x

4 Negara Calon Kuat Peraih Trofi Piala Dunia 2022, Ada Juara Baru?

Rabu, 16 November 2022 21:25 WIB
Editor: Juni Adi
Ilustrasi Piala Dunia 2022 di Qatar. REUTERS/Suhaib Salem

INDOSPORT.COMPiala Dunia 2022 berpeluang ada juara baru meski Prancis sebenarnya masih bisa diunggulkan untuk mempertahankan gelar.

Turnamen sepak bola antar negara paling bergengsi, Piala Dunia 2022, kurang dari beberapa hari lagi akan segera dimulai.

Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara, usai memenangkan bidding beberapa tahun lalu.

Untuk edisi kali ini, Piala Dunia 2022 akan digelar mulai Minggu, 20 November hingga 18 Desember 2022, yang diikuti oleh 32 negara dari berbagai konfederasi.

Ini adalah kali kedua Piala Dunia digelar di kawasan Benua Asia.

Baca Juga

Sebelumnya sudah pernah digelar di Asia saat Jepang dan Korea Selatan ditunjuk jadi tuan rumah pada edisi 2002 lalu atau 20 tahun silam.

Tak hanya itu, Piala Dunia 2022 Qatar juga mencatatkan sejarah baru yaitu dengan digelarnya pertama kali di musim panas untuk Asia, dan musim dingin di Eropa.

Baca Juga

Sementara untuk jumlah peserta masih sama yaitu 32 negara. Siapa-siapa yang lolos juga sudah ketahuan, menyusul babak kualifikasi selesai digelar.

Mendekati turnamen, semua negara peserta terus mempersiapkan diri untuk bisa tampil maksimal, termasuk mengumumkan para pemain yang akan dibawa beberapa waktu lalu.

Bagi pelatih tentu pemain-pemain terbaik yang akan dibawa demi bisa menjadi juara. Lantas dengan materi pemain saat ini, siapa saja negara yang diunggulkan untuk merebut gelar Piala Dunia 2022?

Baca Juga

1. Argentina

Lionel Messi dari Argentina merayakan dengan trofi dan rekan setimnya setelah memenangkan Finalissima REUTERS-Peter Cziborra

Argentina datang di setiap ajang Piala Dunia selalu dengan komposisi pemain terbaiknya, menyusul banyaknya bintang baru mereka yang lahir permusimnya.

Termasuk untuk Piala Dunia 2022 ini. Argentina besutan Lionel Scaloni penuh percaya diri bisa tampil baik di Qatar, dengan materi pemain yang ada.

Kombinasi junior dan senior jadi resep untuk Argentina bisa menembus final dan menjadi juara. 

Apalagi mereka datang dengan kepercayaan diri tinggi menyusul statusnya sebagai jawara Amerika Selatan, setelah memenangkan Copa America 2021 dan Finalissima kemarin.

Lionel Messi dan kawan-kawan pun sejauh ini masih tak terkalahkan di 35 laga beruntun.

Dengan data di atas, sudah cukup membuktikan Argentina yang sekarang sedang on fire, dan akan siap bersaing di Piala Dunia 2022 tergabung di Grup Arab Saudi, Polandia, dan Meksiko.

Prancis

Selanjutnya timnas Prancis. Jawara dunia edisi 2018 lalu ini bertekad untuk bisa mempertahankan gelar Piala Dunia.

Dengan materi pemain yang sama bagusnya dari edisi sebelumnya, Prancis optimis bisa meraih hasil terbaik.

Apalagi mereka kini diperkuat penyerang terbaik Eropa, Karim Benzema, dan duet dengan bintang muda PSG, Kylian Mbappe.

Hal tersebut membuat lini depan Prancis akan dahsyat di Piala Dunia 2022. Mereka sendiri tergabung di grup D bersama Australia, Denmark, dan Tunisia.


2. Jerman

Tim Nasional Jerman ketika menjalani pertandingan UEFA Nations League melawan Hungaria di Red Bull Arena, Leipzig. REUTERS/Annegret Hilse

Jerman masih menjadi salah satu negara yang selalu masuk dalam daftar favorit untuk juara. Meski sedang mengalami pasang surut penampilan setelah menjadi juara dunia 2014, Jerman terus berusaha bangkit.

Di ajang UEFA Nations League, mereka belum menuai hasil bagus. Namun demikian bukan berarti Jerman tidak dipandang sebagai tim kuat.

Bersama pelatih baru sarat prestasi, Hansi Flick, Jerman menatap Piala Dunia 2022 dengan penuh rasa optimis bersama skuad mudanya.

Para pemain Bayern Munchen masih menjadi tumpuan Jerman kali ini, termasuk bintang muda yang sedang on fire, Jamal Musiala. 

Jerman sendiri tergabung di Grup E bersama Spanyol, Kosta Rika, dan Jepang. 

Brasil

Terakhir ada timnas Brasil. Semua orang pasti sepakat kalau materi pemain yang dibawa oleh Tite ke Piala Dunia 2022 ini sangat bagus.

Mayoritas pemain muda potensial, disokong oleh senior berpengalaman bisa jadi resep Brasil bertarung merebut gelar juara.

Hampir seluruh pemain Brasil baik yang utama maupun cadangan adalah pemain utama di klub-klub top Eropa, seperti Vinicius Jr, Neymar, Gabriel Jesus hingga Casemiro dan Fred.

Tidak hanya nama yang disebutkan, hampir seluruh pemain Brasil sedang dalam terbaik, karena materi pemain komposisinya pas secara ke dalam skuad.

Selecao juga memiliki dua kiper kelas dunia yaitu Alisson Becker dan Ederson Moraes. Bisakah Brasil dinobatkan sebagai juara di Piala Dunia FIFA 2022? Kami tidak akan terkejut jika mereka.

PrancisArgentinaJermanBrasilPiala DuniaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini