x

5 Kekalahan Memalukan Timnas Unggulan di Piala Dunia, Terbaru Lionel Messi Cs Jadi Korban

Rabu, 23 November 2022 18:47 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Reaksi Lionel Messi usai timnya kalah atas Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

INDOSPORT.COM - Berikut lima kekalahan mengejutkan tim nasional unggulan dalam sejarah Piala Dunia, di mana terbaru ada Argentina yang dipermalukan Arab Saudi.

Argentina yang diperkuat Lionel Messi baru saja dihajar Arab Saudi dalam laga perdana Grup C Piala Dunia 2022 pada Selasa (22/11/22) malam WIB.

Bermain di Lusail Stadium, Doha, Qatar, Arab Saudi sukses meraih kemenangan bersejarah atas Argentina dengan skor 2-1. Padahal, Lionel Messi sempat membawa Tim Tango unggul di menit ke-10 lewat titik penalti.

Namun, usaha keras tiim berjulukan Green Falcons membuahkan hasil dengan berhasil membobol gawang Argentina sebanyak dua kali di menit ke-48 dan 53.

Arab Saudi melakukan comeback berkat gol dari Saleh Al-Shehri dan tembakan indah, Salem Al-Dawsari. Kekalahan ini sangat menyakitkan bagi Argentina.

Baca Juga

Apalagi Tim Tango yang diperkuat sejumlah bintang seperti Lionel Messi, Angel Di Maria hingga Julian Alvares merupakan negara favorit juara Piala Dunia 2022.

Pada edisi kali ini di Qatar, Lionel Messi berhasrat ingin membawa Argentina meraih juara. Hal tersebut karena dirinya sudah memutuskan untuk pensiun dari tim nasional setelah Piala Dunia selesai.

Baca Juga

Sebelum kekalahan memalukan Argentina di edisi 2022, ada tim nasional yang difavoritkan meraih juara Piala Dunia juga pernah mengalami hal serupa. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Jerman 0-2 Korea Selatan (Piala Dunia 2018)

Para pemain Jerman tertunduk lesu usai kalah dari Korea Selatan.

Seelum Argentina, Jerman pernah mengalami kekalahan memalukan. Momen ini terjadi saat Thomas Muller dkk menghadapi Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Saat itu, Jerman wajib meraih kemenangan di laga terakhir Grup F demi mendapatkan jatah tiket lolos ke babak 16 besar. Namun kejutan terjadi karena Korea Selatan justru bisa bermain cantik.

Strategi dari Shin Tae-yong membuat Jerman tidak mampu membobol gawang Korea Selatan. Hingga akhinrya gol dari Kim Young-gwon dan Son Heung-min membuat Jerman kalah dengan skor 0-2.

Meski saat itu Korea Selatan juga gagal lolos ke sistem gugur, namun kemenangan ini membuat seluruh warga negara Korea bergembira.

Baca Juga

Italia 0-1 Kosta Rika (Piala Dunia 2014)

Sebelum Jerman, ada Italia yang difavoritkan juara pada Piala Dunia 2014 malah mengalami kekalahan menyakitkan dari Kosta Rica.

Baca Juga

Mereka sempat menang 2-1 atas Inggris di matchday pertama Grup C Piala Dunia edisi 2014. Akan tetapi, saat laga kedua melawan Kosta Rica, mereka kalah dengan skor 0-1.

Hal itu membuat Italia gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2014 setelah tumbang 0-1 dari Uruguay di laga pamungkas fase grup.

Baca Juga

2. Prancis 0-1 Senegal (Piala Dunia 2002)

Pemain Prancis Lizaazu berebut bola dengan pemain Senegal, Papa Dioup di pertandingan Piala Dunia 2002

Berhasil meraih juara di Piala Dunia 1999, Prancis kembali menjadi favorit pada edisi 2002. Namun, mereka justru terkena kutukan sebagai juara bertahan.

Prancis yang diperkuat Zinedine Zidane dipermalukan Senegal di laga perdana fase  grup. Mereka gagal mencetak satu gol dan akhirnya harus menyerah dengan skor 0-1.

Kekalahan itu benar-benar merusak mental Zidane dan kawan-kawan. Terbukti, Prancis gagal lolos ke 16 besar karena hanya mampu mengoleksi satu poin dari tiga laga fase grup.

Argentina 0-1 Kamerun (Piala Dunia 1990)

Sebelum Italia, kutukan juara bertahan juga pernah menimpa Argentina. Mereka datang ke Piala Dunia 1990 di Italia dengan status juara bertahan.

Namun, Argentina yang saat itu masih diperkuat legenda Diego Maradona justru dibekuk oleh Kamerun dengan skor 0-1 di fase grup.

Meski begitu, Argentina tetap bisa lolos ke 16 besar dengan berstatus sebagai peringkat ketiga terbaik. Mereka juga berhasil lolos ke final meski akhirnya kalah dengan skor 0-1 dari Jerman Barat.

KamerunKosta RikaItaliaPrancisArgentinaJermanLionel MessiPiala DuniaKorea SelatanArab SaudiPiala Dunia 2022SenegalTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini