x

Dukung Penuh Naturalisasi Shayne Pattynama, Eks Ketum PSSI Beri Peringatan Serius

Rabu, 9 November 2022 19:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Mantan Ketua Umum PSSI periode 2011-2015, Djohar Arifin Husin, mendukung penuh proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia-Belanda, Shayne Pattynama

INDOSPORT.COM - Mantan Ketua Umum PSSI periode 2011-2015, Djohar Arifin Husin, mendukung penuh proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia-Belanda, Shayne Pattynama. Namun, dia juga memberikan peringatan ke PSSI.

Seperti diketahui, PSSI mengajukan naturalisasi Shayne setelah direkomendasikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pemain 24 tahun itu disiapkan untuk Piala Asia 2023.

Menurut Djohar, naturalisasi sah-sah saja dilakukan untuk meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Tapi yang harus diperhatikan adalah soal latar belakang pemain termasuk Shayne Pattynama.

Djohar yang juga anggota Komisi X DPR RI tidak ingin ada kendala seperti yang dialami Ezra Walian.

Pemain Persib Bandung itu sempat tak bisa bela skuad Garuda karena pernah bermain untuk Timnas Belanda U-17 di Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014 yang notabene turnamen resmi FIFA sebelum menjadi WNI.

Baca Juga

"Naturalisasi ini diperlukan dari dulu juga,  tapi kualitasnya yang perlu dijaga. Cuma kita tak tau apakah Shayne ini pernah di junior negara lain? Jangan sampai ada protes saat dimainkan, itu bahaya, tapi dari kami setuju kalau dinaturalisasi," kata Djohar.

Menyoal konsen dari Djohar Arifin, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Alami menyampaikan jika PSSI telah memastikan bahwa semua dokumen Shayne sudah aman. Tidak ada statuta FIFA yang dilanggar.

Baca Juga

"Berdasarkan keterangan PSSI bahwa mereka telah menilai Shayne belum pernah main untuk negara lain dengan pertandingan level A, jadi tak melanggar pasal 8 ayat 1 FIFA," jelas Menpora.

Dilansir dari laman Transfermarkt, Shayne Pattynama belum sekali pun membela Timnas Belanda yang merupakan negara kelahirannya. Dia hanya bermain untuk klub di Liga Belanda dan Norwegia.

Komisi X DPR RI sejatinya menyetujui pengajuan naturalisasi untuk pemain keturunan Indonesia-Belanda, Shayne Pattynama. Itu dibahas dalam rapat kerja hari ini, Selasa (08/11/22) di Jakarta.

Pimpinan Raker, Hetifah Sjaifudian yang merupakan wakil ketua Komisi X DPR menyatakan pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia kepada Shayne Pattynama sudah sesuai undang-undang.

Baca Juga

1. Giliran Komisi III DPR RI yang Restui Naturalisasi Shayne Pattynama

Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI

Selanjutnya, Komisi III DPR RI juga menyetujui naturalisasi Shayne berdasarkan hasil rapat kerja di Gedung DPR RI Senayan pada Rabu (09/11/22). 

Komisi III menilai memberikan persetujuan karena proses naturalisasi Shayne Pattynama sudah undang-undang. Hal ini diutarakan oleh Pimpinan rapat kerja, Adies Kadir.

"Komisi III menyetujui pemberian Kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ucap Adies Kadir.

Kesimpulan rapat ini adalah Komisi III DPR menyetujui pemberian kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Wakil Menkumham RI Edward Omar Sharif atau Eddy membeberkan sejumlah pertimbangan persetujuan atas naturalisasi Shayne Pattynama.

Baca Juga

"Dari pertimbangan aspek kewarganegaraan telah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Pasal 20 UU 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan RI juncto Pasal 15 PP Nomor 21 Tahun 2022,

"Tentang Perubahan atas PP Nomor 2 Tahun 2007 tentang Tata Cara Memperoleh, Kehilangan, Pembatalan dan Memperoleh Kembali Kewarganegaraan RI," ucap Eddy.

Baca Juga

Kini setelah mendapat persetujuan dari Komisi III, proses naturalisasi Shayne Pattynama menunggu Rapat Paripurna DPR RI.

Shayne Pattynama saat ini bermain di Viking FK di Liga Norwegia. Dia memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang beras dari Maluku, tapi lahir di Kota Semarang.

Sebelum membela Viking FK di Norwegia, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, sempat menimba ilmu di FC Utrecht dan juga Ajax Amsterdam.

Baca Juga
PSSIDjohar ArifinNaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShayne Pattynama

Berita Terkini