x

5 Pemain yang Bisa Pensiun Usai Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo?

Jumat, 18 November 2022 16:54 WIB
Editor: Juni Adi
Ilustrasi Piala Dunia 2022 di Qatar. REUTERS/John Sibley

INDOSPORT.COMPiala Dunia 2022 bisa jadi turnamen besar terakhir bagi para pemain ini karena usianya yang sudah tidak lagi muda sebagai pesepakbola.

Kurang dari beberapa hari lagi, turnamen sepak bola terbesar, Piala Dunia 2022, akan segera dimulai tepatnya pada Minggu (20/11/22) mendatang.

Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara, usai memenangkan bidding beberapa tahun lalu. Ini adalah kali kedua Piala Dunia digelar di kawasan Benua Asia. 

Sebelumnya sudah pernah digelar di Asia saat Jepang dan Korea Selatan ditunjuk jadi tuan rumah pada edisi 2002 lalu atau 20 tahun silam.

Tak hanya itu, Piala Dunia 2022 Qatar juga mencatatkan sejarah baru yaitu dengan digelarnya pertama kali di musim dingin di Eropa.

Baca Juga

Biasanya FIFA menggelar Piala Dunia selalu di akhir musim kompetisi sepak bola Eropa, rentang waktu Juni hingga Juli. 

Beberapa negara dari 32 peserta juga sudah terlihat mulai berdatangan ke Qatar, seperti Jerman, Argentina, Inggris hingga Senegal.

Baca Juga

Namun sayangnya, Piala Dunia 2022 ini berpotensi akan jadi turnamen akbar terakhir bagi beberapa pemain bintang top.

Menyusul faktor usia yang sudah tidak lagi muda, sehingga bisa memutuskan pensiun usai ajang ini. Siapa saja?

Baca Juga

1. Davi Alves

Mantan pemain Barcelona Dani Alves punya tato Yesus di bahu kanan.

Cristiano Ronaldo bukanlah satu-satunya pemain tua di Piala Dunia 2022 ini. Ada Dani Alves yang dibawa oleh Brasil untuk tampil di Qatar berusia 39 tahun.

Beragam pengalaman serta raihan prestasi yang telah diraihnya, membuat Alves sulit untuk tidak disertakan dalam Piala Dunia kali ini.

Di Piala Dunia 2022 ini, Alves akan memecahkan rekor sebagai pemain tertua di Timnas Brasil, di mana rekor sebelumnya dipegang oleh Djamal Santos di Piala Dunia 1966 dengan usia 37 tahun.

Selain karena rekor tersebut, bek sayap ini juga akan tampil habis-habisan mengingat dirinya batal tampil di Piala Dunia 2018 lantaran cedera lutut.

Besar kemungkinan kalau Dani Alves tidak akan lagi dipanggil ke timnas Brasil untuk Piala Dunia selanjutnya pada 2026 mendatang di Amerika Serikat. 

Baca Juga

Luis Suarez

Selanjutnya ada penyerang andalan timnas Uruguay, Luis Suarez. Namanya tentu sangat diingat oleh publik sebagai salah satu striker tertajam di Eropa.

Performa terbaiknya saat ia memperkuat Liverpool dan Barcelona, tetapi yang paling sukses ketika ia bermain untuk Blaugrana.

Baca Juga

Membuat trio menakutkan bareng Lionel Messi dan Neymar, Luis Suarez cs mempersembahkan treble winner untuk Barcelona.

Meskipun sudah berusia 35 tahun, Suarez tetap tidak lupa caranya mencetak gol.

Musim ini Suarez masih mampu mencetak enam gol dan keluar sebagai top skor Nacional di Liga Uruguay.

Meski di level klub masih bisa bermain, namun masa-masa pensiunnya tampaknya sudah di depan mata, lantaran saat ini ia berstatus sebagai pemain tanpa klub.

Baca Juga

2. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo, pemain Manchester United. Foto: REUTERS/Peter Powell

Sebelum turnamen Piala Dunia 2022 digelar, Cristiano Ronaldo membuat pernyataan mengejutkan dengan mengatakan siap pensiun dari sepak bola internasional, usai gelaran empat tahunan ini.

Hal itu ia ungkap saat melakukan Ronaldo melakukan wawancara dengan Piers Morgan beberapa waktu lalu. 

Kapten timnas Portugal itu memastikan akan pensiun usai bermain di Piala Dunia 2022 dan membawa Portugal menjadi juara.

"Ya, pensiun. 100 persen," ucap Ronaldo kepada Piers Morgan.

Saat ini, Cristiano Ronaldo berusia 37 tahun, dan dia sudah melewati empat edisi Piala Dunia yakni tahun 2006, 2010, 2014 dan 2018. 

Baca Juga

Pada level individu, capaian Ronaldo juga sangat luar biasa. Saat ini, Ronaldo tercatat sebagai top skor sepanjang masa Portugal. 

Bukan hanya itu, Ronaldo juga menjadi pemain dengan gol paling banyak pada laga internasional di dunia.

Baca Juga

Piala Dunia memang jadi target utama Cristiano Ronaldo, setelah ia sudah memberikan dua gelar prestisius lain untuk Portugal yakni Euro 2016 dan UEFA Nations League 2019.

"Ini mungkin Piala Dunia terakhir saya, tentu saja, Piala Dunia kelima saya. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi setelah Piala Dunia," tegas eks pemain Sporting CP tersebut.

Baca Juga

Pepe

Selanjutnya ada bek Portugal, Pepe. Mantan pemain Real Madrid itu saat ini berusia 39 tahun, dan kemungkinan ini jadi Piala Dunia terakhirnya sebagai pemain profesional.

Ia bisa memutuskan untuk undur diri dari dunia sepak bola internasional demi bisa memberikan kesempatan untuk para bek muda Portugal, yang mulai bermunculan saat ini.

Pepe menjadi bagian dari Timnas Portugal yang menjuarai Euro 2016 dan UEFA Nations League 2019. Menjuarai Piala Dunia akan menjadi pemanis yang memang melengkapi kariernya yang cemerlang.

Eiji Kawashima

Eiji Kawashima masih memegang jabatan sebagai kiper utama Jepang dalam 12 tahun terakhir. Performa apiknya memang tidak menurun meski usianya nyaris 40 tahun.

Di Piala Dunia 2018 lalu, Kawashima menjadi pemain tertua di Timnas Jepang. Kini di Piala Dunia 2022, dia akan memecahkan rekor atas namanya sendiri.

Cristiano RonaldoDani AlvesLuis SuarezPiala DuniaPepeEiji KawashimaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini