x

Persiapan Piala Dunia U-20 2023, Stadion GBK Diminta Benahi Detail Ini

Rabu, 9 November 2022 07:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Direktur utama PPK-GBK, Rakhmadi Afif Kusumo.

INDOSPORT.COM - Direktur Utama PPK-GBK, Rakhmadi Afif Kusumo, menyebut Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hanya perlu melakukan renovasi minor untuk dipakai di Piala Dunia U-20 2023. Detail yang menjadi fokus adalah pagar pembatas.

Menurut Afif, SUGBK sejatinya sudah sangat siap menggelar pertandingan level internasional. Renovasi lapangan atau rumput sudah dilakukan dan kondisinya sudah 98 persen siap pakai.

Untuk Piala Dunia U-20 2023, Dirut PPK-GBK menjelaskan hanya perlu penyesuaian untuk pagar pembatas. Pasalnya, FIFA dikatakan meminta pagar pembatas kaca yang ada di barisan depan tidak perlu dipakai.

"Untuk di GBK tinggal minor, jadi kami memilki audit dari PSSI dan FIFA juga. Hasil audit FIFA misalnya, pagar-pagar di batas duduk depan tidak perlu karena pada umumnya memang tidak ada," kata Rakhmadi Afif Kusumo, Selasa (8/11/22).

Baca Juga

Selain itu, kursi-kursi yang tidak dalam kondisi bagus akan diganti, lalu kebutuhan awak media di media center akan diperbarui karena akan ada siaran langsung dalam kapasitas besar.

Untuk itu, Dirut PPK-GBK mengimbau kepada penonton di Piala Dunia U-20 2023 untuk bersikap dewasa dengan menjaga fasilitas yang ada.

Baca Juga

"Sheet yang kurang baik ya kami perbaiki, media center akan kami tambah koneksinya karena akan ada live show. Sebenarnya hanya minor-minor saja renovasinya," jelas Afif Kusumo.

Lebih lanjut, Dirut PPK-GBK akan bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga pada Rabu (9/11/22) untuk membicarakan pemakaian Stadion GBK sebelum Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

1. Harus Steril

Rumput Stadion GBK sudah 98 persen bisa digunakan.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali menyatakan Stadion GBK tidak boleh digunakan untuk konser dan kegiatan lainnya hingga pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Keputusan ini dibuat karena SUGBK sudah masuk daftar stadion yang telah disetujui FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Semua venue harus steril dari kegiatan apa pun sejak enam bulan sebelum turnamen.

"Mengenai arahan dari Menpora atau apa yang beliau ucapkan, sejatinya adalah untuk melindungi terf-nya sendiri, atau melindungi rumputnya," tutur Rakhmadi Afif Kusumo.

Baca Juga

"Jadi perhatian dari Pak Menpora, kami juga akan sowan ke Kemenpora, rencananya besok. Kami akan menjelaskan secara mendetail seperti apa perawatan dan bagaimana kami menjaga lapangan ini supaya siap dipakai saat Piala Dunia U-20," lanjutnya.

Sebelum digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023, SUGBK rencananya akan dipakai untuk Piala AFF 2023. Namun, hal itu masih dalam pembahasan bersama PSSI, AFF, dan FIFA.

Baca Juga

Selain itu, ada dua kegiatan non-olahraga yang bakal digelar di SUGBK yakni konser Blackpink dan Raisa. Keduanya dilaksanakan Februari dan Maret 2023.

FIFAPiala Dunia U-20Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)MenporaLiga IndonesiaBola IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Zainudin AmaliBerita Timnas IndonesiaOne Football

Berita Terkini