x

Deretan Pesepak Bola yang Sudah Putuskan Pensiun di Tahun 2022, Teranyar Bek Tangguh Barcelona

Minggu, 6 November 2022 15:52 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
John Obi Mikel (Tianjin Teda)

INDOSPORT.COM – Berikut deretan pesepak bola yang telah memutuskan pensiun di tahun 2022, ada Franck Ribery hingga Gerard Pique.

Memasuki usia senja bagi seorang pemain sepak bola memang menjadi situasi yagn sulit disaat kecintaanya dengan si kulit bundar belum lah luntur.

Baca Juga

Tak ayal, saking cintanya beberapa pemain sepak bola yang telah memasuki usia lanjut masih memutuskan untuk tetap bermain hingga saat ini.

Sebut saja Gianluigi Buffon, mantan kiper Juventus yang saat ini berseragam Parma. Pada usianya yang telah menyentuh angka 44 tahun, dirinya masih aktif menjadi penjaga gawang.

Selain Gianluigi Buffon, masih ada pesepak bola lain yang usianya melebihi Buffon dan masih memutuskan untuk tetap bermain.

Baca Juga

Sosok tersebut adalah Kazuyoshi Miura. Pemain berkebangsaan Jepang tersebut saat ini tercatat masih aktif bermain sepak bola di usianya yang telah memasuki angka 55 tahun.

Kazuyoshi Miura saat ini bermain untuk klub kasta keempat Liga Jepang, Suzuka Point Getters setelah pindah dari Yokohama FC pada awal tahun 2022 lalu.

Namun, tak semua pesepak bola dianugerahi komitmen dan kekuatan seperti Gianluigi Buffon maupun Kazuyoshi Miura.

Baca Juga

Pemain yang sudah merasa tak layak bahkan juga banyak yang memutuskan pensiun di tengah usianya yang belum setua mereka.

Sejauh ini, di tahun 2022 sudah ada beberapa pemain sepak bola yang menyatakan pensiun. Siapa saja kah mereka? Berikut ulasannya.


1. Deretan Pemain yang Pensiun di Tahun 2022

Franck Ribery (Bayern munchen)

Franck Ribery

Franck Ribery mengumumkan dirinya pensiun sebagai pesepak bola tepatnya pada bulan Oktober lalu. Setelah melanglang buana ke klub-klub top Eropa, ia memilih Salernitana sebagai pelabuhan terakhirnya.

Ribery selama masih aktif bermain sebagai pesepak bola diklaim sebagai salah pemain sayap terbaik yang pernah ada.

Baca Juga

Puncak karirnya terjadi saat dirinya membela Bayern Munchen pada tahun 2007 sampai 2019. Di klub Jerman tersebut, kesuksesan diraih Ribery dari juara Liga Jerman (Bundesliga) hingga Liga Champions.

Setelah bermain di Jerman, dirinya kemudian memutuskan pergi ke Italia untuk memperkuat Fiorentina sebelum akhirnya pensiun di Salernitana.

Gonzalo Higuain

Sama seperti Franck Ribery, pemain sepak bola berkebangsaan Argentina, Gonzalo Higuain juga menyatakan pensiun pada Oktober lalu.

Baca Juga

Bedanya dengan Franck Ribery, Gonzalo Higuain menutup karir profesionalnya saat bergabung bersama dengan klub MLS, Inter Miami.

Higuain sendiri memulai karir profesionalnya bersama dengan klub Argentina, River Plate. Cemerlang bersama River Plate, Higuain pun pindah ke Eropa.

Real Madrid menjadi pelabuhan pertamanya saat berada di Benua Eropa sebelum akhirnya berpindah ke Italia bersama Napoli dan Juventus.

Baca Juga

Tak hanya itu, Higuain tercatat juga pernah dipinjamkan ke klub raksasa Liga Italia lain, AC Milan. Dirinya juga pernah berkarir di Liga Inggris bersama Chelsea.

Setelah karirnya di Eropa merasa redup, dirinya kemudian memutuskan untuk pindah ke Inter Miami dan pensiun di sana.


2. Garard Pique Teranyar

Gerard Pique memutuskan pensiun dari Barcelona. (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

Carlos Tevez

Carlos Tevez mengakhiri kiprahnya di dunia sepak bola pada tahun ini saat usianya telah menginjak angka 38 tahun.

Berkaring kurang lebih dua dekade sebagai pesepak bola profesional, Tevez tercatat pernah membela West Ham, Man United, Man City, Juventus, hingga terakhir Boca Juniors.

Baca Juga

Banyak gelar pun telah diraih pemain berkebangsaan Argentina tersebut seperti gelar Liga Inggris, Liga Italia, hingga Liga Champions.

John Obi Mikel

John Obi Mikel merupakan salah satu pemain sepak bol apaling berjaya di Benua Afrika. Namun dirinya memilih pensiun di usia 35 tahun pada bulan September lalu.

Chelsea adalah klub terbesar yang pernah ia bela. Bersama The Blues dirinya telah memenangkan Liga Inggris, Liga Europa, dan Liga Champions.

Baca Juga

Jack Wilshere

Bagi fans Arsenal, nama Jack Wilshere mungkin tak asing lagi. Wilshere sendiri memutuskan pensiun pada tahun ini di usianya yang masih 30 tahun.

Kerap cedera dianggap sebagai salah satu alasan mengapa Wilshere memutuskan gantung sepatu dari olahraga yang telah membesarkan namanya.

Gerard Pique

Nama pemain yang masih hangat terkait keputusannya gantung sepatu tahun ini adlaah Gerard Pique. Pemain Barcelona tersebut memutuskan pensiun pada akhir pekan ini setelah laga melawan Almeria.

Baca Juga

Pique pensiun di usianya yang telah menginjak angka 35 tahun. Bersama Barcelona, Pique telah memenangkan banyak gelar dari Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions.

Tak cukup di level klub, di level timnas bersama Spanyol dirinya juga sukses mengangkat trofi Piala Dunia dan Euro Cup.

Franck RiberyCarlos TevezGonzalo HiguainGianluigi BuffonGerard PiqueSepak Bola

Berita Terkini