x

Hasil Liga 1 Persebaya Surabaya vs Barito Putera: Epic Comeback, Bajul Ijo Berjaya!

Selasa, 6 Desember 2022 17:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Hasil pertandingan Liga 1 2022/23 antara Persebaya Persebaya vs Barito Putera, Selasa (06/12/22) di mana Bajul Ijo comeback dan meraih kemenangan 3-2.

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan Liga 1 2022/23 antara Persebaya Persebaya vs Barito Putera, Selasa (06/12/22) di mana Bajul Ijo comeback dan meraih kemenangan 3-2.

Bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Persebaya awalnya tertinggal 0-1 lewat gol Rafael da Silva (14'), tetapi dwigol Leo Lelis pada menit 47' dan 78' serta gol bunuh diri pemain Barito memastikan Bajul Ijo meraih tiga poin.

Dengan hasil ini, Persebaya Surabaya unutk sementara naik keperingkat 8 klasemen dengan 16 poin. Sementara Barito Putera makin terbenam di zona degradasi dengan raihan 5 poin saja. 

Pelatih Barito Putera, Rodney Goncalves, menerapkan ormasi 4-2-3-1 untuk memperkuat pertahanan dan memaksimalkan counter attack.

Meski diperkuat sejumlah pemain muda, seperti Rafi Syarahil, Bagas Kaffa, dan Reza Zuhro yang baru saja debut, namun Laskar Antasari berhasil mendominasi.

Baca Juga

Barito Putera dominan pada awal babak pertama. Peluang demi peluang dicatatkan oleh Rafi Syarahil dan Rafinha di sepuluh menit awal, meski Ernando Ari masih sigap.

Barito tidak menanti terlalu lama. Lewat sontekan dari Rizky Pora pada menit ke-13, ditanduk oleh Rafael Silva di depan gawang Persebaya Surabaya. Gol Barito Putera.

Tertinggal satu gol, skuad Bajul Ijo mulai membangun kembali serangan, tetapi sulit menembus barisan pertahanan Barito yang dikomando Renan Alves dan Donny Monim.

Baca Juga

Beberapa kali Leo Lelis, Andre Oktaviansyah, dan Juninho mencoba menusuk ke pertahanan Barito, tetapi selalu  dipatahkan saat memasuki sepertiga akhir lapangan.

Memasuki injury time babak pertama, skuat Bajul Ijo akhirnya bisa memegang bola lebih banyak, termasuk melakukan beberapa percobaan ke gawang Barito.

Namun, belum ada gol balasan yang tercipta. Skor akhir 0-1 untuk keunggulan Barito Putera atas Persebaya Surabaya di babak pertama.

Baca Juga

1. Jalannya Babak Kedua

Prediksi pertandingan antara Persebaya Surabaya vs Barito Putera (BRI Liga 1).

Memasuki babak kedua, Persebaya Surabaya membuat kejutan tepat pada menit pertama pertandingan, Leo Lelis mencetak gol heading yang tak bisa diantisipasi kiper Barito.

Skor 1-1 membuat Persebaya semakin membara. Skuad besutan Aji Santoso terus menggempur pertahanan Barito Putera, menuju gawang yang dikawal oleh Nor Halid.

Sontekan Higor Vidal ke Juninho di depan gawang Barito Putera, sejatinya bisa dipatahkan oleh Frank Sokoy. Naas, bola justru bergulir ke gawang sendiri. Gol bunuh diri Barito.

Menit ke-50, Persebaya berbalik unggul atas Laskar Antasari. Higol Vidal cs semakin percaya diri.

Bertubi-tubi Bajul Ijo membombardir pertahanan Barito. Bahkan, Juninho turut mengeksekusi bola dan gagal dihalau oleh kiper Nor Halid, tapi bola membentur tiang gawang.

Baca Juga

Belum puas, tendangan bebas dari Leo Lelis berhasil menembus gawang Barito Putera pada menit ke-76. Persebaya kian percaya diri saat unggul 3-1 atas Laskar Antasari.

Barito Putera memperpanjang napas lewat gol Buyung Ismu pada menit ke-82. Sulit bagi Ernando Ari untuk menghalau bola yang melambung di atas jangkauannya.

Baca Juga

Peluang emas Buyung Ismu di depan gawang Bajul Ijo, tetapi bola melambung. Tambahan waktu enam menit tak bisa dimaksimalkan Barito Putera. Persebaya Surabaya menang tipis 3-2 di Liga 1.

Susunan Pemain:

Persebaya Surabaya (4-3-3): Ernando Ari (GK); Koko Ari Araya, Riswan Lauhin, Leo Lelis, Altalariq Ballah; M Hidayat. Alwi Slamat; Andre Oktaviansyah; Higor Vidal, Silvio Junior 'Juninho', Sho Yamamoto | Pleatih: Aji Santoso.

Barito Putera (4-2-3-1): Nor Halid (GK); Bagas Kaffa, Donny Monim, Renan Alves, Frank Sokoy; Bayu Pradana, Rafi Syarahil; Rafinha, Reza Zuhro, Rizky Pora; Rafael Silva | Pelatih: Rodney Goncalves.

Baca Juga
Persebaya SurabayaBarito PuteraRafael da SilvaHasil PertandinganLiga IndonesiaRafael SilvaLiga 1Leo LelisLeonardo LelisLiga 1 2022-2023

Berita Terkini