x

Piala Dunia 2022: 8 Pemain Timnas Ekuador 'Disuap' Supaya Mengalah Saat Melawan Qatar?

Sabtu, 19 November 2022 14:57 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Isman Fadil
Prediksi pertandingan antara Qatar vs Ekuador di Piala Dunia Qatar 2022.

INDOSPORT.COM - Partai pembuka Piala Dunia 2022 memunculkan sebuah berita kontroversi yang menyebutkan bahwa 8 pemain timnas Ekuador 'disuap' supaya mengalah ketika berhadapan dengan timnas Qatar.

Tentu saja berita ini mengegerkan dunia karea Qatar sendiri sudah memiliki catatan buruk terkait adanya indikasi pelanggaran hak asasi manusia terkait meninggalnya 6.500 pekerja migran.

Selain itu, Qatar juga dikritik oleh negara-negara Eropa dan barat karena pelarangan perilaku humoseksual di tuan rumah piala dunia tersebut. Mereka juga melarang konsumsi minuman beralkohol.

Perlu diketahui bahwasanya menjadi tuan rumah Piala Dunia merupakan tanggung jawab besar. Namun, hal itu dianggap tidak dilakukan dengan baik oleh Qatar pada edisi kali ini.

Dalam beberapa minggu terakhir terdapat peningkatan laporan yang mengungkapkan pelanggaran hak asasi manusia dan kurangnya jaminan terkait keamanan bagi peserta dan fans yang datang.

Baca Juga

Semua itu belumlah cukup, saat ini tuan rumah Piala Dunia menghadapi tuduhan serius yang membuat mereka berada dalam posisi yang sangatlah buruk, yakni tuduhan suap.

Amjad Taha, seorang pakar urusan politik strategis dan direktur regional pusat Inggris di Arab Saudi melaporkan dugaan adanya suap yang dilakukan oleh Qatar.

Baca Juga

Menurut Amjad Taha, terdapat 8 pemain tim nasional Ekuador yang diduga telah disuap dengan total uang 7,4 juta euro sebagi imbalan untuk mengalah ketika bertanding melawan timnas Qatar.

Selain itu, ia juga memperingatkan bahwa sumber internal dari Ekuador dan Qatar telah mengonfirmasi operasi tersebut dan meminta dunia untuk menentangnya.

Menurut laporan tersebut, Qatar menawarkan Ekuador bahwa mereka akan membiatkan menang 0-1 dengan gol di babak kedua dengan imbalannya akan ditransfer.

Baca Juga

1. Prediksi Laga

Selebrasi penyerang Qatar, Almoez Ali, di Piala Asia 2019 melawan Arab Saudi. (Foto: REUTERS/Suhaib Salem)

Adapun publikasi semacam itu sulit untuk diabaikan. Qatar sendiri pernah dituduh menyuap FIFA dengan uang jutaan dolar supaya terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Tiga hari sebelum dimulainya Piala Dunia, baik pemerintah maupun Federasi Sepak Bola Qatar belum juga angkat bicara ketika dugaan tersebut muncul di publik.

Timnas Qatar akan menghadapi timnas Ekuador di Al Bayt Stadium pada laga pembuka Grup A pada Minggu, 20 November 2022 pukul 23.00 WIB. Laga tersebut diprediksi akan berjalan sangat alot.

Qatar yang menjadi tim debutan di Piala Dunia memiliki misi melangkah sejauh mungkin. Mereka tak ingin hanya menjadi tim penggembira selama turnamen.

Sementara itu, timnas Ekuador bukanlah tim yang biasa saja. mereka lolos dari kualifikasi Conmebol atau Amerika Selatan. Mereka cukup tergolong cukup kuat.

Baca Juga

Adapun para pemain yang masuk dalam skuad timnas Ekuador merupakan pemain yang memiliki jam terbang cukup tinggi di kancah internasional. Bahkan pemainnya ada yang berkompetisi di Eropa.

Sebagian besar pemain di skuad timnas Qatar adalah pemain yang berasal dari klub lokal yang memiliki kedekatan namun kurang berpengalaman di level internasional.

Baca Juga

Timnas Qatar biasanya turun dengan formasi 3-5-2 yang bisa berubah menjadi 5-3-2 tergantung situasi yang terjadi di lapangan. Sementara itu skuad timnas Ekuador diisi oleh pemain yang bermain di Amerika dan Eropa.

Ada Piero Hincapie dari Bayer Leverkusen, Carlos Gruezo dari Augsburg, Enner Valencia dari Fenerbahce, Gonzalo Plata dari Real Valladolid, hingga trio Pervis Estupinan, Jeremy Sarmiento, dan Moises Caicedo dari Brighton.

Ekuador yang dilatih oleh Gutavo Alfaro memiliki kekuatan, kecepatan, dan serangan balik yang berbahawa di kedua sayapnya. Hal inilah yang perlu diwasapadai timnas Qatar.

Baca Juga


Sumber: Marca

EkuadorQatarPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini