x

Liga 1 Belum Ada Kepastian, Persib Bandung Agendakan Uji Coba

Kamis, 1 Desember 2022 18:04 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (30/11/22).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung berencana untuk menggelar laga uji coba, pada akhir pekan ini lantaran hingga saat ini belum ada kepastian mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Menurut pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, game internal maupun laga uji coba disiapkan oleh skuat Maung Bandung, untuk menjaga kondisi kebugaran dan atmosfer pertandingan.

Meski demikian, tim pelatih menurut Yaya Sunarya tetap menunggu informasi dari manajemen, mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023. Jika, liga dilanjutkan dalam waktu dekat, program uji coba ataupun game internal akan dibatalkan.

"Bisa jadi tetapi kita masih tetap menunggu informasi dari manajemen, jadi harus lebih memilih mempersiapkan ke kompetisi," ucap Yaya Sunarya saat ditemui di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (30/11/22).

"Untuk sementara kita fokus ke sana (kompetisi), kalau tidak jadi akan dibuat game internal," jelas Yaya menambahkan.

Baca Juga

Sebagai informasi, Persib sejauh ini sudah menggelar game internal sebanyak dua kali, yakni Sabtu (04/11/22) dan Jumat (18/11/22) di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Selain itu, skuad Maung Bandung juga menggelar latihan bersama atau uji coba dengan tim peserta kompetisi Liga 2, FC Bekasi City di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (12/11/22).

Baca Juga

Pada uji coba tersebut, skuat Maung Bandung berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-0. Tiga gol kemenangan skuad Pangeran Biru, dicetak oleh Marc Klok melalui tendangan penalti dan Beckham Putra Nugraha (dua gol).

Kemudian uji coba dengan tim Liga 1 2022-2023, Persikabo di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (27/11/22).

Saat uji coba dengan Persikabo, skuad Garuda berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-1. Tiga gol Persib, pada laga uji coba itu dicetak oleh Ciro Alves dan David da Silva (dua gol), sedangkan gol tunggal Persikabo melalui tendangan bebas Tegar Infantrie pada menit 45.

Baca Juga

1. Izin Liga 1

Direktur utama LIB, Ferry Paulus saat rakor dengan Kepolisian.

Sementara itu, rapat koordinasi PSSI, PT LIB dan Kepolisian, Selasa (29/11/22) terkait izin lanjutan Liga 1 belum menemui kepastian. Belum ada ketuk palu atau surat resmi untuk izin tersebut.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 rencananya akan digulirkan kembali pada 2 Desember mendatang.

Kompetisi akan dimainkan dalam sistem bubble (terpusat) di Jawa Tengah selama enam pekan atau sampai putaran pertama Liga 1 2022-2023 selesai.

Setelahnya, kompetisi Liga 1 akan segera kembali ke format normal yakni home-away pada putaran kedua.  

Namun, dalam rakor hari ini, keputusan soal izin kick-off Liga 1 belum diturunkan. Direktur utama LIB, Ferry Paulus menjelaskan pembahasan siang hingga sore tadi adalah implementasi Perpol 10 2022.

Baca Juga

Perpol Nomor 10 itu sendiri lahir sebagai jawaban dari evaluasi penyelanggaraan keamanan dan pengamanan sepak bola.

Perpol yang ditetapkan pada 28 Oktober itu berisi 35 pasal. Aturan baru memuat pra-kegiatan hingga pasca-kegiatan pertandingan sepak bola.

Baca Juga

"Hari ini baru saja kami selesai rapat koordinasi dengan pihak kepolisian. Ada beberapa hal yang harus kami kerjakan dalam beberapa hari ke depan," kata Ferry Paulus.

"Utamanya adalah kepolisian bersama dengan PUPR dan Kemenkes akan melakukan verifikasi tentang beberapa tahapan mengenai Perpol 10 2022," Tambah Ferry.

"Dari situ baru nanti akan ada kepastian kapan kick-off, karena kami harus melalui tahapan tadi. Apalagi verifikasi pertama di mana selama ini belum ada peraturan polisi yang baru," imbuhnya.

Baca Juga
Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini