x

Apa Kabar Boy Jati Asmara, Striker Petarung Jebolan Persib yang Kini Latih RANS U-20

Jumat, 4 November 2022 13:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
CEO Jebreeetmedia selaku partner dari pengelola Lapangan UNI, Valentino Simanjuntak (kiri) dan mantan pemain Persib, Boy Jati Asmara, sekaligus perwakilan pengurus SSB UNI.

INDOSPORT.COM - Ngotot dan tanpa kompromi adalah ciri khas yang lekat dalam menggambarkan karakter bermain Boy Jati Asmara, eks striker klub Liga 1, Persib Bandung, era 2000-an.

Tidak heran, pria 39 tahun itu selalu jadi andalan bagi Maung Bandung selama 2004-2007 lalu. Dia adalah striker petarung.

Baca Juga

Meski posturnya tidak terlalu tinggi untuk pemain depan, Boy tidak ragu berduel dengan bek lawan. Dia juga selalu rajin turun menjemput bola dan membantu pertahanan.

Karena performanya yang memikat, Boy Jati Asmara pernah masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-19 tahun 2002.

Selama aktif bermain, Boy Jati membela beberapa klub seperti Persib, Persijatim,  Deltras Sidoarjo, Persitara, Persikabo, Mitra Kukar, PSMS Medan, Arema Indonesia, Persijap Jepara, Persipura Jayapura hingga Persepam Madura United.

Baca Juga

Boy Jati kemudian memutuskan pensiun pada 2016 lalu. Setelahnya, pria kelahiran Jawa Barat itu menekuni dunia kepelatihan dan melatih sekolah sepak bola UNI Bandung.

Setelah mengantongi lisensi B, Boy Jati kemudian mencoba peruntungan dengan melatih tim akademi RANS Nusantara FC U-20 pada musim ini.

Uniknya, Boy Jati sempat memutuskan tidak mau kembali ke lapangan hijau. Tapi, dia hanya bisa bertahan enam bulan karena kecintaannya terhadap sepak bola sudah mendarah daging.

Baca Juga

"Sepak bola mungkin sudah jadi hidup saya. Dari pensiun main bola itu sebenarnya saya sudah tidak ingin berkecimpung di sepak bola lagi. Tapi saya hanya kuat enam bulan, setelah itu gak kuat lalu balik ke lapangan," tuturnya.

"Setelah itu saya latih SSB UNI Bandung karena saya juga datang dari sana. Setelah melatih intinya memang saya cinta olahraga ini," katanya.


1. Bimbing Pemain Muda

CEO Jebreeetmedia selaku partner dari pengelola Lapangan UNI, Valentino Simanjuntak (kiri) dan mantan pemain Persib, Boy Jati Asmara sekaligus perwakilan pengurus SSB UNI.

Boy Jati mengatakan mengawali karier di level usia muda karena melihat ada banyak masalah di level tersebut. Dia ingin menyumbangkan pengetahuannya agar membentuk pemain yang pintar di lapangan.

"Ada hal di grassroot yang ada permasalahan jadi minimal saya berbuat sesuatu untuk kebaikan. Tidak besar, tapi minimal saya lakukan yang terbaik untuk perbaiki di level youth ini," jelasnya.

Baca Juga

Sebagai mantan striker yang 'bad boy' alias petarung di lapangan, Boy memberikan wejangan untuk pemain muda saat ini, termasuk untuk anak asuhnya di RANS Nusantara FC U-20.

"Kalau saya melihat masih banyak yang harus diperbaiki. Mereka belum tau bermain sepak bola, jadi striker dan kontribusi buat tim," ujarnya.

Baca Juga

"Striker memang tugasnya cetak gol, tapi kalau tidak bisa, ya minimal membantu tim, bikin assist atau kerja keras buat bantu temannya cetak gol. Ini yang harus dipahami biar lebih pintar, tapi itu memang perlu berproses," ujar Boy Jati Asmara.

Baca Juga

Boy Jati Asmara merupakan pemain yang dipromosikan ke skuad senior Persib Bandung di Liga Indonesia 2002. Rekan seangkatannya saat itu adalah Eka Ramdani dan Erik Setiawan.

Persib BandungRans Nusantara FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini