x

Inggris vs Amerika Serikat: 2 Momen Paman Sam Menjinakkan The Three Lions di Pentas Piala Dunia

Jumat, 25 November 2022 16:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Prediksi pertandingan antara Inggris vs Amerika Serikat (Piala Dunia Qatar 2022).

INDOSPORT.COM – Mengenang dua momen Amerika Serikat menjinakkan Inggris jelang pertemuan kedua tim di ajang Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 Matchday ke-2 fase grup akan kembali berlanjut, di mana salah satunya akan ada duel panas antara Inggris vs Amerika Serikat, Sabtu (26/11/22) dinihari WIB.

Pertemuan ini terbilang Big Match, mengingat baik Inggris dan Amerika Serikat sama-sama berstatus tim kuat di grup B.

Bahkan baik Inggris dan Amerika Serikat sama-sama diprediksi akan lolos dari grup B Piala Dunia 2022 melewati Wales dan Iran.

Tak ayal, duel ini pun begitu dinantikan. Selain karena status keduanya, juga dikarenakan deretan bintang yang membela kedua tim.

Baca Juga

Jika melihat kekuatan kedua tim, Inggris tentu akan diunggulkan untuk menang atas Amerika Serikat. Apalagi The Three Lions baru saja menggulung Iran dengan skor 6-2.

Lain halnya dengan Inggris, Amerika Serikat malah kesusahan di awal-awal kampanyenya di Piala Dunia 2022, dengan bermain imbang 1-1 kontra Wales.

Baca Juga

Hasil yang didapat kedua tim itu juga dibarengi fakta bahwa materi pemain Inggris lebih mentereng ketimbang Amerika Serikat.

Dibanding Amerika Serikat, Inggris punya materi pemain kelas wahid di setiap lini yang bermain di tim-tim besar dan ternama Eropa.

Meski kalah dari performa dan materi pemain, Amerika Serikat punya momen-momen apik dengan menjinakkan Inggris di pentas Piala Dunia. Bagaimana kisahnya?

Baca Juga

1. 1. Piala Dunia 1950

Profil Timnas Amerika Serikat Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Instagram@usmnt)

Momen pertama Amerika Serikat menjinakkan The Three Lions, julukan Inggris, terjadi pada Piala Dunia 1950 silam yang digelar di Brasil.

Di Piala Dunia 1950, Amerika Serikat untuk pertama kalinya bertemu dengan Inggris di kancah sepak bola. Saat itu, negeri Paman Sam bukanlah negara yang diperhitungkan di sepak bola.

Maklum saja, sepak bola bukanlah olahraga favorit di Amerika Serikat. Sehingga tak banyak atlet atau pemain yang dimiliki Paman Sam.

Bahkan di Piala Dunia 1950, Amerika Serikat diketahui datang ke Piala Dunia dengan komposisi pemain amatir dan semi-amatir.

Hal ini berbeda dengan Inggris, Chile, dan Spanyol, tiga tim yang berada dalam satu grup dengan Amerika Serikat dan punya materi pemain profesional.

Baca Juga

Datang dengan pemain amatir dan semi-amatir, Amerika Serikat mampu membuat kejutan di babak grup, salah satunya saat mengalahkan Inggris.

Hal tersebut terjadi pada 29 Juni 1950 di Matchday ke-2 fase grup Piala Dunia 1950. Saat itu, Amerika Serikat mampu menjinakkan Inggris dengan skor 1-0.

Baca Juga

Adapun gol kemenangan Amerika Serikat atas Inggris saat itu dicetak oleh Joseph Gaetjens yang merupakan imigran dari Haiti.

Kemenangan mengejutkan atas Inggris itu membuat Amerika Serikat berpeluang lolos ke babak selanjutnya. Sayang di laga pamungkas, Paman Sam tumbang 2-5 dair Chile.

Alhasil, Amerika Serikat terhenti di fase grup, menemani Inggris yang juga gagal ke babak selanjutnya usai takluk dari Paman Sam dan Spanyol.

Baca Juga

2. 2. Piala Dunia 2010

Profil Timnas Inggris Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Reuters/Carl Recine)

60 tahun berselang, Amerika Serikat dan Inggris kembali bersua di Piala Dunia. Kali ini keduanya bertemu di Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan.

Pertemuan keduanya terjadi di fase grup. Saat itu, Amerika Serikat dan Inggris tergabung di grup C bersama dengan Slovenia dan Aljazair.

Saat itu, Inggris dijagokan akan lolos dari fase grup sebagai pemuncak klasemen. Pasalnya, The Three Lions dihuni pemain-pemain hebat seperti Steven Gerrard, Frank Lampard, Wayne Rooney, dll.

Sedangkan Amerika Serikat sudah jauh berbeda ketimbang Piala Dunia 1950. Para pemain Paman Sam mulai banyak yang berkarier di level teratas.

Usai tergabung di grup yang sama, Amerika Serikat dan Inggris pun langsung bertemu di laga pertama grup C, tepatnya pada 12 Juni 2010.

Baca Juga

Di laga tersebut, Inggris di ambang membalaskan dendamnya 60 tahun silam saat Steven Gerrard mencetak gol di menit ke-4 pertandingan.

Namun keunggulan ini tak lama bertahan, setelah Amerika Serikat menyamakan kedudukan lewat pemainnya yang berkiprah di Inggris kala itu, Clint Dempsey di menit ke-40.

Baca Juga

Skor 1-1 pun bertahan hingga pertandingan usai. Untuk kedua kalinya, Amerika Serikat berhasil menjinakkan The Three Lions.

Uniknya, Amerika Serikat dan Inggris mendapati hasil yang sama di dua laga lanjutan grup C, yakni satu imbang dan satu kemenangan.

Tapi nasib berpihak ke Amerika Serikat yang berhasil finis sebagai pemuncak klasemen grup C  di atas Inggris karena unggul jumlah gol yang dicetak di fase grup Piala Dunia 2010.

Baca Juga
Amerika SerikatPiala DuniaPiala Dunia 2022Timnas InggrisTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini