x

Nasib 5 Pemain yang Didatangkan Barcelona Bareng Luis Suarez, Tinggal Satu yang Masih Bertahan

Selasa, 29 November 2022 15:03 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Selebrasi Luis Suarez usai mencetak gol di Liga Champions pada laga Barcelona vs Liverpool

INDOSPORT.COM – Berikut nasib 5 pemain yang berhasil didatangkan Barcelona bersamaan dengan Luis Suarez, di mana tinggal satu yang masih bertahan.

Dalam urusan transfer, Barcelona tidak dapat dilepaskan dari kecekatannya dalam menggaet nama-nama pemain top dunia.

Seperti halnya yang terjadi pada bursa transfer musim panas lalu. Sebut saja Robert Lewandowski, Raphinha, Jules Kounde, Franck Kessie hingga Marcos Alonso.

Namun, kecekatan raksasa Liga Spanyol (LaLiga) dalam menggaet beberapa pemain bintang kelas dunia sebenarnya sudah terlihat sejak dulu.

Seperti yang terjadi pada bursa transfer musim panas 2014 lalu. Barcelona saat itu setidaknya menghabiskan dana fantastis dalam menggaet bintang mereka.

Baca Juga

Salah satunya yang berhasil digaet Blaugrana pada saat itu adalah Luis Suarez yang berhasil didatangkan dari Liverpool.

Total, Barcelona mengucurkan dana 82 juta euro atau setara Rp1,3 triliun untuk meminang Suarez. Harga tersebut merupakan separuh dari total belanja Blaugrana saat itu yang mencapai 160 juta euro.

Baca Juga

Tak cukup hanya berhasil mengamankan Luis Suarez, Barcelona juga turut mendatang pemain-pemain lain yang tak kalah penting di skuad 2014 mereka.

Nama-nama seperti Claudio Bravo, Ivan Rakitic, Jeremy Mathieu, hingga Thomas Vermaelen adalah para pemain yang berhasil didatangkan Barca bersama dengan kedatangan Luis Suarez.

Kini, tahun pun telah berganti. Lantas, bagaimana nasib para pemain yang saat itu berhasil didatangkan Barcelona bersama dengan Luis Suarez? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Ivan Rakitic

Playmaker Barcelona, Ivan Rakitic.

Ivan Rakitic didatangkan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2014 dari Sevilla, bersamaan juga dengan datangnya Luis Suarez dari Liverpool.

Barcelona yang saat itu kehilangan Thiago Alcantara dan Cesc Fabregas terpaksa harus memutar otak demi mencari penerus warisan kekuatan lini tengah mereka.

Kemudian, dipilih lah Ivan Rakitic dari Sevilla. Rakitic datang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh lini tengah Barcelona saat itu.

Setelah enam tahun berseragam Barca dan membukukan 300 penampilan, Rakitic akhirnya pulang ke Sevilla hingga saat ini. Bersama Blaugran, Rakitic telah memenangkan empat gelar Piala Liga Spanyol, empat gelar Liga Spanyol, dan satu gelar Liga Champions.

Claudio Bravo

Tampil mengesankan bersama Timnas Chile, Cludio Bravo secara cepat berhasil diamankan Barcelona untuk mengisi posisi penjaga gawang.

Baca Juga

Claudio Bravo menjadi pemain yang mampu bersaing di bawah mistar gawang bersama Marc-Andre Ter Stegen saat itu.

Setelah dua tahun berseragam Barcelona, ia pun berpindah haluan ke Liga Inggris bersama dengan Man City. Saat ini, Claudio Bravo kembali ke Spanyol dan bergabung dengan Real Betis.

Baca Juga

Jeremy Mathie

Pemain selanjutnya yang berhasil didatangkan Barcelona bersama dengan masuknya Luis Suarez adalah Jeremy Mathie.

Didatangkan ke Barcelona dengan penuh kontroversi karena gaya bertahannya yang serampangan, Jeremy Mathie tetap memberikan persaingan kepada Javier Mascherano dan Gerard Pique di dalam skuad Blaugrana.

Tiga tahun bersama Barcelona, Jeremy Mathie akhirnya memutuskan berlabuh ke klub Liga Portugal, Sporting Lisbon pada 2017. Saat ini, pemain berkebangsaan Prancis tersebut telah menyatakan diri untuk pensiun.

Baca Juga

2. Thomas Vermaelen

Kiper Inter Milan, Marc Andre ter Stegen melakukan selebrasi usai laga pada laga kedua fase grup Liga Champions di Camp Nou, Kamis (03/10/19).

Didatangkan dari Arsenal, Thomas Vermaelen diharapkan akan mampu menjadi salah satu pemain yang memberi pengaruh terhadap performa lini belakang Barcelona saat itu.

Akan tetapi, cedera yang hinggap pada dirinya membuatnya harus mendapati kenyataan untuk lebih sering berada di tepi lapangan.

Meski mengecewakan, Vermaelen setidaknya mampu bertahan di Camp Nou hingga lima tahun. Dalam kurun waktu tersebut dirinya telah mencatatkan 53 penampilan.

Setelah menanggalkan seragam Barcelona, Vermaelen kemudian memutuskan untuk bergabung bersama klub Liga Jepang, Vissel Kobe.

Tiga tahun berseragam Vissel Kobe, Thomas Vermaelen saat ini telah menyatakan diri untuk pensiun dari dunia olahraga yang telah membesarkan namanya itu.

Baca Juga

Marc-Andre Ter Stegen

Dari sekian nama yang direkrut Barcelona bersama dengan Luis Suarez, nama Marc-Andre Ter Stegen adalah yang masih memilih bertahan di Camp Nou.

Saat itu, Marc-Andre Ter Stegen didatangkan Barcelona dari klub Liga Jerman, Borussia Monchenggladbach.

Baca Juga

Penampilannya di bawah mistar gawang Monchengladbach telah membuat Blaugrana tertarika merekrutnya dan membuatnya memberikan persaingan ketat kepada kiper senior Barca saat itu, Caludio Bravo.

Sempat kalah bersaing dengan Claudio Bravo, Ter Stegen perlahan mulai menunjukkan hasil adaptasinya. Pada 2016, ia akhirnya menjadi pilihan pertama bagi pelatih untuk berada di bawah mistar gawang Barca.

Sejak itu hingga sekarang, Ter Stegen begitu disegani saat mengawal gawang Barcelona dari kebobolan. Kontraknya bersama Barcelona akan berakhir pada Juni 2025.

Baca Juga
BarcelonaLaLiga SpanyolLuis SuarezLiga Spanyol

Berita Terkini