x

3 Bintang Murah Meriah yang Bakal Tampil di Piala Dunia 2022, Klub Liga 1 Berminat?

Minggu, 13 November 2022 12:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tampil di kompetisi sebesar Piala Dunia 2022, namun para pemain berikut memiliki harga pasar yang murah dan mungkin bisa jadi opsi klub Liga 1 Indonesia.

INDOSPORT.COM – Meski tampil di kompetisi sebesar Piala Dunia 2022, namun para pemain berikut memiliki harga pasar yang murah dan mungkin bisa jadi opsi klub Liga 1 Indonesia pada bursa transfer mendatang. Siapa sajakah mereka?

Hanya tinggal beberapa hari lagi, gelaran Piala Dunia 2022 akan segera bergulir dan sejumlah tim peserta pun sudah pastikan skuad yang bakal dibawa sejak 11 November lalu.

Termasuk sang tuan rumah Qatar yang akan menjalani laga pembuka penyisihan grup Piala Dunia 2022 pada Minggu (20/11/22) mendatang.

Menghadapi Ekuador yang merupakan salah satu kekuatan sepak bola di Amerika Latin, pelatih Qatar langsung mempersiapkan skuadnya dengan matang dan memanggil sejumlah pemain bintang.

Sejumlah nama tenar di Liga Qatar seperti Hassan Al-Haydos, Akram Afif hingga Almoez Ali dipastikan bakal jadi tumpuan The Maroon sepanjang babak penyisihan grup.

Baca Juga

Indonesia sendiri meski belum pernah lolos ke putaran final Piala Dunia, sempat rasakan service sejumlah bintang jebolan World Cup yang tampil di Liga Indonesia.

Sepanjang sejarahnya, memang cukup banyak mantan bintang Piala Dunia yang bermain di kompetisi lokal Tanah Air, bahkan sempat jadi syarat khusus bagi tim peserta Liga Indonesia untuk datangkan marquee player yang punya pengalaman di ajang Piala Dunia.

Baca Juga

Teranyar, ada legenda Timnas Ghana di Piala Dunia 2006 yakni Michael Essien yang sempat cicipi ketatnya kompetisi Liga 1 Indonesia dengan memperkuat Persib Bandung.

Mantan bintang AC Milan dan Real Madrid tersebut resmi memperkuat Persib pada tahun 2017 dan sukses mencetak lima gol dari total 29 pertandingan buat Maung Bandung.

Selain Essien, masih ada lagi sejumlah pemain top eks Piala Dunia yang pernah merapat ke Liga Indonesia seperti Roger Milla (Kamerun) hingga duo legenda Argentina, Pedro Pasculli dan Mario Kempes.

Pada gelaran Piala Dunia 2022 nanti, klub Liga 1 Indonesia berpotensi besar kembali datangkan bintang jebolan turnamen tersebut lantaran ada beberapa pemain yang memiliki market value mura dan terjangkau untuk tim Tanah Air.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Riyadh Sharahili

Profil Timnas Arab Saudi Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Instagram@saudi2027)

Nama pertama adalah Riyadh Sharahili. Gelandang berusia 29 tahun ini bisa jadi opsi buat tim Liga 1 Indonesia yang butuh pemutus serangan dan punya pengalaman di Piala Dunia.

Melansir dari laman resmi federasi sepak bola Arab Saudi, diketahui bahwa Riyadh Sharahili masuk dalam daftar pemain yang dibawa pelatih Herve Renard ke Qatar.

Sepanjang kariernya, Riyadh Sharahili merupakan gelandang serba bisa yang selalu jadi tumpuan Abha FC di Saudi Pro League atau kasta teratas Liga Arab Saudi.

Tercatat pada musim 21/22 lalu, Riyadh Sharahili mampu tampil sebanyak 24 pertandingan dan mencetak dua gol buat Abha FC.

Kemampuannya yang bisa bermain sebagai gelandang bertahan maupun gelandang serang, membuat pelatih Arab Saudi memanggilnya untuk memperdalam skuad Green Falcons di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Meski jadi bintang di Liga Arab Saudi dan bakal tampil di Piala Dunia, namun market value Riyadh Sharahili terbilang cukup rendah yakni hanya sebesar 25 ribu euro atau setara dengan Rp 434 juta.

Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata pemain Liga 1 Indonesia, bahkan wonderkid Persib, Ardi Maulana, yang belum catatkan caps musim ini punya market value lebih besar (50 ribu euro).

Baca Juga

Nawaf Al-Aqidi
Berikutnya adalah Nawaf Al-Aqidi. Kiper muda berusia 22 tahun ini juga punya market value murah dan mungkin bisa dilirik klub Liga 1 pada bursa transfer mendatang.

Walau jarang mendapat menit bermain sepanjang musim ini, namun Nawaf Al-Aqidi dianggap punya potensi sebagai kiper pelapis dan membuat pelatih Herve Renard ke Timnas Arab Saudi pada Piala Dunia 2022 nanti.

Di musim lalu, Nawaf Al-Aqidi memang sempat mencuri perhatian dengan torehkan tiga kali clean sheets dari total 10 pertandingan bersama Al-Tai di ajang Pro League.

Dengan usia yang masih sangat muda, masa depan karier Nawaf Al-Aqidi diprediksi bakal bisa bersinar terlebih dirinya akan memiliki pengalaman mentas di Piala Dunia.

Untuk mendapatkan Nawaf Al-Aqidi, klub Liga 1 tak harus mengeluarkan banyak dana lantaran menurut laman Transfermarkt, harga pasa sang kiper hanya sebesar 50 ribu euro atau setara dengan Rp 868 juta.

Baca Juga

2. Bryan Ruiz

Timnas Kosta Rika

Terakhir adalah Bryan Ruiz. Jika dua nama sebelumnya adalah bintang muda yang bakal jalani debut di Piala Dunia, namun pemain terakhir ini merupakan eks penggawa klub top Eropa dan bakal lakoni Piala Dunia ketiga dalam kariernya.

Bryan Ruiz adalah opsi buat klub Liga 1 yang butuh gelandang serang berpengalaman, serta role model untuk pemain muda di skuad mereka.

Meski telah berusia 37 tahun, namun Bryan Ruiz tetap dipercaya untuk tampil memimpin Timnas Costa Rica pada gelaran Piala Dunia 2022 nanti.

Sepanjang musim ini, penampilan Bryan Ruiz yang lebih banyak bermain bertahan masih terbilang cukup konsisten dengan torehkan 18 laga serta mencetak dua gol dan dua assists buat LD Alajuelense di ajang Liga 1 Costa Rica.

Sementara di level timnas, mantan penggawa Fulham dan PSV Eindhoven tersebut sudah tampil sebanyak 144 laga dan catatkan 29 gol di semua kompetisi.

Baca Juga

Dengan segala pengalaman di level internasional tersebut, klub Liga 1 hanya harus mengeluarkan dana 200 ribu euro atau setara Rp 3,4 miliar agar bisa dapatkan tanda tangan Bryan Ruiz.

Kosta RikaArab SaudiPiala Dunia 2022Liga 1Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini