x

8 Tim Perempat Final Piala Dunia 2022: Siapa Paling Unggul, Siapa Paling Kuda Hitam?

Rabu, 7 Desember 2022 19:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut profil dan rapor tim-tim peserta Piala Dunia 2022 yang sudah melangkah ke perempat final. Foto: REUTERS/Suhaib Salem.

INDOSPORT.COM - Berikut profil dan rapor tim-tim peserta Piala Dunia 2022 yang sudah melangkah ke perempat final.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 sudah menuntaskan pertandingan-pertandingan 16 besar, Rabu (07/12/22) dini hari WIB.

Mereka yang lolos akan melanjutkan pertandingan pada Jumat tanggal 9 Desember 2022 malam WIB, dimulai oleh Kroasia vs Brasil dan Belanda vs Argentina.

Lalu menyusul pada hari berikutnya, partai menarik antara Maroko vs Portugal dan big match besar-besaran Inggris vs Prancis.

Tentu saja, setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula materi pemain, profil tim, dan reputasi di kancah internasional.

Baca Juga

Lantas bagaimana rapor delapan tim yang akan berlaga di perempat final Piala Dunia? Siapa yang paling unggul dan siapa si paling kuda hitam?

8. Maroko

Mungkin kontestan yang paling inferior di daftar ini. Singa Atlas dikepung tim-tim besar di perempat final. Bahkan, mereka harus melawan Portugal di fase ini - yang tentunya bukan perkara gampang.

Baca Juga

Dari segi koleksi pemain, Timnas Maroko terbilang yang paling sedikit dibandingkan tim-tim lain. Jika harus menyebut beberapa: Hakim Ziyech, Achraf Hakimi, dan Noussair Mazraoui.

Meski demikian, Maroko layak menjadi tim kuda hitam di Piala Dunia 2022 dengan kisah dan sepak terjangnya yang mulai menarik perhatian publik setelah menekuk dramatis Spanyol di 16 besar.

Rasanya tidak berlebihan apabila menyebut Maroko sebagai tim kuda hitam di Piala Dunia 2022 ini. 

Baca Juga

1. Kroasia hingga Portugal

Berikut profil dan rapor tim-tim peserta Piala Dunia 2022 yang sudah melangkah ke perempat final. Foto: REUTERS/Suhaib Salem.

7. Kroasia

Punya reputasi yang cukup apik saat menginjakkan kaki di Piala Dunia 2022. Bagaimanapun juga, tim ini adalah runner-up di edisi Rusia 2018 yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Meski tampil kurang meyakinkan melawan Jepang dan lolos tipis berkat adu penalti, Kroasia punya peluang cukup besar ke semifinal.

Satu-satunya permasalahan mereka adalah anggota skuad yang sudah makin menua.

6. Belanda

Selanjutnya ada skuad Oranje yang berisi banyak pemain bintang seperti Memphis Depay, Nathan Ake, dan tentunya Cody Gakpo.

Sepak terjang Timnas Belanda bakal sangat dinanti di perempat final Piala Dunia 2022, apalagi mereka memiliki pelatih sekaliber Louis van Gaal.

Baca Juga

5. Argentina

Setelah panen cukup banyak kritik sebelum menginjakkan kaki di Piala Dunia 2022, Timnas Argentina perlahan mulai menunjukkan harapan sebagai tim unggulan di turnamen ini.

La Albiceleste memiliki Lionel Messi yang masih dinobatkan sebagai Greatest of All Time meski sudah berusia 35 tahun.

Baca Juga

Namun masalah utama tim ini adalah terlalu mengandalkan jasa Lionel Messi, lantaran penampilan Lautaro Martinez yang sedang loyo.

4. Portugal

Memiliki megabintang sekelas Cristiano Ronaldo, yang otomatis membuat tim ini terlihat mentereng - sama seperti Argentina yang memiliki Lionel Messi.

Hanya saja, Timnas Portugal justru tampil lebih baik tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo. Salah satu contohnya, saat membabat Swiss dengan skor 6-1 di 16 besar.

Baca Juga

2. Sang 3 Raksasa

Berikut profil dan rapor tim-tim peserta Piala Dunia 2022 yang sudah melangkah ke perempat final. Foto: REUTERS/Suhaib Salem.

3. Inggris

Berlanjut ke semfinalis Piala Dunia Rusia 2018 dan runner-up Euro 2020, Timnas Inggris, yang juga jadi kandidat favorit juara di Qatar 2022.

Inggris pun punya catatan impresif saat berlaga di fase grup. Mereka satu dari tiga tim yang mencatat poin tertinggi untuk lolos ke 16 besar.

Kemudian di 16 besar, mereka pun tampil meyakinkan dengan menekuk Senegal dengan skor 3-0.

Mereka pun punya sosok pasukan serang yang menyeramkan dalam diri Harry Kane, Bukayo Saka, dan Phil Foden - yang harus diwaspadai Prancis.

Di sisi lain, bintang muda seperti Jude Bellingham juga jadi sorotan menarik di setiap laga The Three Lions di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. Prancis

Selanjutnya ada Timnas Prancis yang dipastikan akan menggebu-gebu mempertahankan gelar juara di Piala Dunia 2018 lalu. Tidak kalah dari Inggris, mereka juga memiliki materi pemain yang apik.

Kylian Mbappe pun diprediksi jadi andalan utama Prancis di perempat final Piala Dunia 2022, dengan statusnya sebagai top skor sementara turnamen. Ia juga telah mencatatkan dua assist.

Baca Juga

Jika Prancis berhasil melaju jauh, bukan tidak mungkin pula Kylian Mbappe bakal turut membawa pulang gelar individu seperti Golden Boot maupun Golden Ball.

1. Brasil

Sudah jadi favorit sejak awal turnamen dan mereka pun berhasil menjawab ekspektasi itu dengan hasil di lapangan. Mereka tammpil begitu meyakinkan di 16 besar dengan menggasak Korea Selatan 4-1.

Meski Inggris dan Prancis adalah tim yang tidak kalah bagus, ada ‘sesuatu’ dalam diri Timnas Brasil yang membuat mereka menonjol ketimbang dua pesaingnya itu.

Kembalinya Neymar dibantu Richarlison sebagai ujung tombak serangan, plus Marquinhos dan Thiago Silva dkk yang menjaga pertahanan dengan solid, akan jadi senjata utama Brasil di sisa laga Piala Dunia 2022 ini. 

Baca Juga
KroasiaBelandaInggrisPrancisArgentinaPortugalBrasilMarokoPiala Dunia 2022Timnas InggrisTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini