x

Uji Coba 55 Menit, Laga PSIM Yogyakarta vs Borneo FC Berakhir Tanpa Pemenang

Minggu, 13 November 2022 15:47 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Latihan tim Liga 2, PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari, Yogyakarta. (Foto: PSIM Yogyakarta)

INDOSPORT.COM - PSIM Yogyakarta menahan imbang Borneo FC 0-0 dalam uji coba di Lapangan YIS, Mlati, Sleman, Sabtu (12/11/22). Uji coba itu hanya berlangsung 55 menit karena hujan deras disertai petir.

PSIM sebenarnya baru menggelar lima sesi latihan sebelum laga melawan Borneo FC. Kondisi ini sebenarnya tak ideal karena sebelum latihan pekan ini, Cristian Gonzales dkk. sempat libur dua pekan.

Namun, keberadaan Borneo FC di Yogyakarta membuat PSIM tak mau membuang kesempatan. Makanya, disepakati bahwa uji coba berlangsung pekan ini juga dengan hanya dihadiri kedua tim.

Dalam laga ini, Borneo FC menurunkan skuat utamanya dari menit awal. Begitu juga dengan PSIM yang masih bongkar pasang bersama pelatih Erwan Hendarwanto.

Dalam 15 menit awal, PSIM yang lama tak bertanding bermain kurang maksimal. PSIM kaget dengan pressing ketat yang dihadirkan Stefano Lilipaly dkk.

Baca Juga

"Di awal-awal memang kelihatan bahwa kita sudah lama tidak melakoni pertandingan kompetitif. Pressure lebih tinggi, tim kita kaget,  tapi setelah 15 menit itu para pemain sudah bisa beradaptasi dan mengimbangi permainan lawan," kata Erwan Hendarwanto, Minggu (13/11/22).

Sayangnya, permainan menarik yang tersaji pada babak pertama tak bisa terulang pada babak kedua. Ketika baru berjalan sepuluh menit, kedua tim sepakat untuk laga ini tak dilanjutkan.

Baca Juga

Pasalnya, lapangan bukan saja tergenang karena hujan deras. Hujan deras itu juga disertai petir yang membahayakan keselamatan kedua tim yang bertanding.

"Baru sekitar 55 menit kemudian cuaca menjadi buruk. Adanya petir itu membuat keselamatan menjadi pertimbangan utama," tutur Erwan.

Meski berjalan cukup singkat, Erwan senang bahwa PSIM punya kesempatan uji coba melawan tim Liga 1. Dalam dua agenda sebelumnya, PSIM hanya sempat melawan tim Liga 3.

Baca Juga

1. Progres PSIM

Latihan tim Liga 2, PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari, Yogyakarta. (Foto: PSIM Yogyakarta)

"Pertimbangan utama kami melakukan uji coba ini memang mengejar kesempatan bahwa kita bisa belajar dari Borneo yang ada di Liga 1," papar Erwan.

Dari performa 55 menit, Erwan punya gambaran tentang progres tim dan apa yang perlu diperbaiki pada program selanjutnya.

Dengan kompetisi Liga 2 2022/2023 yang belum tahu kapan bakal dilanjutkan, PSIM akan terus berbenah. Dengan begitu, PSIM lebih siap saat kompetisi jalan lagi.

"Dalam uji coba ini kita coba melihat hasil dari latihan satu pekan. Kita bisa menganalisa dan mengevaluasi untuk diperbaiki pada pekan selanjutnya," ucap Erwan.

Uji coba melawan Borneo FC bukan yang terakhir bagi PSIM. Menurut Erwan, Laskar Mataram coba mengakhiri program sepekan dengan agenda uji coba.

Baca Juga

"Kita berusaha untuk setiap akhir pekan ada uji coba, entah nanti lawannya dari Liga 3, Liga 2 atau Liga 1," ungkap Erwan.

Pada pekan ini, PSIM bukan satu-satunya tim dari grup tengah yang uji coba melawan tim Liga 1. FC Bekasi City yang jadi rival berat PSIM juga uji coba melawan Persib Bandung di Gelora Bandung Lautan Api.

Baca Juga

Dalam laga yang disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi swasta nasional itu, FC Bekasi City kalah 0-3 dari tuan rumah. Tiga gol Persib dicetak Marc Klok dan dua gol Beckham Putra.

Sebelum itu, Gresik United juga berkesempatan menjajal Persis Solo dan Persebaya Surabaya. Hebatnya, Gresik United sukses menahan dua tim Liga 1 tersebut.

Sementara Persijap Jepara kalah 0-1 dari PSIS Semarang. Namun, setelah laga itu, Persijap pilih meliburkan tim. Begitu pula dengan Persipa Pati yang sempat melawan Persis Solo.

Baca Juga
PSIM YogyakartaBorneo FCLiga IndonesiaLiga 1Liga 2

Berita Terkini