x

5 Pemain yang Diandalkan Jepang Sejauh Piala Dunia 2022 Bergulir, Kelas Eropa Semua!

Senin, 5 Desember 2022 18:31 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Susana Vera).

INDOSPORT.COM - Jepang akan menghadapi Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Berikut 5 pemain andalan mereka sejauh ini, kelas Eropa semua!

Pertandingan babak 16 Besar Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Kroasia akan digelar di Stadion Al Janoub, Qatar. Laga ini menjadi duel hidup mati bagi kedua tim.

Baca Juga

Sebagai salah satu wakil Eropa di Piala Dunia 2022, Kroasia tentu lebih diunggulkan. Apalagi melihat komposisi skuat mereka sekarang. 

Punya para pemain berpengalaman di klub top Eropa seperti Luka Modric, Mateo Kovacic, hingga Ivan Perisic, perlu diingat Kroasia berstatus runner-up Piala Dunia 2018 lalu. 

Wajar jika memang Jepang sedikit khawatir tentang lawan yang akan mereka hadapi nanti. Oleh karena itu, pelatih Hajime Moriyasu harus memutar otaknya untuk bisa lolos ke perempatfinal. 

Baca Juga

Sejauh Piala Dunia 2022 ini, terdapat 5 pemain yang paling sering jadi andalan Moriyasu. Kelima pemain ini punya karier konsisten di Eropa, siapa saja mereka?

1. Maya Yoshida

Yang pertama ada bek senior dan berpengalaman dalam diri Maya Yoshida. Ya, Yoshida bahkan dipercaya Moriyasu sebagai kapten tim nasional saat ini. 

Bek tengah yang kini sudah berusia 34 tahun itu masih merumput di Eropa khususnya untuk klub Liga Jerman, Schalke 04. 

Baca Juga

Pemain yang membela Southampton selama 8 tahun ini menjalani debutnya untuk Jepang senior sejak Januari 2010 silam. 

Termasuk tiga laga Piala Dunia 2022 selalu bermain penuh 90 menit, kini Yoshida sudah mencatat 125 penampilan di semua turnamen internasional bersama Jepang. 


1. 2. Gaku Shibasaki

Daizen Maeda dan Daichi Kamada Jepang merayakan gol kedua mereka yang dicetak oleh Ao Tanaka REUTERS-Dylan Martinez

Gaku Shibasaki juga menjadi pemain langganan setiap kali Hajime Moriyasu memanggil para pemain ke skuat Jepang senior. 

Shibasaki yang piawai bermain di posisi gelandang tengah memang diplot sebagai salah satu pemain Jepang yang merumput di Eropa. 

Baca Juga

Pemain yang sekarang membela Leganes ini tampil debut untuk Jepang senior sejak September 2014. Sejak saat itu, dia selalu dipanggil di semua kesempatan.

3. Ko Itakura

Selanjutnya ada bek tengah yang jadi rekan duet Yoshida di jantung pertahanan Jepang, ialah Ko Itakura. 

Sebelum dibeli oleh klub Liga Jerman Borussia Monchengladbach senilai 5 juta euro pada musim panas 2022 kemarin, Itakura berstatus pemain Manchester City. 

Baca Juga

Namun sejak gabung Man City pada Januari 2019, dia selalu dipinjamkan dua tahun berturut-turut ke Groningen dan Schalke. 

Itakura menjadi salah satu pemain kunci kala Jepang menaklukkan Jerman. Selain mematahkan serangan Der Panzer, dia juga memberikan assist untuk Asano yang mencetak gol kemenangan atas Jerman. 

4. Daichi Kamada

Posisi gelandang serang selalu memiliki peranan penting dalam sepak bola modern, itulah yang ditunjukkan Daichi Kamada selama membela Jepang senior. 

Baca Juga

Kamada memang mulai menarik perhatian usai mengantarkan klub Liga Jerman Frankfurt menjuarai Liga Europa musim lalu. 

Pada musim ini, dia juga sudah mencetak 7 gol dari 13 penampilan di Liga Jerman. Begitu juga kala membela Jepang menghadapi Jerman, dia benar-benar menjadi motor serangan tim. 


2. 5. Ritsu Doan

Ritsu Doan (Qatar) dan Almoez Ali (Jepang)

Pemain kelima yang jadi andalan Jepang sejauh Piala Dunia 2022 bergulir adalah Ritsu Doan. Dia benar-benar menjadi pembeda, bahkan bisa dibilang sebagai super-sub. 

Hal itu terlihat ketika Doan mencetak gol penyama kedudukan setelah baru masuk empat menit. Dia sangat merepotkan pertahanan lawan, terutama ketika Jepang mengalahkan Jerman. 

Ritsu Doan yang sekarang baru berusia 24 tahun, sudah merumput di Eropa sejak 2017 bermain untuk klub Belanda Groningen. 

Baca Juga

Penampilan apik di PSV Eindhoven, membuat klub Liga Jerman Freiburg membelinya di musim panas 2022. Sejauh musim ini, dia sudah mencetak empat gol dan empat assist dari 22 penampilan di semua kompetisi. 

Sejauh Piala Dunia 2022 ini, Ritsu Doan memang baru sekali starter, dengan dua sisanya sebagai pemain pengganti. Namun dia sudah sumbang dua gol untuk Jepang.

KroasiaJepangPiala Dunia 2022Maya YoshidaDaichi Kamada

Berita Terkini