x

Tak Masuk Timnas Argentina di Piala Dunia 2022, Menakar Potensi Alejandro Garnacho Gabung Spanyol

Sabtu, 19 November 2022 20:24 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Winger Manchester United, Alejandro Garnacho, melakukan selebrasi gol saat timnya mengalahkan Fulham pada pertandingan Liga Inggris, di Craven Cottage, London. REUTERS/Andrew Boyers

INDOSPORT.COM -  Pemain muda Man United, Alejandro Garnacho berpotensi pindah ke timnas Spanyol usai tak dipanggil timnas Argentina ke Piala Dunia 2022.

Pemain muda Manchester United, Alejandro Garnacho belakangan mengeluarkan pernyataan kontroversial usai tak dipanggil timnas Argentina ke Piala Dunia 2022.

Padahal, pemain muda yang satu ini belakangan kerap menjadi pilar Manchester United, di tengah posisi sayap yang kurang pemain.

Namun demikian, Garnacho mampu menunjukkan diri sebagai salah satu pemain hebat The Red Devils, dengan satu gelar Player of the Month.

Kondisi ini membuat Alejandro Garnacho harusnya dipanggil oleh timnas Argentina ke Piala Dunia 2022 dan masuk dalam tim asuhan Lionel Scaloni.

Baca Juga

Beberapa nama pemain muda justru masuk, seperti Thiago Almada yang belakangan dipanggil menggantikan penyerang Inter Milan, Joaquin Correa.

Melihat kondisi ini, Alejandro Garnacho kemudian membuat komentar miring di akun Twitternya beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Melansir Mirror, Garnacho sempat menyukai salah satu kicauan di Twitter yang menyebutkan bahwa pemain yang satu ini tak dipanggil karena merupakan orang Spanyol.

Tentu saja, ini menunjukkan bahwa Garnacho yang lahir di Madrid, Spanyol masih kesal dengan tak dipanggil ke timnas Argentina dan mungkin saja berharap dipanggil ke timnas Spanyol.

Berikut analisis kemungkinan Alejandro Garnacho pindah ke timnas Spanyol lantaran tak dipanggil timnas Argentina ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Prakiraan Posisi Jika Bermain Bersama Timnas Spanyol.

Cristiano Ronaldo dan Alejandro Garnacho di laga Liga Europa Manchester United vs Sheriff Tiraspol. Foto: REUTERS/Craig Brough.

Jika Alejandro Garnacho membela timnas Spanyol, tentu saja ada posisi khusus yang akan diberikan oleh sang pelatih, Luis Enrique,

Garnacho selama ini bermain sebagai sayap kiri dengan kemampuan giringan bola yang baik dan kemampuan untuk menusuk ke pertahanan lawan.

Kondisi inilah yang membuat timnas Spanyol tampil baik, meskipun sudah dibanjiri talenta-talenta hebat di posisi sayap kiri.

Beberapa pemain, seperti Ansu Fati dan Nico Williams sudah dipanggil oleh pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique ke dalam tim, sehingga tempat Garnacho bisa saja hilang.

Tentu saja posisi sayap kiri bisa ditempati oleh Garnacho dengan syarat mau bersaing dengan talenta yang jauh lebih muda.

Baca Juga

Pemain 18 tahun ini bisa saja mendapatkan posisi yang lebih baik jika bisa mengembangkan permainan dan posisinya di Manchester United.

Salah satunya dengan kemampuan memainkan peran sebagai sayap kanan, yang memang dibutuhkan oleh Manchester United, meskipun sudah ada pemain timnas Brasil, Antony di sana.

Baca Juga

Hal ini akan mengembangkan permainan Garnacho yang sebelumnya hanya mahir di satu posisi, tetapi bisa versatile dengan menjadi inverted winger.

Kondisi ini akan membuat timnas Argentina memanggilnya ke dalam tim, mengingat kemampuan untuk bermain di lebih dari satu posisi.

Tentu saja peluang Alejandro Garnacho dalam timnas Argentina akan membaik, seiring dengan pensiunnya beberapa bintang, seperti Angel Di Maria dan Lionel Messi.

Baca Juga

2. Alejandro Garnacho Tak Mungkin Dipanggil Timnas Spanyol

Pemain muda Manchester United, Alejandro Garnacho.

Melihat kondisi caps di timnas Argentina, yaitu lima laga dengan empat gol, Alejandro Garnacho tentu tak mungkin dipanggil ke timnas Spanyol.

Pasalnya, caps inilah yang akan jadi penghalang Garnacho bergabung membela La Furia Roja, meskipun untuk pindah kewarganegaraan sebenarnya bisa saja terjadi.

Ada satu pemain yang nyaris saja pindah untuk membela tim nasional lain, seperti Callum Hudson-Odoi yang sempat ditawari untuk membela timnas Ghana, karena tak lagi mendapat kesempatan di timnas Inggris.

Namun demikian, Hudson-Odoi kemudian menolak untuk membela The Black Stars di Piala Dunia 2022, sehingga akan tetap menjadi pemain timnas Inggris.

Untuk Alejandro Garnacho, timnas Argentina kemungkinan akan jadi tujuan utama, mengingat tidak bisa untuk bermain di timnas Spanyol.

Baca Juga

Lantaran usianya yang baru 18 tahun, Garnacho akan berusia lebih matang ketika Argentina bermain di Piala Dunia 2026 yang digelar di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Namun demikian, pemain yang satu ini harus lebih dulu memperbaiki kariernya bersama Manchester United untuk mendapatkan performa yang stabil di level klub.

Baca Juga

Selain itu, Garnacho sebenarnya baru mencetak 5 kali penampilan bersama The Red Devils, sehingga perlu berusaha tampil secara reguler.

Hal inilah yang mungkin membuat pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni ragu dengan kemampuan Garnacho dan memilih Thiago Almada, serta Angel Correa.

Tentu saja, Piala Dunia 2026 akan jadi ajang yang pas untuk Alejandro Garnacho unjuk gigi bersama dengan tim nasional Argentina.

Baca Juga
SpanyolArgentinaPiala Dunia 2022Alejandro Garnacho FerreyraTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini