x

Latihan di Dubai, Jurgen Klopp dan Liverpool Punya 3 PR Penting untuk Digarap

Selasa, 6 Desember 2022 16:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jurgen Klopp dan Liverpool bakal mengadakan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp memiliki setidaknya tiga PR penting saat Liverpool melakoni training camp di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Dunia sepak bola saat ini tengah disibukkan dengan gelaran Piala Dunia 2022 yang sudah memasuki fase 16 besar dan perempat final.

Di sisi lain, para klub baik yang ditinggal pemainnya maupun tidak, tentu memiliki agenda tersendiri untuk mengisi jeda kompetisi yang lumayan panjang ini.

Liverpool, dijadwalkan kembali ke Liga Inggris saat Boxing Day 26 Desember menghadapi Aston Villa. Sebelumnya, ada agenda Carabao Cup melawan Manchester City terlebih dahulu.

Namun salah satu kegiatan mereka yang paling menarik selama libur Piala Dunia 2022 adalah ikut serta di ajang Dubai Super Cup 2022.

Baca Juga

Di sana, The Reds akan berhadapan dengan AC Milan dan Olympique Lyon. Satu-satunya peserta di event tersebut yang tidak akan mereka jumpai adalah Arsenal.

Liverpool sendiri sudah mengonfirmasi 33 pemain yang akan dibawa ke training camp di Dubai, UEA, termasuk yang sedang melakukan pemulihan cedera: Luis Diaz, Diogo Jota, Naby Keita, dan Arthur Melo.

Baca Juga

Mereka yang masih berpartisipasi di Piala Dunia 2022 akan menyusul jika memungkinkan, sedangkan Darwin Nunez dijadwalkan tiba di Dubai pekan depan.

Jurgen Klopp pun harus memanfaatkan momen training camp ini - termasuk partisipasi Liverpool di Dubai Super Cup untuk menyelesaikan sejumlah PR di skuadnya.

Nah, apa saja kira-kira?

Baca Juga

1. 3 PR Jurgen Klopp dan Liverpool

Jurgen Klopp dan Liverpool bakal mengadakan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Memastikan Sistem

Salah satu hal terpenting yang bakal memengaruhi sepak terjang Liverpool ke depannya. Setelah training camp di Dubai, Jurgen Klopp harus sudah settle dengan formasi yang sreg untuk skuadnya.

Sebelumnya, pelatih asal Jerman ini dikenal luas sebagai penganut 4-3-3, sistem yang telah membawa banyak berkah selama kurang lebih enam tahun masa pengabdiannya di Liverpool.

Namun saat ini, ia sempat beberapa kali mengadaptasi 4-4-2 dan 4-3-1-2 dalam sejumlah permainan The Reds.

Sistem 4-3-3 sempat kembali ia pakai sebelum jeda Piala Dunia 2022, menghasilkan kemenangan atas Napoli dan juga Southampton.

Setelah Piala Dunia 2022 berakhir, sejumlah pemain ofensif Liverpool bakal kembali. Jurgen Klopp bisa mengamati siapa-siapa saja yang tepat untuk ia pilih di line up/sistemnya.

Baca Juga

Perbaiki Pertahanan

PR yang tidak kalah penting untuk diselesaikan selama Liga Inggris libur. Pasalnya, musim ini Liverpool memiliki catatan yang tidak terlalu baik di sektor pertahanan.

Padahal musim lalu, mereka jadi satu dari dua tim terbaik dengan jumlah kebobolan paling sedikit (26 gol) - selain Manchester City.

Pada 2022-2023, Alisson Becker lebih banyak tampil sebagai penyelamat lini belakang Liverpool dari gempuran serangan lawan.

Baca Juga

Luis Diaz

Pemain yang satu ini sudah absen sejak bulan Oktober lalu karena mengalami cedera lutut. Setelah melalui masa pemulihan yang lumayan lama, kembalinya ia ke lapangan bakal sangat dinanti.

Bintang Timnas Kolombia ini sudah tampil memukau sejak pertama mendarat di Anfield pada Januari lalu.

Setelah ia cedera, Darwin Nunez dimainkan sedikit lebih melebar. Meski berhasil mencetak sejumlah gol melalui perannya ini, striker Uruguay tersebut nampak lebih cocok beroperasi di area tengah.

Dengan kembalinya Luis Diaz, Jurgen Klopp pun bisa memastikan para penyerangnya mendapat posisi terbaik sesuai keahlian mereka di lapangan.

Baca Juga

Sumber: liverpool.com

LiverpoolJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini