x

Andre Onana dan Ben White Terbaru, 5 Pesepak Bola yang Didepak Timnas Saat Piala Dunia

Kamis, 1 Desember 2022 14:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Andre Onana bukan satu-satunya pemain yang didepak tim nasional di Piala Dunia. Ada 3 pesepak bola yang bernasib sama dengannya.

INDOSPORT.COM – Andre Onana bukan satu-satunya pemain yang didepak tim nasional di tengah turnamen Piala Dunia 2022. Setidaknya, ada lima pesepak bola yang bernasib sama dengan kiper Inter Milan tersebut.

Seperti diketahui, penjaga gawang Kamerun, Andre Onana, tiba-tiba menghilang dari daftar pemain saat menghadapi Serbia di laga Grup G Piala Dunia Qatar 2022.

Posisi penjaga gawang yang membela klub Italia, Inter Milan, tersebut digantikan oleh Devis Epassy yang terpilih sebagai starter.

Pelatih Kamerun, Rigobert Son, sebelumnya telah menyatakan alasannnya tidak melibatkan Onana di pertandingan tersebut karena masalah kedisiplinan.

Sementara itu, Federasi Sepak Bola Kamerun (FECAFOOT) resmi menjatuhkan hukuman untuk Onana di Piala Dunia 2022 yang dikabarkan menolak perintah Rigobert Song.

Baca Juga

Pernyataan itu disampaikan FECAFOOT dalam sebuah siaran pers yang ditandatangangi Sekjen FECAFOOT Blaise Djounang dan diunggah di akun Twitter resmi federasi, Senin (28/11/22).

Terkait pencoretan dirinya, Onana pun sudah memberikan reaksi dan secara tidak langsung menyerang balik pelatih Kamerun, Rigobert Song. 

“Kemarin saya tidak diizinkan berada di lapangan untuk membantu Kamerun, seperti yang selalu saya lakukan, untuk mencapai tujuan tim.” 

Baca Juga

“Saya selalu berperilaku dengan cara memimpin tim menuju kesuksesan dengan cara yang baik,” terang Andre Onana dikutip dari The Independent.

Pencoretan Andre Onana tentunya jadi sangat mengejutkan mengingat sang kiper tampil cukup mengesankan ketika Kamerun menghadapi Swiss meski berakhir kalah.

Andre Onana pun kini bergabung dengan daftar pemain yang diusir dari Piala Dunia karena alasan serupa. Berikut INDOSPORT memaparkan lima pesepak bola yang diusir, termasuk Diego Maradona.

Baca Juga

1. Diego Maradona Diusir Gegara Positis Tes Narkoba

Diego Maradona saat Pegang Trofi Piala Dunia 1986.

Diego Maradona (Piala Dunia 1994)

Pahlawan Argentina saat memenangkan Piala Dunia 1986 pernah diusir dari tim nasional negaranya hanya karena terjerat kasus narkoba.

Legenda Napoli dan Barcelona itu sebelumnya pernah terjerat kasus serupa pada 1991, namun mengulanginya kembali pada 1994.

Parahnya, Maradona terjerat kasus kecanduan obat terlarang saat masih membela timnas Argentina di Piala Dunia 1994 silam.

Saat itu, FIFA tiba-tiba memberlakukan tes doping di tengah gelaran Piala Dunia 1994. Maradona harus menelan pil pahit setelah dirinya terindikasi menggunakan obat terlarang yang mengandung Ephedrine.

Baca Juga

Nasib buruk Maradona ini menular pada Argentina yang akhirnya tersingkir dari babak 16 besar usai dikalahkan Rumania dengan skor 3-2.

Nicolas Anelka (Piala Dunia 2010)

Nicolas Anelka diusir tim nasional Prancis dari Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Hal ini dikarenakan dia menolak untuk meminta maaf atas serangan verbal terhadap pelatih Raymond Domenech.

Komite disiplin Federasi Sepak Bola Prancis memerintahkan Anelka untuk meninggalkan skuad, setelah menggelar sidang usai insiden di babak pertama saat Les Bleus kalah 2-0 dari Meksiko.

Diusirnya Anelka dari skuad tentunya menjadi kejutan bagi penggemar Les Blues. Pasalnya,Anelka adalah penyerang yang tengah on fire di Chelsea. Di klub London itu, Anelka menciptakan duet mematikan bersama Didier Drogba.

Baca Juga

Roy Keane (Piala Dunia 2002)

Legenda Manchester United tersebut menjabat sebagai kapten timnas Irlandia di Piala Dunia 2022. Akan tetapi, Keane absen saat melawan Korea Selatan dan Jepang lantaran dia berseteru dengan pelatih Mick McCarthy. 

Keane saat itu mengkritik faslitas latihan timnas Irlandia yang sangat buruk di hadapan media. Ulahnya ini membuat dia dipulangkan dan gagal bermain di Piala Dunia 2002. 

Baca Juga

2. Nikola Kalinic hingga Ben White

Nikola Kalinic, pemain Kroasia.

Nikola Kalinic (Piala Dunia 2018)

Nikola Kalinic sebenarnya termasuk dalam 23 pemain timnas Kroasia yang diboyong Piala Dunia 2018 di Rusia. Jika saja dia tidak melakukan kesalahan bodoh, dia bakal ikut dengan Luka Modric dkk. sampai di final melawan Prancis.

Berawal dari fase grup, Kroasia memainkan laga pertama mereka menghadapi Nigeria. Saat itu, pelatih Zlatko Dalic meminta Kalinic masuk di babak kedua, tapi dia menolak main.

Kalinic saat itu mengaku sakit punggung tetapi staf medis Kroasia mengaku tak menemukan masalah apa pun. Usai pertandingan, Kalinic langsung dipulangkan dengan dalih sang pelatih tak butuh pemain yang ogah bertanding.

Baca Juga

Usut punya usut, Kalinic rupanya tidak mau menjadi pemain cadangan. Dirinya hanya mau bermain sejak menit awal, ini membuktikan dirinya benar-benar egois.

Momen ni bukan pertama kalinya Kalinic melakukan hal serupa. Dia pernah menolak main saat laga uji coba melawan Brasil sebelum Piala Dunia 2018 dimulai. Padahal Kalinic sempat melakukan pemanasan di tepi lapangan.

Ben White (Piala Dunia 2022)

Selain Andre Onana, Ben White tiba-tiba saja juga menghilang dari skuat timnas Inggris di Piala Dunia 2022. Bukan karena dicoret, Ben White ternyata memilh mundur dadakan. 

Baca Juga

Kabar kepergian bek 25 taun itu dari kamp timnas Inggris tersiar tak lama setelah skuad Gareth Southgate mengunci tiket ke babak 16 besar. 

Sampai saat ini belum diketahui alasan utama pemain bertahan Arsenal itu memutuskan berpisah dengan rekan-rekan senegaranya. FA Inggris menyatakan bahwa Ben White meninggalkan skuad Three Lions karena alasan pribadi. 

KamerunPiala DuniaDiego MaradonaNicolas AnelkaPiala Dunia 2022Nikola KalinicAndre OnanaBen WhiteTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini