x

Takut Diserang Rusia, Pesawat Timnas Polandia Dikawal Jet Tempur Menuju Qatar untuk Piala Dunia 2022

Jumat, 18 November 2022 18:11 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Juni Adi
Tim Nasional Polandia ketika menjalani pertandingan UEFA Nations League melawan Belanda di PGE Narodowy, Warsawa. REUTERS/Kacper Pempel

INDOSPORT.COM - Perjalanan Timnas Polandia menuju Qatar untuk mengikuti turnamen akbar Piala Dunia 2022 mengundang sorotan karena dikawal pesawat tempur.

Tinggal dua hari lagi perhelatan akbar dunia sepak bola, Piala Dunia 2022 resmi akan bergulir dengan beberapa peserta memulai keberangkatan mereka menuju Qatar.

Menariknya ada salah satu peserta yang berhasil mencuri perhatian terkait kedatangan mereka menuju Piala Dunia 2022, tim tersebut adalah Polandia.

Keberangkatan Timnas Polandia menuju Piala Dunia 2022 terlihat mendapatkan perlakuan spesial dengan mendapatkan penjagaan dari militer menggunakan dua pesawat jet tempur.

Pengawalan tersebut ternyata disebabkan akibat masalah perang yang melibatkan Ukraina dengan Rusia, Apalagi negara Polandia baru-baru ini mendapatkan serangan rudal yang menyebabkan dua kematian warga sipil.

Baca Juga

Menurut laporan, pemerintah Polandia dibuat waspada akibat serangan di kota pedesaan Przewodow tersebut dan serangan itu juga memicu kekhawatiran bahwa kejadian tersebut dapat menyebabkan konflik melebar karena Polandia merupakan bagian dari NATO.

Spekulasi siapa yang melakukan peluncuran rudal tersebut belum bisa dipastikan, namun menurut Presiden Polandia, Andrzej Duda, serangan rudal tersebut tampaknya tidak disengaja dan kemungkinan diluncurkan oleh sistem pertahanan udara Ukraina sebagai tanggapan serangan Rusia.

Baca Juga

Akibat serangan tersebut, dua pesawat jet tempur tersebut ditugaskan untuk melindungi pesawat Timnas Polandia yang melewati daerah selatan berdekatan dengan wilayah Rusia yang sedang berperang dengan Ukraina.

Dilansir dari Sportbible, terlihat pesawat yang membawa rombongan Robert Lewandowski cs dihiasi tulisan kata-kata 'Republik Polandia' dengan sekertaris asosiasi sepak bola Polandia menuliskan ucapan terima kasih dalam unggahan video pengawalan tersebut.

"Kami dikawal ke perbatasan selatan Polandia dengan pesawat F16! Terima kasih dan salam untuk para pilot," ucap Lukasz Wachowski.

Baca Juga

1. Dua Jet Pesawat Tempur Mengawal Timnas Polandia

Tim Nasional Polandia ketika menjalani pertandingan UEFA Nations League melawan Belanda di PGE Narodowy, Warsawa. (Foto: REUTERS/Kacper Pempel)

Dalam unggahan video tersebut, terlihat dua pesawat jet tempur terbang saling berdampingan dengan pesawat Timnas Polandia dengan sebuah bendera Polandia tersampir tepat di bawah kaca pelindung depan.

Jelas video tersebut tak luput dari cuitan netizen yang berkomentar nyeleneh soal bagaimana seseorang memiliki pekerjaan pilot yang kebetulan seorang penggemar berat Timnas Polandia.

"Ketika Anda seorang pilot, tetapi Anda juga seorang penggemar Timnas Polandia," cuitan netizen.

Menurut laporan media lokal, pilot kedua jet tempur tersebut melakukan pengawalan hingga keluar dari wilayah udara negara Polandia dan dikonfirmasi dengan sampainya Timnas Polandia mendarat di bandara Doha, Qatar.

Baca Juga

Sesampainya di Qatar, Timnas Polandia tampak langsung fokus dengan persiapan mereka menuju Piala Dunia 2022 dan tak ingin terganggu dengan situasi politik yang melibatkan negaranya tersebut.

Apalagi ini menjadi kesempatan terakhir untuk Robert Lewandowski memberikan penampilan terbaiknya di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Hal ini disebabkan karena striker andalan Barcelona tersebut kini sudah berusia 34 tahun dan besar kemungkinan bisa tak memperkuat Timnas Polandia untuk ajang Piala Dunia selanjutnya.

Meski tak lagi muda, Robert Lewandowski sudah bertekad ingin mengantarkan Timnas Polandia melangkah jauh di Piala Dunia 2022 kali ini.

Dijadwalkan Timnas Polandia akan menghadapi Meksiko dalam penyisihan Grup C Piala Dunia 2022 pada Selasa (22/11/2022) pukul 23.00 WIB dengan bermain di Stadion 974 (Rass Abou Aboud).

Baca Juga

Sumber: Sportbible

RusiaPiala DuniaQatarUkrainaPolandiaPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini