x

Profil Pemain Garuda Select 5: Andre Pangestu, Bek Jangkung Kebanggaan Bali United

Selasa, 22 November 2022 11:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut adalah profil pemain Garuda Select 5, Mohamad Andre Pangestu, bek jangkung kebangaan Bali, jebolan Bali United U-16 dan Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 5, Mohamad Andre Pangestu, bek jangkung kebangaan Bali.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program kerja sama PSSI dan Mola TV untuk mengirimkan sejumlah pemain muda berbakat untuk dilatih di Inggris.

Program pelatihan ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dan kini telah memasuki musim kelima, di mana para pemain baru saja tiba di Inggris pada Senin (21/11/22) kemarin.

Salah satu pemain yang sudah bergabung dengan skuat Garuda Select 5 ialah Andre Pangestu yang berposisi sebagai bek kiri.

Berikut sekilas profil tentang M. Andre Pangestu, bek kebanggaan Bali United.

Baca Juga

Mohammad Andre Pangestu adalah pesepak bola kelahiran 22 Januari 2006. Ia dibesarkan oleh tim SSB Putra Dewata Bali.

Meski tergolong masih muda, 16 tahun, namun Andre sudah memiliki tinggi yang menjulang, yakni 178 cm, cocok dengan kriteria bek idaman para pelatih modern.

Baca Juga

Andre pernah mewakili Bali di ajang Danone Nation Cup dan Piala Menpora U-13. Untuk level internasional, pemain yang piawai di posisi bek itu juga pernah meraih prestasi.

Andre dinobatkan sebagai bek terbaik dalam turnamen internasional Badung IFC U-13 2019, mewakili SSB Putra Dewata Bali.

Kala itu, Andre turun di lima pertandingan. Meski berposisi sebagai wingback, ia bisa berkontribusi memberikan dua assist.

Baca Juga

1. Andre Pangestu Bawa Timnas U-16 Juara Piala AFF U-16

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Vietnam dan Juara Piala AFF U-16 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Pada tahun 2020, Andre Pangestu adalah salah satu pemain paling muda yang lolos seleksi awal penerimaan murid baru di SKO Ragunan, meski ia tidak lolos seleksi akhir.

Dengan sederet prestasinya tersebut, M. Andre Pangestu tentu saja langsung direkrut oleh Akademi Bali United untuk mengikuti Elite Pro Academy Liga 1 U-16.

Kokohnya pertahanan dari Andre Pangestu mengantarkan Bali United ke babak delapan besar Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2021.

Tak butuh waktu lama bagi Andre, ia pun dipanggil ke Timnas Indonesia U-16 besutan Bima Sakti. Ia menjadi bagian dari Timnas U-16 yang juara Piala AFF U-16 2022 lalu.

Kala itu, Andre menjalani debutnya bersama Timnas U-16, saat menghadapi Singapura, dan akhirnya Garuda Muda menang 9-0.

Baca Juga

Perjalanan Andre pun berlanjut ke Timnas Indonesia U-17, dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 lalu. Ia debut saat Garuda Muda menghadapi Timnas Palestina.

Hasilnya, Andre Pangestu Cs berhasil menaklukkan Palestina dengan skor 2-0. Sayangnya, Indonesia U-17 tidak lolos ke Piala Asia U-17 2023 dan perjalanan Andre Pangestu bersama Timnas pun juga tuntas.

Baca Juga

Meski demikian, potensi Andre Pangestu sudah ditandai oleh pelatih Garuda Select asal Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.

Ia masuk sebagai salah satu pemain muda dari Indonesia yang akan menjalani latihan di Loughborough, Inggris, bersama dengan para pemain muda asal Afrika dan Italia.

Biasanya pelatih akan menempatkan pemain Italia yang jangkung untuk menjadi bek Garuda Select. Apakah Andre Pangestu bisa bersaing mendapatkan tempat utama?

Baca Juga
Timnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaProfil Atlet dan FotoBali UnitedBali United FCProfil Atlet MudaprofilGaruda SelectBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini