x

Calon Kuat Juara, Timnas Jerman Punya 3 Pemain Muslim yang Bakal Bersinar di Piala Dunia 2022

Jumat, 18 November 2022 21:24 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tak hanya jadi calon kuat juara, skuad Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 kali ini juga dipenuhi sederet pemain muslim yang bakal bersinar.

INDOSPORT.COM – Tak hanya jadi calon kuat juara, skuad Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 kali ini juga dipenuhi sederet pemain muslim yang bakal bersinar sepanjang kompetisi.

Tergabung di Grup E Piala Dunia 2022, Timnas Jerman bakal hadapi sejumlah lawan berat seperti Spanyol, Kosta Rika serta Jepang untuk memperebutkan dua tiket menuju babak 16 besar.

Pada pertandingan pembuka, Jerman sudah ditantang kuda hitam asal Asia, Jepang yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/22).

Empat hari berselang, giliran Spanyol yang jadi lawan Jerman di babak penyisihan Grup E, sebelum akhirnya mengakhiri partai penyisihan dengan menghadapi Kosta Rika.

Sepanjang sejarahnya, Jerman merupakan salah satu tim terkuat yang selalu masuk dalam bursa calon juara Piala Dunia.

Baca Juga

Terbukti, hingga saat ini Jerman mampu mengumpulkan empat gelar juara Piala Dunia dan bertengger di urutan kedua setelah Brasil (5), sebagai negara dengan jumlah trofi terbanyak di turnamen ini

Terakhir kali Jerman menjuarai Piala Dunia terjadi pada tahun 2014 silam. Saat itu, skuad arahan Joachim Loew tersebut mampu mengalahkan Argentina dengan skor tipis 1-0 di partai final.

Baca Juga

Di gelaran Piala Dunia 2014 pula, Jerman banyak memanggil sejumlah pemain beragama muslim yang sukses jadi tumpuan hingga babak final.

Beberapa pemain muslim yang dibawa Timnas Jerman pada Piala Dunia 2014 kemarin antara lain, Shkodran Mustafi, Sami Khedira hingga Mesut Ozil.

Menariknya, pada Piala Dunia 2022 nanti Timnas Jerman juga kembali memanggil sejumlah pemain beragama islam yang diprediksi bisa bersinar dan jadi tumpuan Die Mannschaft dalam raih kemenangan.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT merangkum deretan pemain muslim Timnas Jerman pada Piala Dunia 2022:

Baca Juga

1. Antonio Rudiger

Antonio Rudiger, pemain Real Madrid. Foto: REUTERS/Susana Vera

Pemain muslim pertama di Timnas Jerman pada Piala Dunia 2022 nanti adalah Antonio Rudiger. Bek berusia 29 tahun ini merupakan tembok utama Die Mannschaft sejak 2014 silam.

Sepanjang musim 22/23 ini, Antonio Rudiger tampil sangat impresif bersama raksasa Liga Spanyol, Real Madrid.

Meski baru jalani musim debut di LaLiga, namun Antonio Rudiger langsung cepat adaptasi dan mendapat tempat di starting XI Real Madrid.

Total sudah ada 17 pertandingan serta torehan dua gol yang telah dibuat Antonio Rudiger sepanjang musim 22/23 buat Real Madrid.

Sementara di level timnas, bek berusia 29 tahun tersebut sudah bermain sebanyak 54 pertandingan dengan catatan dua gol buat Jerman.

Baca Juga

Antonio Rudiger bahkan turut serta membantu Jerman menjuarai FIFA Confederations Cup pada tahun 2017 lalu.

Berkaca dari statistik diatas, tampaknya Antonio Rudiger bakal jadi andalan Timnas Jerman di lini belakang sepanjang gelaran Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Ilkay Gundogan
Berikutnya adalah Ilkay Gundogan, gelandang muslim milk Manchester City yang sepanjang musim ini tampil gemilang dan diprediksi bakal jadi tumpuan lini tengah Timnas Jerman.

Meski sudah berusia 32 tahun, namun ketenangan serta visi bermain yang baik, membuat Ilkay Gundogan tak tergantikan di skuad Manchester City.

Total ada 20 pertandingan dengan raihan dua gol serta dua assists yang mampu ditorehkan Ilkay Gundogan sepanjang musim ini buat The Citizens.

Sementara di level timnas, mantan penggawa Borussia Dortmund tersebut sudah bermain sebanyak 63 pertandingan dengan catatan 16 gol buat Jerman.

Secara personal, Ilkay Gundogan memang dikenal sebagai salah satu pesepak bola muslim yang dermawan dan kerap kali melakukan aksi sosial.

Bahkan pada Ramadhan tahun 2021 lalu, Ilkay Gundogan mengadakan aksi amal di Indonesia bersama pendukung Manchester City Supporters Club Indonesia (MCSCI), dengan membagikan makanan kepada yayasan panti asuhan serta orang-orang di jalanan.

Baca Juga

2. Youssoufa Moukoko

Youssoufa Moukoko, pemain Borussia Dortmund

Terakhir adalah Youssoufa Moukoko. Striker muda yang masih berusia 17 tahun ini sukses mencuri perhatian, lantaran jadi pesepakbola termuda yang tampil di Piala Dunia 2022.

Meski masih belia, namun ketajaman Youssoufa Moukoko di kompetisi domestik Jerman sudah sangat teruji bersama Borussia Dortmund.

Di musim ini saja, Youssoufa Moukoko mampu mencetak 6 gol dan memberikan empat assists dari total 14 pertandingan bersama Dortmund.

Berkaca dari statistik tersebut, tak heran jika pelatih Hansi Flick berani membawanya ke Qatar dan jadi salah satu tumpuan Jerman di Piala Dunia 2022 nanti.

Sama seperti dua nama sebelumnya, Youssoufa Moukoko dikenal sebagai salah satu pesepakbola muslim yang cukup taat, bahkan dalam unggahan Instagramnya, sang pemain sering menyematkan keterangan #Alhamdulillah

Baca Juga

Meski harus bersaing dengan sejumlah penyerang senior sekelas Serge Gnabry, Thomas Muller hingga Leroy Sane, namun jika diberi kesempatan bermain pada penyisihan Piala Dunia 2022 nanti, Youssoufa Moukoko diprediksi bakal bisa bersinar dan membawa Die Mannschaft raih kemenangan.

JermanPiala DuniaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini