x

Profil Pemain Garuda Select 5: Muhammad Ragil, Si Menara yang jadi Juru Gedor di Inggris

Senin, 28 November 2022 11:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut adalah profil pemain Garuda Select 5, Muhammad Ragil, yang cocok dijuluki 'menara' karena postur tubuhnya yang menjulang di lini depan. (Foto: Instagram@programgarudaselect)

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 5, Muhammad Ragil, yang cocok dijuluki 'menara' karena postur tubuhnya yang menjulang di lini depan.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program kerja sama PSSI dan Mola TV untuk mengirimkan sejumlah pemain muda berbakat untuk dilatih di Inggris.

Program pelatihan ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dan kini telah memasuki musim kelima, di mana para pemain baru saja tiba di Inggris pada Senin (21/11/22) kemarin.

Setelah melewati serangkaian seleksi ketat, pemain binaan Akademi Bhayangkara FC, Muhammad Ragil resmi dipanggil ke Inggris.

Muhammad Ragil merupakan penyerang kelahiran Batang Kuis, Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, pada tahun 2005 silam.

Baca Juga

Satu hal yang identik dengan Ragil, walau baru berusia 17 tahun, namun ia memiliki postur tubuh yang menjulang hingga 185 cm, sehingga ia dijuluki sebagai 'menara'.

Alih-alih bermain sebagai bek, Ragil justru memiliki naluri mencetak gol yang tinggi, sehingga ia diplot sebagai penyerang.

Baca Juga

Walau lahir di Sumatera, tetapi Ragil telah mantap mengejar cita-citanya untuk jadi pesepak bola kelas dunia, dan tak ragu untuk merantau hingga ke Pulau Jawa.

Maklum, pembinaan sepak bola usia muda di Pulau Jawa lebih menjanjikan. Ragil pun menimba ilmu sepak bola di Diklat Merden Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pada perhelatan Piala Soeratin U-17 2022 lalu, Muhammad Ragil bermain untuk tim Akademi Super Progresif Bandung U-17.

Baca Juga

1. Sukses di Bhayangkara FC, Ragil ke Inggris

Muhammad Ragil, pemain Bhayangkara FC lolos seleksi Garuda Select 5. (Foto: Instagram@programgarudaselect)

Muhammad Ragil tampil brilian bersama Akademi Super Progresif Bandung U-17 di Piala Soeratin U-17 2021-22. Ia dipercaya tampil sebagai starter dalam lima laga.

Hasilnya, Ragil sukses mencetak enam gol dan membukukan dua assist. Catatan yang luar biasa bagi seorang penyerang muda.

Sayangnya, Akademi Super Progresif Bandung U-17 harus kalah dari Persikasi Bekasi U-17 di babak final zona Jawa Barat.

Namun, hal itu cukup untuk membuat eks pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy merekrutnya ke Akademi Bhayangkara FC.

Bermain untuk Bhayangkara FC di Elite Pro Academy Liga 1 U-18, Muhammad Ragil pun sukses menunjukkan kualitasnya, sehingga membawa timnya mengangkat trofi juara.

Baca Juga

Ragil mampu mencetak 9 gol dari 13 laga yang ia jajal bersama Young Guardians di Elite Pro Academy Liga 1 U-18 2022 lalu.

Tak hanya menjadi salah satu top skorer, Ragil juga diganjar penghargaan sebagai pemain terbaik di Elite Pro Academy U-18.

Baca Juga

"Kemenangan ini adalah hasil dari kerja sama dan kerja keras tim. Saya tak mungkin menjadi pemain terbaik, kalau teman-teman yang lain tidak mendukung saya," ucapnya.

"Jadi, ini adalah pencapain terbaik tim. Saya mengucapkan terima kasih kepada pelatih, karena memercayakan saya untuk bermain di tim ini, saya senang bisa juara."

Rupanya, rezeki Muhammad Ragil pada tahun 2022 masih bergulir. Ia terpilih menjadi salah satu striker yang akan membela skuad Garuda Select 5, berlatih dan beruji coba dengan tim Inggris.

Baca Juga
Profil Atlet dan FotoBhayangkara FCBakat Muda IndonesiaProfil Atlet MudaprofilGaruda SelectPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini