x

Starting XI Terbaik untuk Jerman di Piala Dunia 2022, Jaminan Juara?

Jumat, 18 November 2022 15:01 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Tim Nasional Jerman ketika menjalani pertandingan UEFA Nations League melawan Hungaria di Red Bull Arena, Leipzig. REUTERS/Annegret Hilse

INDOSPORT.COM - Jerman adalah salah satu negara tersukses di sepanjang sejarah Piala Dunia. Maka dari itu, mereka ingin melanjutkan tradisi ini pada edisi 2022 kali ini.

Dalam turnamen akbar empat tahunan ini, Timnas Jerman telah sukses menjuarai Piala Dunia sebanyak empat kali, yakni di tahun 1954, 1974, 1990, dan 2014.

Baca Juga

Prestasi ini menjadikan Jerman sebagai negara kedua tersukses yang meraih trofi Piala Dunia terbanyak. Jerman hanya kalah satu trofi dari Brasil di peringkat teratas.

Untuk mengejar ketertinggalan ini, Jerman tentu akan berjuang keras demi menyamakan torehan Brasil tersebut.

Namun, perjalanan yang dilalui tentu tidak mudah. Selain sudah ganti pelatih, beberapa pemain inti Der Panzer tidak akan bermain di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Mulai dari faktor cedera, usia, hingga pensiun membuat sejumlah pemain inti Jerman tidak akan membela negaranya di Qatar kali ini.

Meski begitu, Hansi Flick selaku pelatih baru Timnas Jerman, sudah mengumumkan ke-26 pemain yang dibawanya ke Qatar untuk Piala Dunia 2022 ini.

Dari ke-26 pemain tersebut, terdapat 11 pemain inti yang akan bermain sebagai starter atau pemain utama dalam skuad.

Baca Juga

Berikut starting XI terbaik untuk Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 ini.

Kiper - Manuel Neuer

Nama besar Manuel Neuer jelas tidak tergantikan di skuad utama Timnas Jerman. Ketangguhannya dalam menjaga gawang sudah terbukti sejak lama.

Selain tangguh menjaga 'kesucian' gawangnya, Neuer juga dikenal sebagai kiper yang berani memainkan bola, menggocek, hingga maju ke daerah pertahanan lawan.


1. Bek kanan - Lukas Klostermann

Timnas Jerman, peserta Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Heiko Becker)

Lukas Klostermann akan mengisi posisi sebagai bek kiri. Dia baru saja pulih dari cedera yang dialami.

Bek kiri RB Leipzig ini sudah bermain untuk Jerman dalam kemenangan 1-0 atas Oman pada 16 November kemarin.

Baca Juga

Bek tengah - Antonio Rudiger & Nico Schlotterbeck

Antonio Rudiger dipercaya untuk membantu Neuer meredam serangan lawan. Bek Real Madrid ini memiliki kecepatan dan agresi di dalam lapangan.

Sedangkan, Nico Schlotterbeck akan jadi rekan duetnya di posisi bek tengah sebelah kiri karena dia adalah pengguna kaki kiri.

Baca Juga

Bek kiri - David Raum 

David Raum telah menjalani peran sebagai starter reguler di posisi bek kiri, baik untuk RB Leipzig maupun di Timnas Jerman.

Baca Juga

Gelandang bertahan - Ilkay Gundogan & Josua Kimmich 

Ilkay Gundogang dan Josua Kimmich tentu menjadi pilihan utama di posisi ini karena kualitas yang dimiliki. Selain bertahan, keduanya juga kerap mencetak gol untuk timnya.


2. Sayap kanan - Serge Gnabry

Selebrasi Serge Gnabry usai mencetak gol untuk Jerman dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Rumania, Jumat (8/10/21).

Di posisi sayap kanan dipercayakan kepada Serge Gnabry. Winger Bayern Munchen ini memiliki kecepatan dan kekuatan tembakan yang mengerikan.

Gelandang serang - Thomas Muller 

Selama bertahun-tahun, Thomas Muller telah menjadi andalan di Bayern Munchen dan Timnas Jerman sebagai gelandang serang.

Baca Juga

Muller adalah seorang playmaker cerdas. Meski tidak ahli dalam menggocek, tetapi dia pintar mencari positioning yang pas untuk mencetak gol ataupun memberi umpan.

Sayap kiri - Leroy Sane 

Selain Gnabry, Timnas Jerman juga akan diperkuat oleh Leroy Sane di posisi sayap kiri. Sane memiliki kecepatan yang bisa diandalkan.

Selain faktor kecepatan, winger Bayern Munchen ini sanggup mencetak gol dan melakukan umpan silang yang baik.

Baca Juga

Striker - Kai Havertz 

Kai Havertz telah menunjukkan kemampuannya sebagai striker tunggal dan hal ini akan terus berlanjut di Piala Dunia 2022 ini.

Formasi: 4-2-3-1

JermanPiala Dunia 2022TRIVIATrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini