x

Dukung LGBT di Piala Dunia 2022 namun Diduga Masih Rasis, Postingan Media Inggris Dikecam Netizen

Minggu, 27 November 2022 03:27 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Inggris adalah salah satu negara peserta Piala Dunia 2022 yang lantang menyuarakan ketidakpuasan mereka terhadap sikap Qatar pada kamun LGBT. REUTERS-Lee Smith

INDOSPORT.COM - Inggris adalah salah satu negara peserta Piala Dunia 2022 yang lantang menyuarakan ketidakpuasan mereka terhadap sikap Qatar pada kamun LGBT.

Hanya saja salah satu media ternama mereka, BBC, justru dikecam karena tindakan yang diduga berbau rasisme pada penggawa The Three Lions saat berusaha menggalakkan kampanye kesetaraan.

Akun Twitter BBC pada Senin (21/11/22) pekan lalu mengunggah postingan untuk menandakan kemenangan Inggris atas Iran di laga pembuka fase grup.

Foto yang mereka gunakan adalah foto Jack Grealish yang turut menyumbang satu gol dalam partai tersebut.

Sebenarnya tidak ada yang aneh namun publik hanya sedikit heran kenapa justru Grealish, yang kebetulan berkulit putih, yang dijadikan poster unggahan.

Baca Juga

Bukan bermaksud untuk mengecilkan peran pemain 27 tahun itu dalam sukses Inggris menggulung Iran 6-2, namun Grealish baru masuk ke lapangan di menit 70 sebagai pengganti.

Golnya juga sudah tidak menentukan apapun lagi mengingat Iran sebelumnya sudah tertinggal jauh 5-1.

Baca Juga

BBC juga semakin disorot karena ada lima gol Inggris lainnya dicetak oleh pemain berkulit hitam yakni Jude Bellingham, Bukayo Saka (2), Raheem Sterling, dan Marcus Rashford.

Hanya saja tidak satupun yang terpilih untuk menjadi poster oleh media bernama lengkap British Broadcasting Corporation itu.

Tidak heran jika kemudian publik merasa jika BBC sudah melakukan tindak rasisme entah secara sengaja atau tidak.

Baca Juga

1. Kecurigaan Terbukti

Laga Piala Dunia 2022 Grup B antara Inggris vs Iran, selebrasi pemain Inggris Bukayo Saka merayakan gol bersama rekannya. (Foto: REUTERS/Paul Childs)

Salah satu warganet berakun @iamjoseh_ kemudian mengutip cuitan BBC berfoto Jack Grealish tersebut dengan kalimat "Nanti saat (Inggris) kalah mereka akan menggunakan gambar Saka sebagai poster. Lihat saja".

Benar saja, ketika Inggris ditahan imbang tanpa gol oleh Amerika Serikat pada Sabtu (25/11/22) kemarin BBC tidak menggunakan foto pemain berkulit putih.

Sesuai prediksi @iamjoseh_, justru giliran gambar Bukayo Saka yang terpampang dan tentunya membuat cuitan yang bersangkutan menjadi viral.

Saat artikel ini ditulis, twit tersebut sudah menjaring nyaris 11 ribu retweet dan 50 ribu like. Netizen lain juga ramai berkomentar di bawahnya.

"Bayangkan Inggris menjadi juara Piala Dunia dengan Saka sebagai top skor namun media Inggris justru menyorot Harry Kane," celoteh salah satunya.

Baca Juga

"Man of the match (vs Iran) adalah Saka tapi..." sambung yang lain dengan nada menyindir.

Walau begitu masih ada yang coba menjadi penengah keributan ini. Mereka menunjukkan bukti-bukti BBC juga sempat mengunggah foto pemain kulit puitih saat Inggris kalah di berbagai kesempatan.

Baca Juga

Terlepas dari semua kontroversi tadi, Inggris memang jadi salah satu negara dimana tingkat diskriminasi warna kulitnya yang masih tinggi.

Bukayo Saka, Jadon Sancho, dan Marcus Rashford sempat dihujat dengan nada rasis setelah ketiganya gagal menendang penalti di final Piala Eropa 2020 lalu yang membuat Inggris kalah dari Italia.

Semoga saja di Piala Dunia 2022 hal ini tidak terulang lagi. Tentunya akan terdengar ironis apabila Inggris begitu getol mempromosikan kesetaraan hak LGBT namun justru masih hidup berdampingan bersama rasisme.

Sumber: BBC

Baca Juga
InggrisPiala Dunia 2022Jack GrealishLGBTRasismeBukayo Saka

Berita Terkini