x

Perbandingan Casemiro dan Declan Rice, Siapa Gelandang Bertahan yang Sempurna untuk Man United?

Minggu, 30 Oktober 2022 14:27 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Casemiro, pemain Manchester United. Foto: REUTERS/Craig Brough

INDOSPORT.COM – Kedatangan Casemiro membuat Manchester United hemat 100 juta pound (Rp 1,8 triliun) di bursa transfer musim panas lalu, karena tidak jadi merekrut Declan Rice.

Manchester United sempat diliputi kegalauan karena tak kunjung mendatangkan gelandang bertahan mumpuni, selepas pensiunnya Michael Carrick beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Gelandang timnas Brasil, Fred hingga pemain jebolan akademi Man United, Scott McTominay menjadi andalan klub, tetapi tak menunjukkan performa yang maksimal.

Secercah harapan sempat muncul dengan adanya Nemanja Matic yang didatangkan oleh eks pelatih The Red Devils, Jose Mourinho beberapa waktu lalu.

Namun demikian, usia Matic yang menua membuat performanya menurun, sehingga Manchester United melepas pada bursa transfer musim panas 2022 lalu ke AS Roma dengan status bebas transfer.

Baca Juga

Di sisi lain, Manchester United sempat mengincar beberapa gelandang bertahan untuk mengisi posisi paling krusial ini. Sebut saja Frenkie de Jong yang kemudian bertahan bersama Barcelona, Franck Kessie dari AC Milan, dan Marcelo Brozovic dari Inter Milan.

Kendati demikian, nama-nama inipun tak didapat oleh Man United dan nama lain, yaitu Declan Rice pun masuk kantong belanja.

Tim asuhan Erik ten Hag pun urung membeli Declan Rice, mengingat harga yang ditawarkan West Ham United di angka 100 juta pound (1,8 triliun rupiah) dan mengalihkan target pada Casemiro yang dibeli dari Real Madrid.

Baca Juga

Casemiro pun mampu mencuri perhatian publik Manchester United dan membuat mereka sejenak lupa soal kemungkinan mendatangkan Declan Rice.

Berikut perbandingan gelandang Manchester United, Casemiro dengan Declan Rice yang hampir dibeli dari West Ham United di bursa transfer musim panas 2022


1. Kemampuan Bertahan Casemiro Ungguli Declan Rice

Declan Rice saat laga Liga Inggris antara Everton vs West Ham United

Dibeli seharga 60 juta pound dari Real Madrid, Casemiro sebenarnya sempat kesulitan untuk beradaptasi di Manchester United.

Bahkan, Erik ten Hag pun jarang memainkan gelandang 30 tahun ini dan banyak mendudukkannya di bangku cadangan kala bertanding di Liga Inggris.

Baca Juga

Casemiro pun hanya beberapa kali dimainkan di Liga Europa dan memulai dari bangku cadangan saat Manchester United bertanding.

Lambat laun, Manchester United pun merasakan manfaat adanya Casemiro, dengan kemampuan bertahan dan daya juang yang dimilikinya.

Bahkan, daya juang Casemiro inilah yang mengandalkan Man United memenangi laga Liga Inggris kontra Chelsea beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Melihat statistik eks gelandang Sao Paulo ini, ada 5,1 tekel per 90 menit yang dilakukan sejak hengkang dari Spanyol.

Kondisi ini jelas jauh di atas Declan Rice yang hanya mengemas 2,6 tekel per 90 menit untuk West Ham United, setidaknya dalam 14 pertandingan berikut.

Selain itu, kemampuan bertahan Casemiro memperlihatkan kehebatannya dalam duel udara dengan 13 kali menang dibandingkan Declan Rice yang hanya mampu memenangi 11 duel udara.

Baca Juga

Bahkan, kemampuan pemain timnas Brasil ini melakukan sapuan jauh berada di atas Declan Rice, dengan rincian 4,1 dibandingkan 2,1 per 90 menit.

Namun demikian, ada satu catatan yang setidaknya mampu dikalahkan oleh Declan Rice, yaitu dengan persentase 45 persen tekel sukses dibandingkan 40 persen milik Casemiro.


2. Declan Rice Bisa Sempurnakan Casemiro

Casemiro, pemain Manchester United. Foto: REUTERS-Craig Brough

Meskipun kalah dalam bertahan, Declan Rice sebenarnya bisa jadi sosok yang menyempurnakan kemampuan Casemiro sebagai double pivot.

Sejauh ini, Casemiro kerap kali dipasangkan dengan Christian Eriksen, yang sejatinya adalah gelandang sayap dan gelandang serang.

Baca Juga

Namun demikian, Eriksen beberapa kali mampu menjadi penyelamat Manchester United dengan memberikan aliran bola yang lancar ke depan usai dimenangkan oleh Casemiro.

Manchester United sebenarnya membutuhkan gelandang kedua yang bisa menyempurnakan kemampuan pemain timnas Brasil itu yang tentunya seimbang dalam bertahan dan menyerang.

Declan Rice memang sosok yang tepat untuk mendampingi Casemiro demi menyeimbangkan lini tengah Manchester United.

Baca Juga

Menurut statistik yang disampaikan oleh Sofascore, Casemiro hanya mampu melepas umpan akurat 81 persen atau 30.8 per 90 menit.

Jika statistik ini dibandingkan dengan Declan Rice, tentu sangat jauh, mengingat gelandang timnas Inggris ini mampu melepas 91 persen umpan akurat atau 54,3 per 90 menit.

Selain itu, pemain binaan akademi West Ham United ini dikenal sebagai gelandang bertahan yang dinamis dengan mampu membuat peluang dan umpan kunci, juga 2 assist.

Baca Juga

Casemiro hanya kalah sedikit usai hanya mampu membuat 1 assist dan 0,6 umpan kunci yang tentu bisa saja disempurnakan jika Manchester United mendatangkan Declan Rice.

Tentu saja Manchester United setidaknya harus menggelontorkan dana besar demi menebus Declan Rice dari West Ham United di bursa transfer musim panas 2023 nanti.

Sumber: Sofascore

Bursa TransferManchester UnitedWest Ham UnitedLiga Primer InggrisCasemiroLiga InggrisDeclan RiceBerita Liga Inggris

Berita Terkini