x

Bicara KLB dan Kelanjutan Liga 1, Begini Keresahan Pelatih Rans Nusantara FC

Jumat, 4 November 2022 15:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Rahmad Darmawan, pelatih Rans Cilegon FC. Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih Rans Nusantara FC, Rahmad Darmawan, angkat bicara soal vakumnya Liga 1 Indonesia 2022-2023 dan harapan menjelang Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Dia mengatakan ada hikmah yang diambil dari situasi saat ini.

Diketahui, Liga 1 2022-2023 tengah distop sementara imbas Tragedi Kanjuruhan, awal bulan lalu. Total 135 korban jiwa melayang akibat kejadian tersebut.

Baca Juga

Setelahnya, pemerintah melalui Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) merekomendasikan PSSI untuk melakukan percepatan Kongres atau menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). 

Apabila tidak dilakukan KLB, TGIPF meminta agar tak diberikan izin kompetisi, meski rencananya Liga 1 2022-2023 dilanjutkan akhir bulan ini.

Menurut Rahmad Darmawan, semua stakeholder di sepak bola Indonesia harus segera berbenah pasca kejadian si Malang. Dia tahu duka masih menyelimuti, tapi sepak bola harus tetap berjalan.

Baca Juga

Banyak orang yang mencari nafkah lewat sepak bola. Apabila situasi menggantung tanpa kejelasan, kerugian besar tak bisa dihindarkan.

"Ya buat saya sekarang waktunya untuk kita kembali menatap ke depan, dengan segala apa yang terjadi kemarin itu tentu menjadi pelajaran," kata Rahmad Darmawan ketika ditanya harapannya soal Liga 1 2022-2023 dan KLB PSSI.

Baca Juga

"Dalam suasana berkabung, kami sudah persiapkan langkah untuk masa depan. Semua, bukan cuma pemain tapi juga pelatih sepak bola lain, manajemen, kemudian stakeholder lain, termasuk suporter, introspeksi untuk lebih baik lagi," imbuhnya.

"Saya yakin selalu akan ada hikmah di balik segala kesusahan yang kami dapatkan," lanjut eks pelatih timnas Indonesia U-23 itu.


1. Kelanjutan Kompetisi

Pertandingan uji coba antara RANS Nusantara FC vs RANS Nusantara FC U-20 di Lapangan A Senayan, Rabu (02/11/22).

Sementara itu, PSSI telah memutuskan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 18 Maret 2023. Agenda utamanya adalah pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Komite Eksekutif (Exco).

Hal tersebut diketahui setelah PSSI bersurat ke FIFA pada Senin (31/10/22). Dalam surat itu juga disebutkan, PSSI akan menggelar Kongres Biasa terlebih dahulu pada 7 Januari 2023 untuk penetapan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Baca Juga

TGIPF merekomendasikan PSSI untuk melakukan percepatan Kongres atau menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menghasilkan kepemimpinan dan kepengurusan PSSI yang berintegritas, profesional, bertanggung jawab, dan bebas dari konflik kepentingan.

Untuk KLB, sejauh ini baru dua klub voters yakni Persebaya dan Persis Solo yang berkirim surat dan mendesak PSSI untuk segera melaksanakan KLB.

Baca Juga

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan Kongres Luar Biasa (KLB) digelar lebih cepat karena dia tak ingin menggantungkan nasib banyak orang di sepak bola nasional.

Kini, kompetisi sedang dihentikan sementara imbas Tragedi Kanjuruhan, awal bulan lalu. Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 baru diizinkan berlanjut pada akhir November nanti.

PSSIRahmad DarmawanRans Nusantara FCKongres Luar Biasa (KLB)Liga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini