x

Gerard Pique Mendadak Pensiun, Barcelona Sudah Temukan Pengganti dari Klub Rival

Jumat, 4 November 2022 15:00 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Untuk menggantikan Gerard Pique, Barcelona, isunya telah mencapai kesepakatan dengan defender Athletic Bilbao yakni Inigo Martinez. (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

INDOSPORT.COM - Meski mendadak, tetapi Barcelona diklaim sudah mempersiapkan langkah antisipasi terhadap pengumumman pensiun Gerard Pique.

Untuk menggantikan sang legenda, Los Cules isunya telah mencapai kesepakatan dengan defender Athletic Bilbao yakni Inigo Martinez.

Baca Juga

Meski kontraknya masih tersisa satu setengah tahun, tetapi Pique memutuskan untuk berpisah dengan Barcelona lebih cepat.

Tidak lagi terpilihnya ia sebagai pemain reguler membuat jebolan akademi La Masia tersebut memutuskan untuk gantung sepatu saja.

Pique memang sudah pernah berujar jika ia lebih baik pensiun ketimang berlama-lama duduk di bangku cadangan.

Baca Juga

Usianya memang sudah 35 tahun namun eks Real Zaragoza dan Manchester United ini ingin Barcelona jadi kesebelasan terakhirnya alias menutup pintu bagi tawaran membela tim lain.

Walau harus kehilangan salah satu figur dominan di ruang ganti tetapi Barcelona bisa mendapat untung besar dari purna karier Gerard Pique.

Deputi kapten Sergio Busquets tersebut adalah penerima gaji terbesar ketiga di Camp Nou dan memakan anggaran 29,5 juta euro per musim.

Baca Juga

Uang tersebut bisa dialokasikan ke tempat lain mengingat Barcelona tengah mengalami krisis finansial. Salah satunya untuk mendatangkan Inigo Martinez.

Menurut info dari Sport, Martinez adalah target lama yang sebenarnya sudah diincar sang klub Catalonia sejak bursa transfer musim panas 2022 lalu.


1. Pilih Bersabar atau Keluar Sedikit Uang?

Skuad Barcelona merayakan gol di Liga Spanyol. (Foto: REUTERS/Vincent West)

Hanya saja kala itu Athletic Bilbao masih jual mahal dan hanya mau melepas sang bek sentral 31 tahun di atas 20 juta Euro.

Barcelona kemudian memilih untuk bermain sabar begitu mengetahui Martinez akan habis kontrak pada Juli 2023 nanti.

Baca Juga

Masih dari sumber yang sama, kesepakatan personal untuk kepindahan sebagai free agent pada bursa transfer musim panas 2023 telah terjalin antara kedua pihak.

Walau Pique sudah akan memainkan laga terakhirnya Minggu (06/11/22) mendatang kontra Almeria, tetapi tidak ada urgensi untuk mendatangkan Martinez lebih cepat.

Kecuali jika Bilbao siap untuk menegosiasikan harga miring dengan Barcelona. Los Leones kemungkinan besar tidak ingin kehilangan pilar mereka secara cuma-cuma di akhir musim.

Baca Juga

Andai datang pada bursa transfer musim dingin 2023, Martinez bisa jadi tambahan yang berharga untuk skuad asuhan Xavi Hernandez.

Ia adalah bek tengah dengan kaki dominan kiri. Tipe pemain yang tidak dimiliki Barcelona.

Jules Kounde, Andreas Christensen, Ronald Araujo, dan Eric Garcia semua tidak kidal. Bahkan di beberapa kesempatan Marcos Alonso yang sejatinya seorang fullback kiri digeser lebih ke tengah untuk mengisi kebutuhan akan bek sentral kidal.

Baca Juga

Kelebihan Inigo Martinez tidak hanya itu. Walau tidak punya caps sebanyak Gerard Pique, tetapi ia juga berkaliber timnas Spanyol.

Barcelona akan mendapatkan pengganti Gerard Pique yang tidak cuma lebih baik, untuk level saat ini,  tetapi juga dengan harga miring pada bursa transfer.

Bursa TransferBarcelonaAthletic BilbaoGerard PiqueInigo MartinezLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini