x

5 Negara Asia yang Paling Sering Menang di Piala Dunia, Jepang dan Korea Selatan Sama Kuat

Selasa, 29 November 2022 18:40 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Tim Nasional Jepang ketika menjalani pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf. REUTERS/Thilo Schmuelgen

INDOSPORT.COM – Berikut adalah 5 negara Asia yang paling sering rasakan kemenangan di Piala Dunia, di mana Jepang dan Korea Selatan sama kuat.

Menjadi kontestan Piala Dunia sejatinya tidak lah mudah. Banyak negara-negara dari seluruh dunia harus bersaing melewati babak kualifikasi hingga akhirnya melaju ke babak putaran final.

Negara-negara dari benua Eropa selalu menjadi negara yang menyumbang kontestan terbanyak di Piala Dunia dibanding benua lain.

Para kontestan dari benua Eropa juga kerap menjadi unggulan dalam ajang sepak bola empat tahun sekali tersebut disusul dari negara Amerika Selatan.

Situasi tersebut membuat negara-negara kontestan dari benua lain seperti Asia tidak mendapat tempat untuk bersaing.

Baca Juga

Wakil-wakil Asia di pentas Piala Dunia juga seakan hanya sebagai pelengkap saja dalam fase grup maupun di babak gugur turnamen.

Benua Asia memang bukan benua dengan kekuatan besar di dalam sepak bola, terlebih di turnamen sekelas Piala Dunia.

Baca Juga

Kendati begitu, pencapaian terbaik kontestan dari benua yang mendapat julukan benua kuning tersebut adalah mampu mencapai babak semi final.

Momen tersebut terjadi saat Piala Dunia 2002 saat wakil Asia, Korea Selatan berhasil mengandaskan perlawanan Portugal di perempat final.

Meski kerap diremehkan, kejutan dan kemenangan seperti itu kerap dihadirkan oleh para wakil Asia. Berikut setidaknya wakil-wakil Asia yang paling sering merasakan kemenangan di Piala Dunia.

Baca Juga

1. 1. Jepang – 6 Kemenangan

Skuat Timnas Korea Selatan di grup H Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Skuat Timnas Korea Selatan)

Meski Jepang menjadi tim di Piala Dunia dengan pencapaian terbaiknya adalah di babak 16 besar, tim Samurai Biru bisa dikatakan sebagai salah satu wakil Asia terbaik di turnamen ini.

Dalam 23 laga yang telah mereka mainnya sejak pertama kali ikut serta di tahun 1998, Jepang setidaknya telah meraih 6 kemenangan dari total laga tersebut.

Menariknya, kemenangan-kemenangan Jepang didapat dari tim-tim yang secara status lebih kuat dari mereka.

Terbaru adalah tim Samurai Biru tersebut berhasil mengalahkan tim unggulan, Jerman dalam laga perdana babank penyisihan grup Piala Dunia 2022.

2. Korea Selatan

Soal siapa wakil Asia yang paling sering berpartisipasi dalam Piala Dunia tentu Korea Selatan adalah jawabannya.

Baca Juga

Bahkan, pencapaian terbaik dari tim yang mendapat julukan Taeguk Warrior menjadi satu-satunya wakil dari benua Asia yang berhasil mencapai babak semi final Piala Dunia.

Total hingga saat ini, Korea Selatan telah tampil di Piala Dunia sebanyak 36 kali dengan mencatatkan 6 kemenangan di Piala Dunia.

Mirip seperti Jepang, kemenangan Korea Selatan itu juga didapatkan dari tim-tim besar. Ada pula kemenangan terakhir yang dirakhir Korea Selatan adalah di Piala Dunia 2018 saat mengalahkan Jerman, 2-0.

Baca Juga

3. Arab Saudi – 4 Kemenangan

Negara Asia selanjutnya yang paling sering meraih kemenangan di ajang Piala Dunia adalah Arab Saudi. Tim yang mendapat julukan The Green Falcons tersebut tercatat telah tampil sebanyak 18 kali di ajang Piala Dunia.

Dalam 18 penampilan yang sudah Arab Saudi catatkan, setidaknya mereka telah mampu meraih empat kemenangan sejak pertama kali berpartisipasi pada Piala Dunia 1994.

Terbaru, kemenangan yang diraih Arab Saudi dicatatkan saat mereka berhasil meredam perlawan Argentina dengan skor, 1-2.

Baca Juga

2. 4. Iran – 3 Kemenangan

Tim Nasional Iran ketika menjalani pertandingan persahabatan melawan Nikaragua di Azadi Stadium, Teheran. REUTERS/Majid Asgaripour/WANA

Tak mau ketinggalan dari negara-negara Asia sebelumnya, tim terbaik benua kuning ini juga turut mencatatkan prestasi yang cukup membanggakan.

Iran sendiri total telah tampil sebanyak 17 kali di Piala Dunia hingga edisi ke-22 pada tahun 2022 saat ini. Dari 17 penampilannya, Tim Melli sudah mencetak tiga kemenangan.

Tiga kemenangan yang berhasil diraih Iran tersebut terjadi pada 1998 saat bertemu Amerika Serikat, Maroko pada 2018, dan Wales pada 2022.

Baca Juga

5. Korea Utara – 1 Kemenangan

Dibanding dengan negara-negara Asia sebelumnya, Korea Utara bukanlah negara yang sering tampil dalam gelaran Piala Dunia.

Tercatat, musuh bebuyutan Korea Selatan ini baru dua kali berpartisipasi di turnamen sepak bola empat tahunan sekali itu.

Baca Juga

Momen tersebut terjadi pada 1966 dan 2010. Dalam dua keikutsertaannya tersebut Korea Utara hanya mampu meraih satu kali kemenangan.

Menariknya, satu-satunya kemenangan yang diraih oleh Korea Utara itu didapat saat mereka berhadapan dengan tim kuat Italia pada edisi 1966.

Baca Juga
JepangPiala DuniaKorea SelatanPiala Dunia 2022Dua Kelinci

Berita Terkini