x

Mengenang Julen Lopetegui: Dipecat Timnas Spanyol Hingga Hancur Lebur Bersama Real Madrid

Sabtu, 12 November 2022 13:58 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Mantan pelatih Sevilla, Julen Lopetegui saat konferensi pers Liga Champions

INDOSPORT.COM – Berikut adalah kisah Julen Lopetegui, pelatih yang dipecat Timnas Spanyol sebelum Piala Dunia lalu hancur lebur bersama Real Madrid.

Sebagaimana diketahui bersama, Tim Nasional Spanyol baru saja merilis daftar skuadnya untuk Piala Dunia 2022 Qatar yang akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Spanyol diprediksi akan menjadi salah satu negara yang kembali diperhitungkan setelah pada dua edisi sebelumnya mereka harus kocar-kacir tak berdaya.

Namun, menilik ke belakang, jika membicarakan Spanyol menjelang Piala Dunia, maka nama Julen Lopetegui tak dapat dilepaskan dari tim berjuluk La Furia Roja ini.

Lopetegui merupakan salah satu pelatih yang pernah dipercaya untuk menjadi nakhoda bagi Timnas Spanyol beberapa tahun lalu.

Baca Juga

Namun, sebelum masuk ke ranah tersebut, ada baiknya berkenalan dengan awal karir dari Jlen Lopetegui terlebih dahulu.

Awal Karir Melatih

Nama Julen Lopetegui sendiri melambung setelah dirinya melatih Timnas Spanyol U-19 dan U-21 saat itu. Bersama tim muda Spanyol dirinya meraih kejayaan dengan meraih gelar European Championship pada 2012.

Baca Juga

Tak cukup sampai disitu, bersama David de Gea, Koke, Rodrigo, dan Thiago yang kala itu masih muda, Lopetegui berhasil membawa Timnas Spanyol U-21 juara Euro U-21 pada tahun 2013.

Mendapat kejayaan, Lopetegui justru tidak memperpanjang kontraknya melatih Timnas Spanyol muda, dirinya kemudian memilih FC Porto sebagai pelabuhan anyarnya pada 2014/15.

Meski mampu membawa 53 kemenangan, 16 imbang dan 9 kali kalah, Lopetegui kemudian dipecat oleh manajemen FC Porto. Dibawah kendalinya, FC Porto dianggap tak bisa bersaingdengan Benfica di Liga Portugal.

Baca Juga

1. Menjadi Pelatih Tim Senior Spanyol Hingga Kembali Dipecat

Julen Lopetegui.

Mendapat pemecatan dari FC Porto, Julen Lopetegui tampaknya tidak direstui untuk menganggur lebih lama. Pada 2016, dirinya mendapat tawaran melatih tim senior Spanyol.

Dirinya menggantikan Vicente del Bosque yang saat itu memutuskan untuk pensiun. Meski berat, namun Julen Lopetegui berusaha untuk melaksanakan tugasnya sebaik mungkin.

Hasilnya, Timnas Spanyol di bawah asuhan Julen Lopetegui saat itu mampu menorehkan hasil yang menakjubkan di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Dari 10 pertandingan yang mereka jalani, Spanyol mampu meraih sembilan kemenangan dan hanya satu kali imbang.

Akan tetapi, kegemilangan Lopetegui tak berjalan lama. Akibat ulahnya sendiri, dirinya kemudian didepak dari kursi kepelatihan Spanyol karena menyetujui kontrak bersama Real Madrid.

Baca Juga

Tak salah memang, akan tetapi Julen Lopetegui menandatangani kontrak bersama Real Madrid saat dirinya masih melatih Timnas Spanyol.

Alhasil, presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales tidak suka dengan apa yang dilakukan oleh Julen Lopetegui.

Baca Juga

Akhirnya, saat pertandingan Piala Dunia tinggal menghitung hari saja, Julen Lopetegui pun dipecat dari kursi kepelatihan Spanyol.

Kondisi tersebut dikabarkan menjadi penyebab buruknya performa Timnas Spanyol dalam gelaran Piala Dunia 2018.

Baca Juga

2. Di Real Madrid, Julen Lopetegui Tambah Hancur Lebur

Julen Lopetegui, mantan pelatih Real Madrid.

Mendapat tawaran dari klub sebesar Real Madrid tampaknya akan membuat pelatih mana pun untuk sulit menolaknya, termasuk Julen Lopetegui.

Hal itu juga turut didukung oleh Sergio Ramos yang saat itu juga tengah menjadi bagian dari Timnas Spanyol di bawah asuhan Lopetegui.

Kendati mendapat dukungan dari pemain sebesar Ramos, pemecatan Lopetegui tetap tidak terhindarkan.

Meski begitu, keesokan harinya setelah dirinya dipecat, Julen Lopetegui kemudian langsung diumumkan menjadi pelatih Real Madrid.

Sedangkan, sebagai pengganti Lopetegui saat itu, Timnas Spanyol kemudian menunjuk Fernando Hierro untuk menemani La Furia Roja mengarungi Piala Dunia 2018.

Baca Juga

Lopetegui yang memilih Real Madrid pun berusaha untuk memberikan semua yang ia miliki demi kejayaan Los Blancos. Namun, sayang, semua usaha itu tidak berjalan mulus.

Tidak ada lima bulan setelah ia menjabat pelatih Real Madrid, dirinya kemudian dibuang. Lopetegui bahkan dilabeli sebagai pelatih terburuk yang pernah melatih Real Madrid.

Baca Juga

Prestasi paling buruk yang ia torehkan adalah saat Real Madrid dibantai oleh rival abadainya, Barcelona dengan skor 5-1 di Camp Nou.

Tragisnya, pemecatan Lopetegui bahkan tak melali pengumuman resmi dari klub, ia langsung dibuang begitu saja oleh Real Madrid saat itu.

Baca Juga
Real MadridSpanyolJulen LopeteguiTim Nasional Spanyol

Berita Terkini