x

Dari Aston Villa Hingga Inter Milan, Berikut Deretan Klub Eropa yang Pernah Ganti Logo

Jumat, 11 November 2022 18:03 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Logo Juventus.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan klub-klub Eropa yang memutuskan untuk mengganti logo mereka, di mana ada Aston Villa hingga Juventus.

Sebuah klub tampaknya tak akan lengkap tanpa logo yang melekat di jersey bagian dada kiri mereka. Logo bak menjadi sebuah awal klub untuk memperkenalkan dirinya.

Bahkan, logo juga dapat menjadi daya tarik dalam mereka memperjualbelikan merchandise mereka kepada para penggemar.

Selain untuk dua hal itu, logo dapat juga sebagai penanda dari bergantinya era dari klub sepak bola tersebut. Kini, di tengah zaman yang semakin modern, logo klub-klub sepak bola pun juga berkembang mengikuti arus medernitas itu.

Terbaru, salah satu klub Liga Inggris, Aston Villa bahkan telah mengumumkan bahwa mereka bakal beralih dari logo lama klub ke logo baru mereka.

Baca Juga

Terlihat dalam logo tersebut tak banyak perubahan dari segi warna yang menjadi ciri khas The Villans, julukan Aston Villa.

Namun, dari segi bentuk terlihat logo Aston Villa yang baru saat ini mengikuti gaya Manchester City yang memakai bentuk lingkaran untuk logonya.

Baca Juga

Dalam logo Aston Villa terbaru, terdapat tiga lingkaran yang membentuknya. Lingkaran pertama berwarna biru dan terdapat logo singa yang menghadap ke arah kanan.

Kemudian di lingkaran kedua terdapat tulisan ‘Aston Villa’ dan angka ‘1874’ yang menandakan tahun berdirinya klub yang bermarkas di Villa Park tersebut.

Namun, selain Aston Villa, klub-klub Eropa lain ternyata juga pernah mengganti logo mereka untuk tujuan tertentu. Klub mana saja kah itu? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Deretan Klub yang Ganti Logo

Logo Manchester City.

7. Atletico Madrid

Dalam kepindahannya ke markas anyar di Stadion Wanda Metropolitano dari Stadion Vicente Calderon, Atletico Madrid turut merubah logo mereka.

Secara konsep, logo Atletico Madrid yang baru seperti tak mengalami banyak perubahan dari logo lamanya. Hanya saja, beruang yang ada di logo lama mengalami perubahan.

Perubahan tersebut berupa beruang yang sebelumnya menghadap kiri kini menghadap ke kanan. Serta pohon yang juga turut dihilangkan.

6. Chelsea

Klub raksasa Liga Inggris, Chelsea, ternyata juga pernah melakukan hal serupa seperti yang dilakukan Atletico Madrid dan Aston Villa.

Bahkan, Chelsea telah mengganti logo mereka sebanyak 9 kali. Logo yang sekarang dipakai oleh Chelsea merupakan logo dari hasil perubahan terakhir.

Baca Juga

Menariknya, logo Chelsea saat ini ternyata tak jauh berbeda dengan logo yang pernah mereka pakai di tahun 1053 hingga 1986. Hanya saja bola yang berwarna merah diletakkan di sisi kanan dan kiri dari yang sebelumnya di atas.

5. Arsenal

Klub selanjutnya yang turut memperbarui logo mereka adalah Arsenal. Klub berjuluk The Gunners ini terakhir kali mengganti logo mereka pada tahun 2002 silam.

Baca Juga

Arsenal merubah logo mereka ditengarai karena sulitnya pihak manajeman dalam mematenkan logo lama yang mereka pakai.

Pada logo anyar Arsenal, tulisan “Victoria Concordia Cresit” dihilangkan. Di logo anyar mereka yang dipakai saat ini, tampak lebih simpel dan terlihat elegan.

4. Manchester City

Pada tahun 2015, Manchester City mendobrak dengan melakukan jejak pendapat degnan para penggemar terkait perubahan logo mereka.

Baca Juga

2. Dua Klub Italia Turut Ikut Ganti Logo

Caption

Dalam jejak pendapat tersebut, sebagian besar fans menginginkan Manchester City desain logo anyar.

Alhasil, logo anyar Manchester City kini berbentuk bulat dengan didalamnya terdapat kapal pesiar berwarna emas.

3. Manchester United

Jauh sebelum Manchester City mengubah logonya, sang rival sekota, Manchester United terlebih dulu melakukannya.

Logo yang dipakai Manchester United saat ini adalah logo terbaru dari hasil gubahan mereka tahun 1998 silam.

Baca Juga

2. Inter Milan

Klub Italia lain yang turut melakukan perubahan logo adalah Inter Milan. Menariknya, logo anyar Inter Milan yang sekarang terlihat lebih simpel dan modern.

Dalam logo anyarnya, Inter milan menjadikan huruf I dan M sebagai ikon utama mereka. Perubahan logo tersebut dikabarkan demi mendorong semangat baru di dalam tubuh Inter Milan.

Baca Juga

 1. Juventus

Jika sebelumnya datang dari daratan Inggris, kini klub selanjutnya yang memutuskan berganti logo datang dari tanah Italia.

Ya, Juventus. Juve akhirnya mengganti logo mereka pada tahun 2017 lalu. Tujuannya dikabarkan sebagai rebranding kepada klub berjuluk Bianconeri tersebut.

Di logo anyarnya, warna hitam-putih tetap tidak dihilangkan dan ditambahkan dua motif huruf J. Kendati begitu, perubahan logo Juventus ternyata sempat mendapat penolakan dari para fans.

Baca Juga
ChelseaArsenalAston VillaJuventusSepak Bola

Berita Terkini