x

'Lebih Muda' 10 Tahun! Spasojevic Optimistis Gacor di Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong

Jumat, 2 Desember 2022 13:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain Bali United, Ilija Spasojevic, saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali. (Foto: Bali United)

INDOSPORT.COM - Bek Bali United, Ilija Spasojevic punya kans besar untuk memenuhi ekspektasi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Kali ini, Spaso datang dengan kondisi yang lebih kurus dan lincah dari 2021 lalu.

Spaso merupakan sosok baru yang dipanggil Timnas Indonesia pada Rabu (30/11/22) pagi. Spaso dipanggil untuk menggantikan Dimas Drajad yang masih cedera.

Bagi Spaso, pemanggilan ini merupakan sebuah kabar baik. Pasalnya, namanya sempat tersingkir dari tim Garuda ketika tak dibawa pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab (UEA) bulan Mei 2021.

Ada hal berbeda yang dihadirkan Spaso pada edisi kali ini. Bomber milik tim Bali United ini datang dengan kondisi badan yang lebih kurus.

Ya, setelah tampil kurang bagus pada Piala AFC 2022, Spaso memutuskan untuk diet, berdasarkan masukan dari ahli nutrisi. Ia menurunkan berat badan dari 91 kilogram menjadi 86 kilogram.

Baca Juga

Dari usaha itu, Spaso terlihat lebih lincah di lapangan. Ia menjadi tembok pertama pertahanan Bali United dengan berlarian mengejar bek lawan yang hendak build-up serangan.

Selain itu, ketajaman Spaso juga terus terjaga. Spaso sudah menyumbang tujuh gol untuk Bali United di Liga 1 2022/2023. Jumlah ini menjadi yang terbanyak diantara penyerang Timnas saat ini.

Baca Juga

Dari catatan itu, Spaso sejatinya punya kans untuk memenuhi ekspektasi Shin Tae-yong. Dalam strategi pelatih asal Korea Selatan itu, penyerang dituntut untuk lebih energik dan banyak berlari.

Sementara dari catatan GPS saat pertandingan Liga 1, Spaso berlari hampir 10 kilometer di setiap laga. Catatan itu berusaha ditampilkannya selama pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia.

"Saya harap bisa menjawab kepercayaan Coach Shin Tae-yong pada kali ini," kata Spaso dalam laman resmi Bali United, Kamis (01/12/22).

Baca Juga

1. Merasa Lebih Muda 10 Tahun!

Ilija Spasojevic, striker Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Spaso merupakan tipikal penyerang nomor sembilan. Dia bisa mencetak gol dari situasi apapun. Itu terbukti ketika Spaso bisa mengamankan gelar top skor Liga 1 2022/2023.

Namun, situasi ini tak selalu bisa diciptakan Spaso sendirian. Mantan pemain Persib Bandung ini butuh rekan setimnya untuk menghadirkan peluang emas, terutama crossing dari sayap.

Ternyata, Spaso cukup optimis dengan skuat yang ada di Timnas Indonesia. Ia sudah paham dengan bagaimana kualitas setiap individu di tim Garuda. Spaso yakin bahwa skuat ini bisa berbicara banyak pada Piala AFF 2022.

"Saya pikir skuat Timnas Indonesia sangat kuat, banyak pemain berkualitas, campur dengan pemain muda dan pemain pengalaman. Saya optimis dengan kedalaman skuad Timnas yang akan tampil di Piala AFF 2022 nanti," ucap Spaso.

Dalam wawancara dengan INDOSPORT di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, September 2022 lalu, Spaso menceritakan bagaimana awal mula dia memutuskan untuk tampil lebih kurus.

Baca Juga

Ternyata, dalam persaingan internasional, Spaso tak bisa berbuat banyak dengan 91 kilogram. Itu diakuinya ketika gagal mencetak gol pada Piala AFC 2022.

"Dulu saya pikir saya sudah ada di berat badan yang ideal, karena di liga bisa jadi top skor. Ternyata saat di AFC kelihatan saya lebih butuh agility (kelincahan). Lalu, saya bicara sama ahli nutrisi, dia bilang 'kamu harus turunkan lima kilogram'. Saat itu saya kaget, tapi saya berusaha dan sekarang berhasil. Sekarang saya sudah 86 kilogram," papar Spaso dalam wawancara kala itu.

Baca Juga

Dengan berat badan barunya tahun ini, Spaso merasa kondisinya tak seperti orang berusia 35 tahun. Berlari 10 kilometer dalam setiap laga merupakan bukti bagaimana bugarnya kondisi saat lebih kurus.

"Sekarang feeling saya bagus sekali di lapangan. Saya umur 35 tahun, tapi saya merasa feeling saya lebih bagus daripada saat umur 25 tahun, karena bisa lari. Dari data GPS, saya lari hampir sepuluh kilometer setiap pertandingan," kata pemain BalI United di Liga 1, Ilija Spasojevic.

Baca Juga
Ilija SpasojevicTimnas IndonesiaBali UnitedLiga IndonesiaBali United FCBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini