x

Bos Bali United Tawarkan Fasilitas Pemusatan Latihan untuk Timnas Indonesia

Selasa, 15 November 2022 15:49 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, membeberkan tawaran Bali United agar fasilitas klub bisa digunakan untuk training center (TC) Timnas Indonesia. Bali United punya dua venue yang representatif.

Tawaran itu datang dari pemilik saham terbesar Bali United, Pieter Tanuri. Keduanya bertemu saat Mochamad Iriawan berada di Bali menjamu presiden FIFA, Gianni Infantino, yang menghadiri KTT G20 2022.

Selama berada di Bali, Iwan Bule, sapaan akrabnya, diajak Pieter Tanuri untuk mengunjungi pusat latihan Bali United di sekitar Pantai Purnama, Gianyar.

Saat ini, pembangunan dari pusat latihan itu terus berjalan. Ada dua lapangan yang sudah siap dipakai dan satu lapangan lagi sedang ada pengerjaan tribun kecil.

Selain mengunjungi pusat latihan Bali United, Pieter Tanuri turut mengajak Iwan Bule ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Dua fasilitas ini yang ditawarkan Bali United agar dipakai TC Timnas Indonesia.

Baca Juga

Rencananya, tim senior segera dikumpulkan untuk persiapan menuju Piala AFF 2022. Ajang dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

"Ini akan jadi pertimbangan kami untuk didiskusikan di PSSI, berkaitan dengan adanya TC timnas senior yang akan main di Piala AFF. Kita akan sampaikan ke tim untuk kembali meninjau, termasuk lapangan Wayan Dipta," kata Iwan Bule, Selasa (15/11/22).

Baca Juga

Iwan Bule akan berkoordinasi dengan bagian Timnas Indonesia yang kini sedang ada di Turki bersama tim U-20. Jika semua deal, maka Ricky Kambuaya dkk. akan berlatih di Bali.

"Terima kasih untuk pak Pieter sudah menawarkan untuk bisa latihan di sini. Tentunya ini jadi catatan buat kami, akan kami instruksikan dengan direktur teknik, bagian hospitality dan pelatih Shin Tae-yong," tutur Iwan Bule.

Dalam kunjungannya ke fasilitas milik Bali United, Iwan Bule terkesima dengan kualitas dan situasi di sekitarnya. Jangankan Timnas Indonesia, klub-klub luar negeri juga pasti akan tertarik berlatih di Bali.

"Saya yakin nanti akan banyak dipakai klub klub dari luar untuk bisa dipakai di sini, karena orang ke Bali itu senang sekali, hampir semua orang ingin ke bali, apalagi sekarang ada tempat untuk berlatih sepak bola," papar Iwan Bule.

Baca Juga

1. Kelebihan Pantai Purnama

Latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Iwan Bule kemudian berbicara mengenai kelebihan dari pusat latihan di Pantai Purnama. Di lokasi ini, ada tiga lapangan berjejeran yang punya kualitas sama baiknya.

Tak kalah penting, para pemain juga akan dimanjakan dengan view dari pusat latihan Bali United. Lokasi dari pusat latihan ini berada tepat di sekitaran Pantai Purnama.

"Ini hari kedua saya di Bali. Kita melihat beberapa fasilitas yang ada di Bali, yang secara spektakuler ada lonjakan luar biasa. Dari yang sebelumnya tidak ada apa-apa di Pantai Purnama, sekarang saya lihat sendiri sangat bagus tempat latihannya," ungkap Iwan Bule.

Iwan Bule pun memuji keseriusan Pieter Tanuri sebagai pendiri dari tim Bali United. Dalam waktu yang singkat, Bali United menjelma sebagai tim profesional di Indonesia.

"Saya berharap pemilik lapangan ini, pak Pieter, sahabat saya, terus merintis pembuatan infrastruktur lapangan yang bisa dibanggakan di regional, nasional dan internasional," ucap Iwan Bule.

Baca Juga

Belum ke Purnama

Dua lapangan yang sudah jadi di pantai Purnama baru digunakan untuk tim Elite Pro Academy (EPA) Bali United. Secara bergantian tim dari kelompok U-16, U-18 dan U-20 bergantian latihan di tempat tersebut.

Tim senior Bali United sendiri belum secara rutin menggunakan pusat latihan di Pantai Purnama. Fadil Sausu dkk. masih berlatih di dua lapangan kawasan Legian, Kuta.

Baca Juga

Kebetulan, Lapangan Trisakti dan Lapangan Samudra memiliki fasilitas tak kalah bagus. Dua lapangan ini sudah dibenahi Kementerian PUPR untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Bali United baru akan bergeser ke Pantai Purnama ketika fasilitas pendukung, seperti ruang ganti sudah bisa digunakan. Rencananya, ruangan ini akan berada di bawah tribun lapangan utama.

Dalam jangka panjang, mes dan kantor manajemen tim Bali United juga akan dipindah ke pusat latihan Pantai Purnama.

Baca Juga
PSSITimnas IndonesiaPiala AFFBali UnitedLiga IndonesiaPieter TanuriIwan BulePiala AFF 2022

Berita Terkini