x

Hampir 40 Tahun, 5 Bek Tengah Uzur Ini Masih Diandalkan Negaranya di Piala Dunia 2022

Rabu, 23 November 2022 16:32 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi gol Thiago Silva di laga Tottenham Hotspur vs Chelsea.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 sudah dimulai di Qatar. Dari 32 negara yang menjadi peserta, terdapat 5 bek tengah yang hampir 40 tahun tapi masih jadi andalan negaranya. 

Tidak hanya negara, tapi para pemain secara individual juga berlomba untuk menjadi yang terbaik di turnamen empat tahunan ini. 

Baca Juga

Ternyata dari sekian banyak pesepakbola yang akan tampil di panggung Piala Dunia pertama di Timur Tengah itu, ada sederet pemain gaek alias tua. 

Jika berbicara di posisi bek tengah, ada sederet bek tengah yang usianya sudah uzur alias hampir 40 tahun. 

Tidak hanya pengalaman dan kematangan dalam bermain, para bek tengah uzur ini juga bisa sekaligus menjadi mentor untuk rekan-rekan setimnya yang lebih muda. 

Baca Juga

Berikut ini bek tengah uzur yang masih diandalkan negaranya di Piala Dunia 2022, rata-rata hampir 40 tahun usianya. 

1. Tim Ream

Tim Ream merupakan bek yang cukup setia bermain di klub Liga Inggris, Fulham. Dia masih menjadi bek yang dipercaya oleh Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 ini. 

Ream juga dipercaya sebagai kapten Fulham karena jasanya membawa klub tersebut promosi ke Liga Inggris musim 2022/2023. 

Baca Juga

Tidak hanya di Fulham, Ream juga masih mendapat kepercayaan untuk membela AS di Piala Dunia 2022 di usianya yang sudah menginjak 35 tahun.

Di level tim nasional, dia sudah mengantongi 46 caps dan menghasilkan 1 gol untuk negara berjuluk Paman Sam di semua turnamen internasional. 


1. Usia 35 Tahun di Piala Dunia 2022

Alexis Sanchez, Eduardo Vargas, Jose Gimenez dan Diego Godin saling merebut bola di laga Copa America dalam fase grup.

2. Jan Vertonghen

Jan Vertonghen merupakan bek uzur asal Belgia yang baru saja ganti klub di musim panas 2022 kemarin. 

Pemain ini kembali ke negaranya untuk gabung dengan klub raksasa Belgia RSC Anderlecht setelah membela beberapa klub top Eropa. 

Baca Juga

Kini dengan usia 35 tahun, ternyata dia masih mampu jadi pemain andalan Anderlecht di barisan pertahanan. 

Dengan fisik masih bugar, kuat dan kemampuan membaca permainan di level tertinggi, membuat Belgia tidak bisa tidak membawanya ke Piala Dunia 2022 Qatar. 

Di Belgia sendiri, Vertonghen sudah memainkan debutnya sejak 2007 silam. Dengan total sudah main 142 kali dan mencetak 9 gol di semua turnamen internasional. 

Baca Juga

3. Diego Godin

Diego Godin merupakan bek gaek yang masih bermain di klub Argentina Club Atletico Velez Sarsfield. Namun sebelumnya, dia dikenal oleh klub-klub top Eropa karena kualitasnya. 

Dengan usia sudah menginjak 35 tahun, dia memang masih belum banyak berkontribusi untuk Atletico Velez Sarsfield, karena sering diterpa cedera kambuhan. 

Meski minim penampilan di musim ini, Godin ternyata masih dipanggil oleh pelatih Uruguay untuk Piala Dunia 2022. 

Baca Juga

Kini, Godin sudah mencatat 159 caps dengan torehan 8 gol untuk Uruguay di semua turnamen. 

Yang tentunya masih bertambah di Piala Dunia 2022 ini. Namun jika jarang dimainkan, dia bisa jadi mentor untuk bek-bek Uruguay yang lebih muda darinya. 


2. Ada yang Hampir 40 Tahun

Pepe Portugal terlihat sedih setelah pertandingan REUTERS-Denis Balibouse

4. Thiago Silva

Thiago Silva merupakan salah satu bek uzur yang sekarang masih berkarir untuk salah satu klub di liga elite Eropa. 

Eks AC Milan ini di musim 2022/2023 masih menjadi pemain andalan di barisan pertahanan Chelsea, padahal usianya sudah 38 tahun. 

Oleh karena itu, wajar jika pelatih Brasil, Titte masih percaya kepada Thiago Silva dan membawanya dalam skuat Piala Dunia 2022. 

Baca Juga

5. Pepe

Pepe dikenal sebagai bek tengah yang galak dan beingas ketika menghadang musuh-musuhnya. Dia kini bermain untuk FC Porto. 

Ternyata di level internasional bersama Portugal, dia masih diandalkan dan bahkan menjadi kapten negaranya bersamaan dengan Cristiano Ronaldo. 

Jadi tidak heran kalau Fernando Santos masih memanggilnya ke skuat Portugal yang akan berusaha melaju sejauh mungkin di Piala Dunia 2022.

Thiago SilvaPepeDiego GodinPiala Dunia 2022Jan Vertonghen

Berita Terkini