x

5 Bintang Timnas Inggris yang Tak Pernah Bermain di Euro atau Piala Dunia

Kamis, 1 Desember 2022 17:44 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Gary Pallister dan Victoria Lopyreva.

INDOSPORT.COM - Tim Nasional Inggris punya deretan pemain bintang sejak dulu. Tetapi, kehebatan tersebut tak membuatnya bisa tampil di Euro dan Piala Dunia.

Beberapa nama besar telah menjadi momok menakutkan kala itu. Berbagai prestasi berhasil didapatkannya.

Baca Juga

Sayangnya, prestasinya di klub rupanya tidak bisa membawanya tampil sukses di timnas. Lebih parahnya lagi, mereka bahkan tidak disertakan dalam turnamen dunia.

Berikut lima bintang Timnas Inggris yang tidak pernah bermain di Euro atau Piala Dunia.

Baca Juga

Gary Pallister 

Selama sembilan tahun bermain untuk Manchester United, Gary Pallister telah meraih 10 trofi dan lima penghargaan PFA Team of the Year.

Dengan prestasi tersebut, anehnya Gary jarang mendapat tempat di skuad Timnas Inggris. Total, dia hanya mencatatkan 22 penampilan saja untuk negaranya.

Baca Juga

Pelatih Timnas Inggris saat itu lebih menyukai pemain seperti Tony Adams, Des Walker, Martin Keown, Keith Curle, Sol Campbell, Gareth Southgate, hingga Steve Howey.

Maka dari itu, Gary harus puas dirinya hanya tampil bagus saat berseragam klub saja, bukan untuk The Three Lions.


1. Duncan Edwards

Fans Timnas Inggris menggelar nonton bareng Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Henry Nicholls).

Duncan Edwards adalah salah satu talenta muda Inggris paling menjanjikan. Di usianya yang muda, dia telah menampilkan bakat terbaiknya di Manchester United.

Tetapi, petaka buruk terjadi pada 6 Februari 1958. Kala itu, pesawat yang membawa rombongan Man United pulang ke Inggris rupanya mengalami kecelakaan di Munich, Jerman.

Baca Juga

Peristiwa mengerikan tersebut menewaskan 23 orang dari 44 penumpang pesawat, termasuk Edwards yang meninggal setelah 15 hari menjalani perawatan pasca kecelakaan.

Padahal, saat itu Edwards baru berusia 21 tahun. Dirinya sudah mencatatkan 18 kali penampilan bersama Timnas Inggris. Sayangnya, dia harus pergi di usia yang masih sangat muda.

Baca Juga

Andy Cole 

Andy Cole adalah pencetak gol terbanyak ketiga dalam sejarah Liga Primer di mana dirinya sukses melesatkan 34 gol.

Meski raihannya di level klub membanggakan, catatan Cole di Timnas Inggris tidak segemilang di klub.

Baca Juga

Bersama The Three Lions, Cole hanya punya 15 penampilan internasional, di mana empat laga pertamanya datang dari pelatih yang berbeda.

Pemain legendaris Manchester United ini juga pernah menderita cedera kaki sehingga membuatnya absen di Euro 2000.


2. Emlyn Hughes

Ian Wright mengenakan Jersey Home Arsenal 1990/92

Emlyn Hughes sudah sangat melekat dengan Liverpool di mana dirinya sudah bermain selama 12 tahun.

Meski sebagian besar kariernya menjadi kapten di Timnas Inggris, tetapi Hughes tidak pernah bermain di Piala Dunia atau Euro selama 62 penampilan internasionalnya.

Baca Juga

Sejatinya, Hughes sempat masuk skuad Inggris di Piala Dunia 1970 dan Euro 1980. Tetapi, dia sama sekali tidak mencatatkan penampilan satu pun pada dua turnmen tersebut.

Ian Wright

Selama tujuh musim berturut-turut berseragam Crystal Palace dan Arsenal, Ian Wright meraih gelar Liga Primer, dua Piala FA, Piala Liga, Piala Winners, dan gelar lainnya.

Baca Juga

Gelar-gelar tersebut berhasil didapatkannya berkat lesatan 35 gol untuk Arsenal di musim tersebut. Ian juga dianugerahi Golden Boot di divisi pertama.

Akan tetapi, raihan tersebut tidak membuatnya bermain di Euro 1992 dan Piala Dunia 1994. Pasalnya, pelatih Inggris saat itu lebih menyukai Nigel Clough dan Alan Smith untuk dimainkan.

Piala DuniaPiala Dunia 2022EuroTimnas InggrisTRIVIA

Berita Terkini