x

Wow, FIFA Buka Peluang Korea Utara Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Senin, 21 November 2022 03:43 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Secara mengejutkan, Presiden FIFA Gianni Infantino membuka peluang untuk menjadikan Korea Utara sebagai tuan rumah Piala Dunia di tahun mendatang.

INDOSPORT.COM – Secara mengejutkan, Presiden FIFA Gianni Infantino membuka peluang untuk menjadikan Korea Utara sebagai tuan rumah Piala Dunia di tahun mendatang.

Gagasan tersebut disampaikan oleh Gianni Infantino tepat satu hari menjelang pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Melansir Express, Presiden FIFA itu mengungkapkan jika ia pernah mencoba meyakinkan Korea Utara untuk menggelar Piala Dunia Wanita bersama Korea Selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Gianni Infantino ketika membahas topik-topik menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pria 52 tahun asal Swiss itu menyoroti isu-isu hak asasi manusia seperti, LGBT yang membuat pelaksanaan Piala Dunia di Qatar menuai kritik.

Baca Juga

Dibalut dengan setengah bercanda, Presiden FIFA itu menyarankan bahwa turnamen Piala Dunia berikutnya bisa diadakan di Korea Utara.

Infantino mengungkapkan bahwa pelaksanaan turnamen Piala Dunia di Korea Selatan sejatinya bukanlah sebuah hal yang mustahil.

Baca Juga

Pasalnya, ketika Presiden FIFA itu melakukan kunjungan ke sejumlah negara, ternyata ia turut mendatangi Korea Selatan.

Hal menarik dari konferensi pers yang dilakukannya itu, menyebutkan bahwa ia ingin membuka peluang bagi Korea Utara dan Korea Selatan untuk ‘patungan’ demi menggelar Piala Dunia.

Tentu pembicaraan tersebut telah mengejutkan berbagai pihak, mengingat bagaimana Korea Utara dipandang sebagai negara paling tertutup di dunia.

Baca Juga

1. Kunjungan Presiden FIFA ke Korea Utara

Presiden FIFA Gianni Infantino

Masih melansir Express, gagasan untuk menjadikan Korea Utara sebagai tuan rumah Piala Dunia berikutnya menjadi konferensi yang begitu mencolok.

Dalam gagasan tersebut, Gianni Infantino turut mengajak Korea Utara untuk bekerja bersama Korea Selatan. Padahal, belakangan ini hubungan kedua negara itu mengalami ketegangan yang terus meningkat.

Selama lebih dari 70 tahun sejak kedua negara itu berpisah, hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan tak kunjung membaik.

Kedua pemerintahan negara tersebut terus berselisih untuk mendapatkan klaim penguasa sah atas Semenanjung Korea.

Baca Juga

Hanya saja, masih belum diketahui gagasan apa yang membuat Gianni Infantino ingin menggelar Piala Dunia di Korea Utara.

“Saya benar-benar pergi ke Korea Utara beberapa tahun lalu untuk membahas kemungkinan menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita bersama Korea Selatan,” ungkap Gianni Infantino dikutip dari Express.

“Saya tidak berhasil, jelas,” sambungnya dengan cepat.

Baca Juga

Diperkirakan jika keinginan Presiden FIFA untuk menjadikan Korea Utara sebagai tuan rumah Piala Dunia karena Jepang dan Korea Selatan pernah melakukan itu.

Selain itu, gagasan untuk menggelar Piala Dunia di luar Eropa juga sebagai kritikan dari Infantino atas sikap dari media Eropa terkait masalah politik, sosial, dan penjualan alkohol di Qatar.

Baca Juga

Sumber: Express

Korea UtaraPiala Dunia 2022Gianni InfantinoUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini