x

Termasuk Ajax, 3 Tim Sepak Bola Belanda Ini Bisa Tampung 'Pemain Titipan' PSSI

Minggu, 30 Oktober 2022 16:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri bertemu perwakilan klub Liga Belanda, Feyenoord Rotterdam. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Termasuk Ajax Amsterdam, berikut adalah tiga tim sepak bola Belanda yang bisa diajak bekerja sama untuk menampung 'pemain titipan' dari PSSI.

Sebagaimana diketahui, PSSI dan staf pelatih Timnas Indonesia telah melakukan kunjungan ke markas Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), pada Sabtu (8/10/22) lalu.

Baca Juga

PSSI diwakili oleh Direktur Teknik, Indra Sjafri, bersama Coach Kim Jong-jin, dan utusan khusus, yakni Hamdan Hamedan.

Di Belanda, delegasi PSSI disambut oleh Manejer Hubungan Internasional, Michael van der Star, serta kedua koleganya yang membidangi tim nasional dan pemasaran.

Kedua pihak bertukar ide terkait program best-practices di bidang Scouting, Coach Education, Youth Development, Sepakbola Wanita, dan tentu juga Pengelolaan Timnas.

Baca Juga

PSSI dan KNVB pihak juga menjajaki potensi training camp di Belanda, serta merancang laga uji coba internasional antara Timnas Indonesia U-20 melawan Belanda U-20.

Dalam perjalanan ke Belanda, PSSI juga menyambangi dua tim besar dari Eredivisie, bahkan blak-blakan ingin 'menitipkan' para pemain Indonesia untuk berkarir di sana.

Hal itu dilontarkan langsung oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri paska kunjungan.

Baca Juga

"Kami juga menjajaki potensi pemain muda Indonesia bermain di kedua klub tersebut, atau setidaknya melakukan trial di sana," kata Indra Sjafri lewat laman resmi PSSI.

Namun sejatinya, bukan hanya dua, tetapi ada tiga klub sepak bola Belanda yang bisa jadi pelabuhan bagi para pemain Indonesia yang ingin melebarkan sayapnya ke Eropa.


1. 1. Ajax Amsterdam

Empat pemain Indonesia yang pernah bermain di Ajax Amsterdam, diantaranya Ezra Walian.

Ajax Amsterdam adalah salah satu klub besar yang langganan bermain di kancah internasional. Klub ini berpeluang menjadi salah satu pelabuhan pemain Indonesia.

Salah satu pemain naturalisasi Indonesiaa asal Belanda, Irfan Bachdim pernah main di tim junior Ajax Amsterdam pada tahun 1988 silam, ketika ia masih berusia 10 tahun.

Baca Juga

Demikian pula dengan pemain berdarah Indonesia kelahiran Belanda, Ezra Walian juga pernah memperkuat tim junior Ajax Amsterdam pada tahun 2012 hingga 2017.

Jangan lupa, saat ini masih ada pemain keturunan Indonesia di Ajax, yaitu Tristan Gooijer yang pernah jadi target naturalisasi.

Dengan relasi yang kuat tersebut, bukan tidak mungkin jika Ajax Amsterdam akan membuka peluang pemain Indonesia untuk dikontrak atau trial di tim asal Belanda itu.

Baca Juga

2. Feyenoord Rotterdam

Saat ini, ada dua pemain muda Feyenoord Rotterdam yang memiliki garis keturunan dari Indonesia. Mereka adalah Delano van der Hejiden dan juga Liam Oetoehganal.

Liam Oetoehganal adalah pemain sepak bola yang berposisi sebagai gelandang di tim Feyenoord Rotterdam U-18, dan pernah membela Tim Nasional Belanda usia muda.

Sementara Delano, saat bermain di skuat Feyenoord U-18, ia mencetak 12 gok dan membuat 10 assist, karena ia berposisi sebagai gelandang serang dan winger.

Baca Juga

Jika menilik pemain yang lebih senior, ada Jordy Wehrmann, pemain keturunan yang juga besar di Feyenoord, sebelum pindah menuju FC Luzern di liga tertinggi Swiss.

Berdasarkan fakta tersebut, Feyenoord Rotterdam cukup ramah dengan pemain berdarah Indonesia di usia muda, sehingga bisa menjadi kans PSSI untuk bekerja sama.


2. 3. FC Utrecht

Banner FC Utrecht terpajang di tribun penonton

FC Utrecht menjadi perbincangan nasional saat memboyong striker potensial Timnas Indonesia, Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri, tepatnya pada awal tahun 2021 lalu.

Sebelum Bagus Kahfi, beberapa pemain keturunan Indonesia juga pernah meniti karir di klub FC Utrecht, mulai dari Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, dan Marc Klok.

Sekadar informasi, pemain keturunan Indonesia yang akan dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner juga merupakan pemain binaan FC Utrecht.

Begitu erat hubungan FC Utrecht dengan Indonesia. Maka, tidak ada salahnya jika PSSI menyodorkan 'pemain titipan' ke tim yang bermarkas di Stadion Galgenwaard itu.

BelandaPSSIIndra SjafriAjax AmsterdamFeyenoordIndra SjafrieKNVBBola InternasionalFC UtrechtJong Utrecht

Berita Terkini