x

Sebentar Lagi Bela Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Mengaku Tegang

Rabu, 9 November 2022 11:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama, tak lama lagi akan membela Timnas Indonesia. Pemain Viking FK tersebut mengaku sangat tegang sekaligus bahagia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama, tak lama lagi akan membela timnas Indonesia. Pemain Viking FK tersebut mengaku sangat tegang sekaligus bahagia.

Selasa (9/11/22), Komisi X DPR RI menggelar rapat kerja dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta PSSI di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Salah satu agenda dalam raker tersebut, adalah pengambilan persetujuan pengajuan naturalisasi pemain blasteran Indonesia-Belanda, Shayne Pattynama.

“Kesimpulannya, Komisi X menyatakan rekomendasi disetujui. Menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Shayne Pattynama," kata pemimpin sidang yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian

"Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," sambung politisi dari Fraksi Golkar itu.

Baca Juga

Dalam rapat kerja tersebut, Shayne Pattynama juga dihadirkan, meski secara virtual. Hetifah Sjaifudian kemudian mengajukan beberapa pertanyaan kepada Shayne Pattynama.

Salah satunya, perasaan Shayne Pattynama yang sebentar lagi bisa mendapatn status Warna Negara Indonesia dan bisa membela Timnas Indonesia.

Baca Juga

“Untuk saat ini saya merasa agak tegang, tetapi saya sangat bahagia bisa berada di sini,” tutur Shayne Pattynama.

“Jadi saya benar-benar senang berada di sini, pertama-tama terima kasih untuk kalian semua, saya sudah tidak sabar dengan ini (naturalisasi),” terang Shayne Pattynama.

“Ini adalah langkah besar untuk saya dalam proses ini dan saya sangat bersemangat dengan ini,” tandasnya.

Baca Juga

1. Susul Jordi Amat dan Sandy Walsh

Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI

Diketahui, PSSI mengajukan naturalisasi Shayne Pattynama berdasarkan permintaan dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Federasi lantas meminta rekomendasi melalui Kemenpora dan disetujui.  

Menpora Zainudin Amali menjelaskan proses naturalisasi Shayne menggunakan mekanisme naturalisasi sesuai Pasal 20 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006. 

Persetujuannya atas dasar pada kepentingan negara atau jasa yang luar biasa dari seseorang sehingga negara dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya, yaitu prestasi di bidang olahraga.

Shayne Pattynama saat ini memperkuat di Viking FK di Liga Norwegia. Dia memiliki darah Indonesia dari garis ayah yang berasal dari Maluku, tapi lahir di Kota Semarang.

Baca Juga

Sebelum membela Viking FK di Norwegia, Shayne Pattynama sempat menimba ilmu di Ajax Amsterdam saat masih bergabung akademi pada usia dini. 

Shayne Pattynama menjadi salah satu pemain yang proses pewarganegaraannya tengah berlangsung, selain Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Baca Juga

Ada pun Jordi, sebelumnya warga Spanyol, dan Sandy (Belanda) sudah merampungkan sebagian besar tahapan menjadi WNI. Kini mereka tinggal menunggu momen untuk mengucapkan sumpah sebagai WNI.

Jordi dan Sandy diharapkan PSSI dapat memperkuat tim nasional Indonesia dalam Piala AFF 2022 yang berlangsung pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

Baca Juga
NaturalisasiKomisi X DPR RIDPR RITimnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaBakat Muda IndonesiaPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaShayne Pattynama

Berita Terkini