x

Bedah Formasi Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Siap Akhiri Kutukan 'Spesialis Runner Up'?

Sabtu, 12 November 2022 13:35 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Profil Timnas Belanda Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

INDOSPORT.COM – Berikut potensi formasi yang akan digunakan Timnas Belanda di bawah asuhan Louis van Gaal pada gelaran Piala Dunia 2022 mendatang.

Dalam beberapa hari lagi kompetisi sepak bola terakbar, Piala Dunia 2022 akan segera bergulir dengan menobatkan Qatar sebagai tuan rumahnya.

Semakin mendekati tanggal dimulainya kompetisi, sejumlah negara-negara kontestan bahkan sudah mempersiapkan segala kebutuhan tim mereka, salah satunya para pemain yang akan dibawa.

Salah satunya adalah Belanda. Pada Jumat (11/11/22) kemarin, Timnas Belanda secara resmi mengumumkan deretan nama pemain yang mereka bawa untuk Piala Dunia 2022.

Total, Louis van Gaal memanggil 26 pemainnya untuk bersama-sama memperkuat Belanda dalam usahanya mengakhiri kutukan sebagai spesialis runner up.

Baca Juga

Nama-nama pemain bintang terlihat dalam skuad yang diumumkan oleh Louis van Gaal tersebut, seperti Virgil can Dijk, Matthijs de Ligt, hingga Frenkie de Jong.

Selain itu, nama-nama pemain muda Tim Oranye seperti Tyrell Malacia, Cody Gakpo, hingga Xavi Simons turut disertakan oleh pelatih yang pernah menukangi Manchester United tersebut.

Baca Juga

Dari deretan nama-nama pemain yang terdaftar, tampaknya Louis van Gaal ingin menggabungkan kombinasi antara pemain mudanya dengan para pemain senior.

Armada Louis van Gaal sendiri tergabung ke dalam Grup G bersama dengan Senegal, Ekuador, dan Qatar. Laga perdana De Oranje akan dimulai dengan melawan tim asal benua Afrika, Senegal pada 21 November 2022.

Bakal memberikan kombinasi dalam skuadnya, akan seperti apakah formasi yang dipakai Belanda di Piala Dunia 2022 nanti? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Formasi Belanda di Piala Dunia 2022

Gol Virgil van Dijk berhasil menyelamatkan Belanda dari kekalahan atas Jerman di UEFA Nations League, Selasa (20/11/18).

Berisikan para pemain muda hingga pemain senior berpengalaman, skuad Belanda saat ini dapat dikatakan cukup merata di semua lini.

Untuk sektor pertahanan, di bawah mistar gawang nama Justin Bijlow diprediksi bakal menjadi kiper nomor satu pilihan Louis van Gaal.

Sedangkan, kiper kedua diprediksi akan menjadi milik Andries Noppert disusul Remko Pasveer sebagai pilihan terakhir.

Membantu tugas Justin Bijlow di lini pertahanan, pada posisi bek kanan dipastikan nama Denzel Dumfries akan menjadi pilihan pertama Van Gaal.

Kemudian, pada bek kiri, nama bek senior Daley Blind dipastikan masih akan menjadi kepercayaan Van Gaal dengan di back up oleh Tyrell Malacia.

Baca Juga

Pada bek tengah, nama-nama pemain dengan postur kokoh melimpah di dalam skuad De Oranje, julukan Timnas Belanda.

Atas situasi tersebut, Louis van Gaal bahkan tak perlu khawatir jika hendak memainkan tiga bek berkualitas dalam skema 5-3-2 yang bakal ia usung.

Baca Juga

Virgil van Dijk, Nathan Ake, Matthijs de Ligt dan dipastikan akan mengisi posisi bek tengah dengan Stevan de Vrij dan Jurrien Timber sebagai back-upnya.

Bergeser ke lini tengah, nama Frenkie de Jong dipastikan akan mengomandoi sektor tengah bersama dengan Teun Koopmeiners dan Marten de Roon.

Ketiga pemain lini tengah tersebut nantinya bakal di back up leh Davi Klassen, Kenneth Taylor, Xavi Simmons, dan Steven Berghuis.

Baca Juga

2. Duet Memphis Depay dan Steven Bergwijn di Lini Serang

Quincy Promes, Memphis Depay dan Georginio Wijnaldum merayakan keberhasilan Belanda mengalahkan Inggris di semifinal UEFA Nations League

Menuju barisan depan, lini serang Belanda dipastikan akan memiliki para pemain dengan gaya yang melimpah untuk menggebrak lini pertahanan lawan.

Nama Memphis Depay sepertinya bakal tetap menjadi pililhan utama bagi Louis van Gaal meskipun bersama klubnya, Barcelona, dirinya jarang mendapat menit bermain yang cukup.

Demi menemani Memphis Depay di lini serang, Van Gaal dipastikan akan menyuruh Steven Bergwijn sebagai tandemnya.

Pada awal musim ini, Steven Bergwijn sendiri saat ini juga sedang on fire bersama klubnya, Ajax Amsterdam.

Baca Juga

Hal itu dibuktikan dengan keberhasilannya mencetak sepuluh gol dan tiga assist dalam 13 penampilannya bersama Ajax di semua kompetisi.

Selain dua pemain tersebut, Van Gaal juga masih memiliki opsi pengganti lain di lini serang mereka, yakni Cody Gakpo.

Baca Juga

Gakpo sendiri telah menunjukkan dirinya layak dipanggil oleh pelatih kepalada Timnas Belanda tersebut lewat performa gemilangnya bersama PSV Endhoven.

Total, pemain berusia 23 tahun itu telah mencatatkan 13 gol dan 17 assist dari 23 penampilannya bersama PSV di semua kompetisi.

Kendati begitu, Cody Gakpo sepertinya tidak akan menjadi pilihan utama Van Gaal. Tapi, Gakpo setidaknya bakal menjadi senjata rahasia Timnas Belanda jika De Oranje dalam keadaan terdesak.

Baca Juga
BelandaLouis van GaalPiala DuniaPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini