x

Liga Spanyol Dikuasai Barcelona, 3 Kambing Hitam Real Madrid Usai Digebuk Rayo Vallecano

Selasa, 8 November 2022 12:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Real Madrid akhirnya menelan kekalahan perdana mereka di Liga Spanyol 2022/2023 pada Selasa (08/11/22) dini hari usai digebuk Rayo Vallecano 3-2. REUTERS/Susana Vera

INDOSPORT.COM - Real Madrid akhirnya menelan kekalahan perdana mereka di Liga Spanyol 2022/2023 pada Selasa (08/11/22) dini hari usai digebuk Rayo Vallecano 3-2.

Los Vallecanos tidak hanya membumikan Los Blancos saja namun juga membuat sang juara bertahan tergusur dari pucuk klasemen sementara.

Baca Juga

Saat ini posisi teratas di tabel perolehan poin ditempati oleh Barcelona dengan raihan 34 angka dari 13 pekan. Sementara itu Real Madrid membuntuti tepat di belakang dengan gap dua poin.

Degan kemenangan ini, Vallecano semakin menunjukkan jika mereka bisa menjadi kuda hitam di Liga Spanyol 2022/2023.

Kini Sergio Camello cs berada di tangga kedelapan dengan koleksi 21 poin dan hanya berjarak dua angka saja dari zona kompetisi Eropa.

Baca Juga

Potensi tim asal kota Madrid itu sebenarnya sudah terlihat sejak musim lalu saat baru saja promosi kembali dari divisi Segunda.

Mereka bisa finis nyaman di posisi terhormat, peringkat 12, kendati masih harus memerangi relegasi hingga pekan-pekan terakhir.

Tanpa bermaksud untuk mengecilkan usaha Rayo Vallecano yang bisa bangkit dari ketertinggalan dalam duel di Estadion de Vallecas lalu, kami merasa jika Real Madrid tetap berperan dalam kesialan mereka sendiri.

Baca Juga

Seharusnya El Real bisa menang terutama setelah sempat berbalik unggul jelang penutupan babak pertama.

Berikut ini adalah tiga pemain yang kami nilai patut dijadikan kambing hitam dalam kekalahan Real Madrid atas Rayo Vallecano.


1. 1. Dani Carvajal

Dani Carvajal (kiri). (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

Mungkin Real Madrid memang tidak seharunya melepas Achraf Hakimi dengan mudahnya ke Inter Milan dua tahun lalu karena kini ia menjadi salah satu bek kanan terbaik dunia.

Apalagi dengan penurunan Dani Carvajal belakangan ini meski usianya baru menyentuh angka 30 tahun.

Baca Juga

Carvajal jadi biang kerok terbesar saat Real Madrid menyambangi markas Rayo Vallecano. Di babak kedua, ia memberikan tim tuan rumah kesempatan untuk kembali unggul dalam situasi 2-2.

Eks Bayer Leverkusen itu dihukum penalti setelah usahanya menghadang Alvaro Garcia justru berbuntut bola menyentuh tangannya di area terlarang.

Baca Juga

Wasit kemudian menunjuk titik putih sekaligus memberi Carvajal acungan kartu kuning. Penalti kemudian bisa dikonversi oleh Oscar Trejo.

Carvajal sebenarnya bermain cukup solid dalam laga ini namun satu kesalahan fatal bak setitik nira yang menghacurkan susu sebelanga.

Baca Juga

Sepanjang 85 menit tampil, ia masih bisa mengumpulkan satu dribel sukses, satu tekel, satu potongan, dan empat sapuan berikut 78% akurasi umpan.

Namun situs WhoScored tetap memberinya ponten 5,8 atau yang terendah dari semua pemain di laga Rayo Vallecano vs Real Madrid.


2. 2. Rodrygo Goes

Rodrygo Goes. Foto: REUTERS/Susana Vera

Masih absennya Karim Benzema membuat Rodrygo Goes kembali dipasang oleh manajer Carlo Ancelotti di posisi 'nomor 9' yang mana mulai kerap dijalaninya selama sang kapten sekaligus penyerang utama berhalangan main.

Hanya saja kali ini Rodrygo gagal menunjukkan penampilan terbaiknya. Pemain 21 tahun asal Brasil itu seolah kehilangan taring di depan gawang lawan kawalan Stole Dimitrievski.

Baca Juga

Selama 90 menit penuh, ia memang mampu melepas empat tembakan yang jumlahnya mengungguli semua pemain di lapangan namun tidak satupun tepat sasaran.

Kontribusinya dalam hal lain pun terbatas. Selain satu umpan kunci, Rodrygo seolah mati karena percobaan dua dribelnya pun bisa terbaca oleh pemain bertahan Vallecano.

Mengingat ia akan tampil di Piala Dunia 2022 mendatang, tentunya performa seperti ini tidak boleh sampai terulang lagi.

Baca Juga

3. Vinicius Junior

Rodrygo tidak jadi kambing hitam sendirian di lini depan karena kompatriotnya, Vinicius Junior, pun ikut memble.

Vini diharapkan bisa menyajikan kreatifitas dan flair dari sayap kanan namun aksi-aksi yang sudah memberinya enam gol dan tiga assist sejauh ini di Liga Spanyol nyaris tidak terlihat.

Tiga kali eks Flamengo itu mencoba melewati lawan namun tiga kali pula ia gagal. Vini justru malah mencatatkan turnover alias kehilangan bola lima kali. Sebuah rekor pertandingan.

Baca Juga

Shooting-nya pun terbilang buruk dan tidak efektif. Hanya ada dua percobaan yang sama sekali tidak memaksa kiper melakukan penyelamatan.

Real Madrid harus segera berbenah dari kekalahan atas Rayo Vallecano. Jika tidak, maka gelar Liga Spanyol bisa-bisa lepas ke tangan Barcelona pada musim ini.

Real MadridRayo VallecanoDani CarvajalLiga SpanyolVinicius JuniorRodrygo Goes

Berita Terkini