x

Wonderkid Persib Bandung, Eriko Sulastiano Raih Beasiswa Puskas Akademia ke Eropa

Jumat, 2 Desember 2022 13:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Eriko Sulastiano, pemain Akademi Persib Bandung U-16. (Foto: Instagram@akademipersib)

INDOSPORT.COM - Wonderkid Persib Bandung, Eriko Sulastiano meraih beasiswa dari Puskas Akademia, dan ia mendapatkan kesempatan untuk berlatih di tim Hungaria.

Eriko Sulastiano adalah penyerang Persib Bandung di Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2022. Ia juga pemain binaan SSB Fatto.

Pada 29 November 2022, manajemen Persib Bandung mendapat surat pemanggilan dari PSSI, bahwa Eriko Sulastiano mendapatkan beasiswa dari Puskas Akademia Hungaria.

Puskas Akademia adalah tim sepak bola yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Hungaria, negara bagian Eropa Tengah.

Eriko Sulastiano akan menimba ilmu sepak bola di Puskas Akademia Hungaria selama enam bulan, hingga Juni 2023 mendatang.

Baca Juga

Pemanggilan itu berdasarkan surat PSSI nomor 4711/AGB/653/XI-2022. Tercantum nama Eriko Sulastiano sebagai penerima beasiswa.

"PSSI bersama Puskas Akademia akan memberikan beasiswa kepada pemain sepak bola Indonesia terpilih untuk mengikuti program pendidikan selama enam bulan di Hungaria," tulisnya.

Baca Juga

"Pemain akan mendapatkan pelatihan sepak bola di bawah pelatih profesional dari Puskas Akademia, dengan pendampingan dari tim Teknik PSSI," lanjut isi surat PSSI.

Satu hari berselang, manajemen Persib Bandung langsung mengirimkan surat ke PSSI Kota Bandung, perihal terpilihnya Eriko Sulastiano ke Puskas Akademia di Hungaria.

Dengan demikian, Eriko Sulastiano akan resmi bertolak ke Hungaria untuk mengikuti program pelatihan pada Januari 2023 nanti.

Baca Juga

1. Prestasi Mentereng Eriko Sulastiano

Eriko Sulastiano, pemain Akademi Persib Bandung U-16. (Foto: Instagram@akademipersib)

Eriko Sulastiano dinilai layak meraih beasiswa Puskas Akademia ke Hungaria. Pasalnya, prestasi pemain binaan SSB Fatto dan Persib Bandung itu bukan main-main.

Eriko Sulastiano merupakan pesepak bola kelahiran Bandung, 25 Agustus 2007. Saat ini ia tercatat masih berusia 15 tahun.

Namun, di usianya yang masih belia, Eriko Sulastiano sudah mencatatkan berbagai prestasi, termasuk membawa tim Persib Bandung menjuarai EPA Liga 1 U-16 2022.

Tak hanya sekadar menjadi juara, Eriko Sulastiano juga memborong gelar top skorer dan pemain terbaik di EPA Liga 1 U-16 2022.

Eriko sukses melesakkan 12 gol, dengan rincian empat gol di putaran kedua, enam gol di putaran ketiga, dan dua gol di semifinal.

Baca Juga

Tahun ini, Eriko Sulastiano juga turut berpartisipasi dalam turnamen Garuda International Cup bersama Fatto FC U-17.

Pada ajang yang diikuti oleh pemain kelahiran 2005 dan 2006 tersebut, Eriko yang notabene masuk dalam daftar pemain termuda, justru menjadi man of the match.

Baca Juga

Berkat kemampuannya yang brilian di atas lapangan, Eriko Sulastiano akhirnya sukses membawa Fatto FC U-17 menjuarai ajang Garuda International Cup 2022 tersebut.

Eriko juga sempat bermain di perhelatan Piala Persib U-15 2022, dan membawa Fatto FC U15 menjuarai ajang bergengsi tersebut.

Dengan deretan prestasi mentereng di sepanjang 2022, dipastikan jika Eriko Sulastiano adalah pemain yang layak untuk menerima beasiswa dari Puskas Akademia.

Baca Juga
Persib BandungPSSIHungariaBola InternasionalBakat Muda IndonesiaElite Pro Academy (EPA) Liga U-16

Berita Terkini