x

Catatan Keren Goncalo Ramos yang Bakal Bikin Timnas Portugal Lupakan Cristiano Ronaldo

Rabu, 7 Desember 2022 13:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Selebrasi striker Portugal, Goncalo Ramos, usai jebol gawang Swiss dalam pertandingan babak 16 Piala Dunia 2022. Foto:REUTERS/Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Publik Piala Dunia 2022 nampaknya sedang penasaran dengan kehadiran Goncalo Ramos, ‘pengganti’ Cristiano Ronaldo di laga Portugal vs Swiss.

Di pertandingan yang rampung digelar di Stadion Lusail, Rabu (07/12/22) tersebut, Timnas Portugal menang besar-besaran dengan skor 6-1.

Manuel Akanji menjadi satu-satunya pencetak gol untuk Swiss ketika gawang timnya dibombardir 6 biji gol oleh anak-anak asuh Fernando Santos.

Goncalo Ramos Mendadak Jadi Bintang

Setelah laga, nama Goncalo Ramos pun langsung jadi perbincangan publik. Bagaimana tidak? Pemain yang satu ini mencatatkan tiga gol sekaligus alias hat-trick ke gawang Diogo Costa.

Masing-masing gol itu ia ciptakan pada menit ke-17, 51, dan 67. Mengagumkannya, hat-trick di laga Portugal vs Swiss tersebut membuat namanya meroket ke daftar top skor sementara Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Kini ia sejajar dengan pemain-pemain kawak macam Olivier Giroud, Richarlison, Lionel Messi, Cody Gakpo, dengan raihan tiga (3) gol.

Jumlah tersebut masih akan bertambah lantaran ada beberapa pemain dengan tiga gol tersebut yang akan berlaga di perempat final.

Baca Juga

Namun terlepas dari itu, kehadiran Goncalo Ramos yang mendadak menyodok masuk daftar top skor tersebut adalah fenomena tersendiri di Piala Dunia 2022.

Ya, hanya butuh satu laga baginya untuk sampai ke tempatnya sekarang berada, dan dari satu laga itu pula ia mencatatkan diri sebagai pemain pertama yang mencetak hat-trick di Piala Dunia 2022.

Namun nanti dulu, kehebatan Goncalo Ramos tentu saja tidak berhenti di situ saja.

Baca Juga

1. Masa Depan Timnas Portugal

Striker muda Portugal, Goncalo Ramos, mencetak hattrick ke gawang Swiss dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Carl Recine.

Masih Muda Sudah Kaya Pengalaman dan Jadi Top Skor

Meski masih butuh perjalanan panjang untuk bisa sukses seperti Cristiano Ronaldo, Goncalo Ramos punya bekal yang cukup apik.

Di level timnas, penyerang berusia 21 tahun ini telah mentas dari berbagai level usia. Ia juga sempat berpartisipasi di Euro U-17 2018 dan mencetak satu gol di fase grup.

Sepak terjangnya bersama Timnas Portugal pun masih berlanjut ke Euro U-19 2019, di mana ia turut mengantarkan timnya menjadi runner-up setelah kandas dari Spanyol di final.

Meski begitu, Goncalo Ramos menjelma sebagai top skor turnamen dengan catatan empat gol kala itu. Tiga di antaranya, ia cetak dalam satu laga yakni hat-trick di semifinal melawan Republik Irlandia.

Pengalaman-pengalaman yang sudah ia dapatkan sebelum mentas ke level senior itu pun membuat Goncalo Ramos nampak tidak kagok berada di panggung besar seperti Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Ia adalah masa depan Timnas Portugal yang suatu hari nanti berpotensi besar membuat suporter melupakan sosok Cristiano Ronaldo.

Berbakat Sejak Remaja

Goncalo Ramos berada di Benfica sejak usia 12 tahun dan berhasil memanjat naik hingga mentas ke tim senior.

Momen debutnya terjadi pada musim 2020-2021. Jorge Jesus memberinya kesempatan main di laga kontra Spartak Moscow.

Baca Juga

Produktif di Liga

Selain Piala Dunia 2022, mari menengok sedikit catatan Goncalo Ramos di Liga Portugal, di mana ia sudah mencatatkan 9 gol musim ini.

Angka tersebut ditempel ketat oleh Fran Navarro (Gil Vicente FC) dengan raihan 8 gol. Di kubu Benfica, posisi top skor kedua dipegang oleh Rafa Silva dan Joao Mario.

Dengan catatan yang impresif dalam mencetak gol ke gawang lawan, ia bisa jadi predator gawang yang ganas seperti Cristiano Ronaldo.

Lalu beberapa tahun kemudian, bukan tidak mungkin Timnas Portugal akan melupakan CR7 saat Goncalo Ramos sudah menasbihkan namanya sebagai bintang besar Selecao das Quinas.

Baca Juga
Cristiano RonaldoPortugalPiala Dunia 2022Goncalo RamosTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini