x

4 Fakta Menarik Usai Portugal vs Ghana di Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo Buat Rekor Gila!

Jumat, 25 November 2022 08:32 WIB
Editor: Juni Adi
Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo mengukir rekor baru usai mencetak gol ke gawang Ghana di laga pertama Grup H Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

INDOSPORT.COM - Sejumlah fakta menarik lahir dari pertandingan timnas Portugal vs timnas Ghana di Grup H Piala Dunia 2022.

Duel seru tersaji di laga perdana Grup H Piala Dunia 2022, antara Portugal vs Ghana di Stadion 974 (Rass Abou Aboud), Qatar, pada Kamis (25/11/22) malam WIB.

Portugal yang diunggulkan berhasil memetik kemenangan tipis 3-2 atas Ghana. Masing-masing gol Selecao dicetak oleh Cristiano Ronaldo, Joao Felix dan Rafael Leao.

Sedangkan gol balasan Ghana dibuat oleh Andre Ayew dan Osman Bukari. Berkat kemenangan ini, Portugal sementara memuncaki klasemen Grup H Piala Dunia 2022, dengan 3 poin.

Ghana menempati juru kunci dengan nol poin di bawah Korea Selatan yang punya satu poin di posisi kedua dan ketiga.

Baca Juga

Berlangsung dengan temp yang sedang karena kedua tim bermain hati-hati, Portugal tampil lebih sabar dalam membangun serangan.

Begitu juga dengan Ghana yang sedikit bertahan dan mengandalkan serangan balik cepat. Menit ke-10 peluang emas didapat oleh Portugal.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo yang sudah berhadapan dengan kiper, tetapi gagal mencetak gol karena tendangannya mampu dibaca oleh kiper Ghana, Ati-Zigi.

Ronaldo sempat menggetarkan jala gawang Ghana di menit ke-31. Ia memenangkan duel menghadapi Alexander Djiku di kotak penalti. 

Namun wasit menganulirnya karena sudah terjadi pelanggaran terlebih dahulu. Hingga babak pertama usai, skor 0-0 tak berubah.

Baca Juga

Memasuki babak kedua, permainan lebih menarik. Jual beli serangan terjadi hingga akhirnya kebuntuan mulai pecah.

Cristiano Ronaldo lebih dulu membuka gol di menit ke-65 via tendangan penalti. Dua gol selanjutnya dicetak oleh Joao Felix (78’) dan Rafael Leao (80’).

Ghana sendiri berhasil membalas dua gol. Gol pertama disumbangkan oleh Andre Ayew di menit ke-73. Kemudian, gol kedua dicetak oleh Osman Bukari di menit ke-89.

Usai pertandingan Portugal vs Ghana di Grup H Piala Dunia 2022, sejumlah fakta menarik hadir. Di antaranya rekor-rekor yang tercipta, apa saja itu?


1. Cristiano Ronaldo Cetak Rekor Gila

Selebrasi para pemain Portugal atas kemenangan melawan Ghana di laga pembuka Grup H Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Fabrizio Bensch).

Kemenangan Portugal menjadi sejarah bagi Ronaldo. Halaman dalam buku rekornya terus bertambah.

Mencetak gol dalam laga ini, pemilik lima Ballon d'Or itu menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima edisi Piala Dunia.

Pemain yang baru dipecat Manchester United itu sudah membukukan gol di lima edisi Piala Dunia secara beruntun, yakni 2006, 2010, 2014, 2018 dan 2022.

Rekor barunya ini membuktikan bahwa dia masih ganas meski sudah berusia 37 tahun.

Pertandingan Menarik

Duel Portugal melawan Ghana juga memiliki catatan unik.

Ini menjadi pertandingan keempat yang menghadirkan lima gol usai bermain imbang dengan skor 0-0 di babak pertama Piala Dunia.

Sebelumnya, ada duel Polandia versus Peru (1982), Belanda kontra Brasil (1994), dan Belgia melawan Jepang (2018).
 


2. Diwarnai Blunder

Selebrasi pemain Timnas Portugal usai Cristiano Ronaldo mencetak gol pembuka ke gawang Ghana dalam laga pertama Grup H Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Albert Gea).

Catatan unik lainnya adalah blunder fatal yang dilakukan kiper Portugal, Diogo Costa. Itu yang membuat kemenangan Portugal begitu dramatis.

Kiper Porto itu awalnya berusaha mengulur-ngulur waktu dengan menjatuhkan bola yang sebelumnya sudah ditangkap. Dia mencoba menahan bola selama mungkin sebelum menendang atau mengopernya kepada teman.

Namun, dia tak melihat ada salah satu pemain Ghana di belakangnya. Saat bola dijatuhkan Diogo Costa, Inaki Williams dari belakang mampu mencurinya.

Beruntung, Ruben Dias sigap untuk merebut bola untuk dibuang, sehingga kesalahan tersebut bisa teratasi.

Wonderkid Timnas Portugal Tebar Pesona

Per Opta, Joao Felix (23 tahun 13 hari) dan Rafael Leao (23 tahun 167 hari) sukses meletakkan namanya dalam buku rekor.

Keduanya berada di posisi ketiga dan keempat sebagai pemain termuda yang berhasil mencetak gol bagi A Selecao di Piala Dunia.

Felix dan Leao hanya kalah dari Cristiano Ronaldo dan Antonio Simoens yang mampu mencetak gol debutnya di Piala Dunia dengan usia lebih muda.
 
 

Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini