawang Muslera di babak 16 besar, saat Uruguay tersingkir oleh Kolombia, menjadi gol terbaik di turnamen ini, bahkan yang terbaik di 2014.

Baca Juga

Bukan murni kesalahan tunggal Muslera, melainkan kecerdikan dari skill kontrol bola dan akurasi tembakan James Rodriguez, sang peraih Puskas Awards 2014 silam.

Rodriguez menerima bola dengan posisi membelakangi gawang lawan, ia menahan bola dengan dadanya, sembari ia memutar badan, lalu melakukan tendangan voli keras.


2. 4. Gol Antoine Griezmann (Piala Dunia 2018)

Timnas Uruguay kontra Arab Saudi Piala Dunia 2018

Tak hanya kebobolan gol indah, Fernando Muslera bahkan melengkapi nasib sialnya di Piala Dunia 2018, saat gagal menangkap bola hasil tendangan Antione Griezmann.

Padahal, sepakan tersebut tidak terlalu berbahaya, tapi tangan sang kiper malah membelokan bola ke gawangnya sendiri.

Aksi konyol Fernando Muslera itu membuat Uruguay kalah 0-2 tanpa balas, dan harus tersingkir oleh Perancis di fase gugur.

Dengan serangkaian gol tersebut, cukup pantas mengatakan jika Fernando Muslera adalah sosok kiper paling sial di Piala Dunia.

UruguayAntoine GriezmannPiala DuniaJames RodriguezSulley MuntariPiala Dunia 2022KiperGiovanni van BronckhorstFernando MusleraTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini